Peran Penting Agen Perjalanan Wisata Memandu Kegiatan Liburan

Peran Penting Agen Perjalanan Wisata Memandu Kegiatan Liburan

dertibpas.com – Peran penting agen perjalanan wisata sebagai pemandu ketika Anda menjalani liburan di tempat baru akan sangat membantu menambah pengalaman berwisata. Agen berbeda dengan biro, dimana biro bergerak atas nama perusahaan, sementara agent bergerak mandiri.

Namun, agent bisa menjadi perantara dari biro kepada klien dalam menjual produk perjalanan wisata. Peran penting profesi ini salah satunya membantu para turis luar maupun dalam negeri dalam melakukan pemesanan tiket perjalanan liburan ke suatu tempat.

Tugas dari Agen Perjalanan Wisata

Seorang agen perjalanan untuk wisata memang memiliki peranan yang cukup besar. Jika menjabarkan tugas dan peranan dari travel agent secara lebih detail, Anda bisa melihat beberapa tugas berikut:

  • Perantara Penjualan Tiket

Agen perjalanan wisata merupakan seseorang yang perannya sebagai perantara penjualan tiket untuk semua klien. Biasanya pelayanan seperti ini memudahkan klien yang kesulitan mencapai lokasi tertentu untuk membeli tiket langsung.

Bisa juga karena klien kesulitan menggunakan teknologi internet sehingga membutuhkan bantuan profesional melakukannya. Caranya mudah, klien tinggal datang ke kantor agent kemudian memenuhi semua syarat yang dibutuhkan untuk pembelian tiket.

  • Mengurus Dokumen Perjalanan

Membantu klien dalam melakukan pengurusan dokumen perjalanan sesuai kebutuhan. Contoh, biasanya untuk perjalanan luar negeri lebih banyak membutuhkan dokumen dibandingkan perjalanan dalam negeri. Misal, ada tambahan passport, visa, dan lain-lain.

  • Menyediakan Akomodasi Perjalanan sampai Tiket Hotel

Sebagai perantara pemesanan berbagai akomodasi, mulai dari kamar hotel hingga restoran dan wahana wisata menjadi tugas agen perjalanan wisata. Biasanya paket lengkap ini dipilih perusahaan untuk melakukan perjalanan bersama karyawan saat akhir tahun.

BACA JUGA:  Museum Kailasa Dieng Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Bisa juga dimanfaatkan oleh sekelompok anak sekolah ketika momen kelulusan ujian akhir. Mengurus semua kebutuhan liburan melalui satu pintu akan memudahkan panitia mengakomodir kebutuhan semua peserta perjalanan.

  • Menawarkan Paket Wisata dari Biro

Terakhir, menawarkan paket wisata yang dijual oleh biro perjalanan kepada para pelancong. Paket wisata biasanya memberikan penawaran lebih menarik dan murah dibandingkan dengan memesan satu per satu akomodasi untuk berlibur.

Dua Fungsi Utama Travel Agent

Dalam hal fungsi, terdapat dua manfaat besar dari keberadaan agen perjalanan wisata dalam melengkapi pengalaman para wisatawan. Adapun dua tugas itu meliputi:

Peran Penting Agen Perjalanan Wisata Memandu Kegiatan Liburan

  • Perantara dari Tempat Asal ke Tempat Tujuan

Sebagai perantara, agent memiliki manfaat penting, baik dari tempat awal keberangkatan sampai ke tempat tujuan liburan. Peran penting agent di tempat awal keberangkatan meliputi beberapa hal berikut:

  • Memberikan informasi selengkap-lengkapnya bagi semua wisatawan.
  • Memberikan saran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para wisatawan.
  • Menyediakan tiket perjalanan, baik ke tempat wisata maupun untuk kembali ke tempat awal.

Setelah memenuhi peranannya dari tempat keberangkatan, selanjutnya agent juga memiliki peran penting di tempat tujuan, seperti:

  • Memberikan informasi kembali kepada seluruh wisatawan ketika sudah sampai di tempat tujuan.
  • Membantu klien untuk pemesanan.
  • Menyediakan akomodasi transportasi yang dibutuhkan wisatawan selama liburan.
  • Mengatur perencanaan atau membuat jadwal kegiatan juga merupakan peran penting agen perjalanan wisata.
  • Mengurus administrasi masuk ke wahana wisata atau tempat wisata setempat, seperti pembelian tiket.
BACA JUGA:  Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

Tugas agent selaku perantara dapat memberikan manfaat penting, baik di kota asal maupun setelah sampai di lokasi liburan.

  • Organisator dengan Resiko Berbeda dari Biro

Fungsi agent yang kedua adalah sebagai organisator yang tidak memiliki tanggung jawab terhadap produk jualannya. Karena agent adalah penengah antara biro dan klien maka ketika klien merasa tidak puas dengan pelayanan hotel, misalnya bisa protes langsung ke hotel.

Hal ini berbeda dengan resiko biro, dimana biro bertanggung jawab penuh atas produk karena biro adalah pihak yang mengeluarkan produk tersebut. Contoh, kebijakan paket dengan harga tertentu dan fasilitas tertentu adalah produk buatan biro.

Sementara agen perjalanan wisata hanya berperan untuk menjadi perpanjangan tangannya biro saja. Maka dari itu, komisi atau pendapatan yang diterima agent juga bergantung dari berapa banyak produk terjual.

Sistemnya komisi, agent mendapatkan sekian persen dari hasil penjualan. Semakin banyak agent berhasil menjual produk liburan, semakin banyak komisi diterima.

Contoh Produk Travel ke Tempat Wisata

Berencana liburan dengan teman-teman, pasangan, atau juga mungkin dengan keluarga besar? Kenali produk apa saja yang biasanya dijual oleh agent travel sebagai referensi akurat agar suasana liburan Anda menyenangkan!

Peran Penting Agen Perjalanan Wisata Memandu Kegiatan Liburan

  • Open Trip

Open trip adalah sebuah penawaran bepergian ke suatu tempat yang memungkinkan Anda bertemu dengan banyak orang baru. Contoh, agen perjalanan wisata membuka open trip ke Pulau Seribu.

BACA JUGA:  Tips dan Destinasi Liburan Bersama si Kecil yang Menyenangkan

Anda bisa mendaftarkan diri sendiri atau bersama beberapa orang teman. Nanti akan diatur lokasi bertemu dengan para pendaftar lainnya. Untuk kegiatan open trip ini biasanya semua kegiatan liburan di lokasi telah tersusun dengan jadwal rapi.

  • Private Trip

Kebalikan dari open trip, private trip lebih ditujukan untuk orang-orang yang menginginkan privasi selama berwisata. Agent akan mempersiapkan semua kebutuhan liburan sesuai pesanan klien dengan detail dan terencana.

Karena sifatnya private, maka agent akan lebih banyak berkomunikasi dengan klien sebelum hari keberangkatan tiba. Tujuannya supaya agent secara akurat menyediakan fasilitas sesuai dengan keinginan klien.

  • Paket Wisata Grup

Paket wisata grup juga merupakan salah satu produk paket liburan dari agen perjalanan wisata dan biasanya ditujukan bagi para karyawan perusahaan. paket wisata grup bisa meliputi pemilihan akomodasi kendaraan dari tempat asal ke tempat tujuan.

Bisa juga meliputi pemesanan tempat menginap, sampai pemilihan tempat wisata dan pengaturan jadwal kegiatan secara terperinci. Perusahaan biasanya bisa memilih satu diantara banyak pilihan sebagai perbandingan fasilitas selama liburan.

Semakin banyaknya destinasi wisata di Indonesia membuat agent travel juga semakin menjamur di mana-mana. Peran penting agent ini akan amat terasa ketika biro tidak mencapai lokasi tempat tinggal beberapa klien.

Itu dia peran penting seorang agen dalam memandu kegiatan berwisata. Kerja agen perjalanan wisata sifatnya personal sehingga lebih nyaman ketika klien banyak bertanya seputar hal-hal yang belum diketahui selama liburan nanti. (Red-detribpas.com)