Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

detribpas.com – Pemula, simak tips solo traveling dari kami agar pengalaman perjalanan Anda sendirian untuk pertama kali memberikan kesan baik. Berwisata sendiri sekarang ini sudah lebih mudah karena siapapun bisa memanfaatkan handphone untuk memandu wisata.

Mulai dari pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, sampai mencari rekomendasi tempat liburan menarik. Anda bahkan bisa mengatur keuangan untuk makan selama berlibur dengan mencari tahu harga jual makanan melalui berbagai informasi di internet.

8 Tips Solo Traveling Bagi Pemula

Agar liburan sendirian Anda tidak gagal total, pastikan selalu mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Salah satunya bisa dengan mengaplikasikan semua tips traveling sendirian berikut ini untuk pengalaman menyenangkan:

  • Persiapkan Semua Kebutuhan Perjalanan

Persiapkan semua hal yang ingin Anda lakukan sebelum berangkat adalah tips solo traveling yang pertama kali harus dilakukan. List perjalanan ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua kegiatan tidak membuang-buang waktu dan tenaga.

  • Riset Destinasi Wisata

Lakukan riset sedetail mungkin terkait destinasi yang akan dikunjungi. Ada beberapa lokasi biasanya menentukan aturan khusus, seperti jam berkunjung, aturan warga lokal, dan sebagainya. Riset ini penting agar Anda bisa menyesuaikan diri dengan kultur setempat.

  • Pesan Tiket Online

Melakukan pemesanan online, baik tiket perjalanan maupun hotel dan tiket wisata. Pemesanan online ini merupakan bagian dari rencana kegiatan agar sesampainya di lokasi lebih efisien waktu karena tidak perlu antre tiket atau mencari referensi lokasi wisata lagi.

  • Packing Kebutuhan Penting Saja

Sebuah tips solo traveling berikutnya adalah mempersiapkan semua barang bawaan dalam satu tas sederhana saja. Karena perjalanan ini hanya dilakukan sendiri maka usahakan sebisa mungkin untuk meminimalisir barang bawaan penting saja agar tidak memakan tempat.

  • Pesan Penginapan Nyaman dan Aman

Mencari penginapan aman serta nyaman adalah kunci utama. Murah memang menjadi pertimbangan penting, namun jangan sampai karena murah tersebut jadi memilih tempat sembarangan. Terlebih jika Anda adalah seorang wanita, bahaya bisa mengancam berkali lipat ketika traveling.

  • Persiapkan Lebih Banyak Uang Non-Tunai

Perbanyak uang cashless atau non-tunai dan bawa uang tunai secukupnya saja demi menghindari aksi nakal ketika di tempat umum. Sekarang sudah banyak sistem pembayaran digital, semakin mendukung kemudahan Anda melakukan tips solo traveling ke suatu tempat.

  • Persiapkan Nomor Darurat

Selalu catat nomor darurat sebagai antisipasi ketika ada sesuatu tidak berbahaya terjadi. Beberapa nomor darurat yang wajib ada adalah nomor polisi, nomor ambulans, nomor keluarga dan teman dekat, serta nomor kedutaan jika Anda melancong ke luar negeri.

  • Berbaur dengan Warga Lokal

Terakhir, jangan malu untuk berbaur dengan warga lokal karena kunci utama kenyamanan para solo traveler adalah mampu beradaptasi dengan warga setempat. Beberapa orang bahkan mengecualikan biaya menginap karena bisa menumpang pada rumah warga.

BACA JUGA:  Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

Hindari Melakukan Hal Ini Saat Liburan

Melakukan perjalanan liburan bersama maupun sendirian, notabene membuat Anda banyak berada di luar ruangan. Akan banyak hal mengejutkan terjadi, terutama ketika sendirian.

Jika sebelumnya sudah membahas tips solo traveling yang direkomendasikan untuk dilakukan, sekarang kami beritahukan beberapa hal yang justru jangan dilakukan.

Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

  • Buang Ekspektasi yang Berlebihan

Hindari menaruh ekspektasi terlalu tinggi ketika memulai perjalanan. Nikmati semua kejutan yang ada dengan selalu mempersiapkan fisik maupun mental secara baik. Pastikan Anda memusatkan tujuan untuk memperbanyak pengalaman dibandingkan pamer di medsos.

  • Jangan Kosongkan Dompet

Bawa sesedikit mungkin uang tunai, namun jangan mengosongkan dompet sama sekali dari uang tunai. Bawa secukupnya dan pakai secukupnya agar Anda memiliki persiapan ketika harus mengeluarkan uang untuk hal tidak terduga, seperti membayar biaya toilet.

  • Nikmati Perjalanan, Bukan Cari Teman

Judulnya solo traveling, maka tips solo traveling paling utama adalah tidak berniat mencari teman perjalanan. Jika tujuannya seperti ini maka Anda akan tergantung pada orang lain dan cenderung berbahaya karena tidak ada yang tahu niat serta tujuan masing-masing orang.

  • Hindari Jadwal Kegiatan yang Padat

Sadari kapasitas diri dan hindari dari membuat jadwal kegiatan berlebihan. Selain bisa melelahkan bagi tubuh, juga tidak mungkin menghabiskan banyak kegiatan dalam waktu terbatas. Pastikan hanya membuat daftar yang benar-benar ingin dilakukan saja.

  • Jangan Mabuk Saat di Bar

Terakhir, ketika bepergian sendirian usahakan jangan mabuk di bar apabila Anda sedang berada di sebuah tempat hiburan malam. Selalu siaga ketika sendirian adalah kunci utama terhindar dari bahaya, sekalipun Anda adalah seorang traveler wanita dan pemula.

BACA JUGA:  Travel Shuttle dan Bus Pariwisata Memiliki Fungsi Berbeda

Dua Rekomendasi Kota Teraman di Indonesia

Bingung, menentukan destinasi pergi liburan sendiri di dalam negeri? Kami berikan tips solo traveling ke beberapa kota Indonesia. Bahkan kota-kota ini diklaim aman untuk traveler wanita.

Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

  • Yogyakarta

Yogyakarta diklaim sebagai kota pertama yang memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para traveler solo, termasuk perempuan. Daerah dengan julukan Kota Pelajar ini juga menawarkan biaya hidup murah, seperti untuk biaya makan saja bisa setengah lebih murah.

BACA JUGA:  Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

Karakteristik warga yang ramah serta murah senyum bisa menjadi sasaran empuk untuk Anda beradaptasi secara mudah. Ada baiknya belajar bahasa Jawa sedikit agar bisa berkomunikasi lancar dengan warga setempat.

  • Bandung

Bandung bisa dibilang sebagai kota yang ramah untuk para pelancong luar kota. Bandung masuk ke dalam tips solo traveling karena fasilitasnya sudah memadai sehingga memudahkan para wisatawan melakukan berbagai aktivitas sendirian.

Ketika ragu bertanya karena berbagai alasan, Anda bisa mendatangi tempat umum dan mencari koneksi wifi kemudian mencari rute jalan dari internet. Di Bandung sudah banyak tempat menginap murah dan nyaman, jadi tidak perlu takut dengan ancaman kemalingan.

Bandung atau Yogyakarta, mana destinasi yang lebih menarik untuk Anda kunjungi sendirian? Atau ada kota lain yang lebih menarik perhatian untuk melaksanakan liburan sendiri?

Kemanapun perginya, pastikan Anda mengetahui semua hal yang ingin dilakukan agar waktu lebih efisien. Nikmati keseruan jalan sendirian dengan berbagai tips solo traveling di atas. (Red-detribpas.com)