Daftar Dana Bansos Pendidikan Terbaru Tahun 2022

Daftar Dana Bansos Pendidikan Terbaru Tahun 2022

detribpas.com – Mendapatkan fasilitas belajar yang layak merupakan tanggungjawab negara kepada rakyatnya, untuk itu kepedulian Pemerintah hadir dalam wujud pemberian Dana Bansos Pendidikan yang diberikan kepada mereka yang kurang mampu.

Pasalnya mendapatkan hak untuk belajar dan menjadi pintar merupakan hak yang secara batiniah melekat kepada anak dan untuk para orang tua wajib memberikannya. Namun jika pada kenyataanya orang tua tidak mampu maka negara perlu hadir.

Wujud dari negara hadir melalui Pemerintah sebagai pihak yang dapat membantu meringankan biaya mereka sekolah, untuk itu melalui program Dana Bansos Pendidikan diharapkan mampu menjadi program yang bermanfaat untuk mendukung mereka tetap belajar.

Selain Pemerintah peduli untuk memberikan program mengatasi kemiskinan melalui bantuan sosial yang ditujukan kepada rakyat miskin, ternyata Pemerintah juga peduli mengatasi kebodohon dengan memberikan bantuan untuk mereka supaya tetap bisa sekolah.

BACA JUGA:  Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

Bagi para siswa-siswa yang kurang mampu, untuk tetap terus menamatkan pendidikanya Pemerintah hadir memberikan bantuan, adapun bantuan yang diberikan oleh Pemerintah sebagai berikut.

Jenis Dana Bansos Pendidikan Terbaru 2022

Program bantuan sosial yang ditujukan oleh Pemerintah kepada siswa-siswi dengan kondisi kurang mampu terdaftar dalam program Indonesia Pintar. Adapun jenis bantuan tersebut yang diberikan kepada para siswa-siswi jenisnya yaitu:

Daftar Dana Bansos Pendidikan Terbaru Tahun 2022

  1. Tingkat Sekolah Dasar

Bagi para siswa jenjang SD, mereka yang memiliki kartu Indonesia Pintar mendapatkan bantuan dari Pemerintah berupa uang tunai senilai total Rp. 900.000,- (Sembilan ratus ribu rupiah) pertahun yang diberikan oleh Pemerintah.

Adapun teknis bantuan tersebut diberikan setiap bulannya, sehingga para siswa-siswa tersebut mendapatkan subsidi bantuan setiap bulanya senilai Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah).

  1. Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Pada tingkatan SMP atau sederat, para siswa akan mendapatkan bantuan setelah mendapatkan kartu program Indonesia Pintar senilai Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) dalam satu tahun.

BACA JUGA:  Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

Artinya biaya dari Pemerintah setiap bulannya akan diberikan kepada mereka senilai Rp. 125.000,- (seratus dua puluh lima ribu rupiah).

  1. Tingkat Sekolah Menengah Atas

Pada tingkat SMA/SMK/MA mereka juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah, terkhusus bagi mereka yang sudah mendapatkan kartu Indonesia Pintar. Adapun besaran yang mereka dapatkan yaitu senilai Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) dalam waktu 1 tahun.

Seperti hal lainnya, dalam setiap bulannya mereka akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah senilai Rp. 166.000,- (seratus enam puluh enam ribu rupiah).

Syarat Siswa-Siswi mendapatkan Dana Bansos Pendidikan

Perlu diketahui bersama bahwa sifat dari bantuan untuk kegiatan belajar ini ditunjukan untuk mereka para siswa-siswa yang secara perekonomian dalam kondisi keluarga yang kurang mampu, untuk itu syarat yang diberikan Pemerintah yaitu:

BACA JUGA:  Inilah Pengertian Bantuan Sosial dan Hibah yang Wajib Kamu Tahu

Daftar Dana Bansos Pendidikan Terbaru Tahun 2022

  1. Merupakan Siswa-Siswa dari keluarga kurang mampu;
  2. Memiliki kartu Indonesia Pintar;
  3. Jika tidak memiliki kartu Indonesia Pintar maka dapat dibuktikan dengan Kartu Keluarga Sejahtera;
  4. Atau dapat mengurus ke kantor kelurahan setempat untuk kemudian dipandu dan didaftarkan ke Dinas Sosial.

Itulah penjelasan dari kami tentang Dana Bansos Pendidikan terbaru yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca sekalian. Mengingat bantuan ini bersifat khusus alangkah baiknya semoga pihak yang mendapatkan adalah pihak yang benar-benar membutuhkan.

Dan jika dalam lingkungan kamu terdapat siswa-siswa dalam keadaan layak mendapatkan bantuan ini namun belum mendapatkannya, maka sudah saatnya kamu ikut membantunya supaya mendapatkan haknya. (Red-detribpas.com)