Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

detribpas.com – Pengalaman menarik traveling ke Turki bisa menjadi alternatif Anda menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga atau teman. Rencana dari jauh hari dapat mematangkan semua kegiatan dan membuat lebih siap, baik secara mental maupun fisik.

Jika tidak berlibur bersama teman, Anda juga bisa memanfaatkan keberanian sendiri untuk menikmati indahnya Turki saat akhir tahun. Tidak perlu takut tersesat atau berbagai ancaman lainnya karena kami memiliki trik aman berwisata sendirian.

Tips Aman Traveling ke Turki

Bersenang-senang tidak selalu harus menggantungkan pilihan pada orang lain atau harus ditemani selama melakukan kegiatan. Anda bisa liburan ke Turki seorang diri saja sambil menikmati keindahan alamnya dengan melakukan berbagai cara ini:

  1. Ketahui waktu terbaik untuk traveling ke Turki adalah saat musim semi dan musim gugur, tepatnya April dan Mei. Hindari berkunjung ketika musim liburan tiba karena hal ini bisa membuat Anda kesulitan bergerak saat ada di area wisata.
  2. Rencanakan perjalanan, siapkan tiket transportasi maupun akomodasi hotel dari jauh-jauh hari. Persiapan ini berguna untuk mendapatkan fasilitas terbaik dengan harga terjangkau sehingga budget bisa tetap aman.
  3. Rencanakan semua hal, selain transportasi dan akomodasi hotel, Anda juga bisa merencanakan biaya makan dan biaya jalan-jalan. Jika berkenan, bisa merencanakan anggaran untuk oleh-oleh selepas traveling ke Turki pada akhir tahun nanti.
  4. Tidak perlu terlalu banyak membawa barang karena Anda berwisata sendiri, artinya tidak memiliki teman untuk back up barang bawaan. Namun, pastikan semua barang memadai seluruh waktu Anda di Turki.
  5. Paling penting adalah mempelajari sedikitnya bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi, minimal say hi dengan warga Turki. Hal ini penting agar masyarakat lokal merasa dilibatkan sedikit saja dalam aktivitas liburan Anda.
  6. Terakhir, untuk jaminan lebih aman gunakan jasa tour atau guide dalam memastikan bahwa semua kegiatan Anda aman dilakukan. Pilih layanan terpercaya dan berkualitas demi pengalaman menyenangkan pergi wisata sendirian.
BACA JUGA:  Lawang Sewu Semarang Tentang Cerita Mistis Sampai Wisata Sejarah

Untuk orang-orang yang terbiasa traveling ke Turki maupun negara lain sendirian, tentu rencana liburan ini bukan hal besar. Namun, untuk yang baru pertama kali, tentunya merencanakan kegiatan secara matang adalah kunci nyamannya perjalanan sendirian.

Berbagai Hal yang Tidak Boleh Ketinggalan

Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

Jangan sia-siakan kesempatan untuk berlibur saat akhir tahun ke Turkey. Salah satu negara Eropa yang memeluk Islam ini memberikan banyak daya tarik bagi para pelancong. Singgah di beberapa tempat menarik selama berada di negara tersebut adalah hal wajib.

Contohnya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Flea Market, tempat Anda bisa menikmati aneka sajian makanan khas Turkey. Flea Market ini bukan nama satu tempat, melainkan julukan untuk menggambarkan adanya area penjualan makanan.

Salah satu contoh Flea Market menjanjikan di negara ini adalah Kadikoy Tarsisi. Selain tempat makan, traveling ke Turki juga kurang lengkap jika tidak mengunjungi Ferikoy Antika Pazri sebagai lokasi penjualan perhiasan, pakaian, lampu, sepatu, radio, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Simak Tips Solo Traveling untuk Para Traveler Pemula

Anda juga bisa mendatangi Grand Bazaar untuk kepentingan berbelanja sendiri atau membelanjakan orang lain sebagai bentuk buah tangan. Jika ingin pengalaman liburan seru bernuansa sejarah, Anda bisa mengunjungi teater paling curam di dunia.

Namanya Pergamum, sebuah teater kuno dengan daya tampung sebanyak 10.000 orang dan tercatat sebagai landmark kota di Turki. Jika ingin mengunjungi wisata alam, Anda bisa datang ke dua rekomendasi pantai terbaik, yakni Cleopatra dan Cirali.

Beberapa lokasi wajib dikunjungi ketika traveling ke Turki lainnya adalah Blue Mosque, Jembatan Galata, Cappadocia dengan julukan Cerobong Peri, dan Topkapi Palace. Belakangan naman Cappadocia cukup terkenal di Indonesia, menarik wisatawan berdatangan.

Persiapan Penting Sebelum Liburan ke Turkiye

Tips aman untuk Anda yang baru pertama kali merencanakan perjalanan ke Turki, baik sendirian maupun bersama teman. Pastikan menguasai beberapa hal penting yang kami sebutkan ini:

Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

  • Visa di Tempat atau Visa Online

Pembuatan visa bisa melalui dua cara, pertama memanfaatkan layanan online dengan membayar sejumlah uang tertentu sebelum keberangkatan. Kedua, bisa menggunakan VoA atau visa saat sampai di negara tujuan agar tidak ribet sebelum berangkat.

Namun, resiko mengurus visa belakangan adalah harus siap dengan antre dadakan dan mesti memiliki uang tunai di dompet. Karena pembayaran visa traveling ke Turki hanya bisa menerima pembayaran tunai saja apabila Anda langsung mengurusnya di lokasi.

  • Belajar Bahasa Turkiye

Pelajari sedikitnya bahasa lokal, seperti Merhaba, Evet, Hayir, Lutfen, Tesekkur Ederim, dan Yardim Et! Sedikit saja pemahaman Anda akan bahasa setempat bisa membantu aktivitas rekreasi menjadi lebih nyaman, baik sendiri maupun bersama teman.

  • Akses Transportasi Setempat

Perlu diketahui bahwa negara ini memberikan tiga jenis kendaraan darat, diantaranya bus, metro, dan tramvay. Moda transportasi bus telah terintegrasi dengan akomodasi transportasi lain sehingga tidak perlu khawatir dengan kemungkinan tersesat.

BACA JUGA:  Peran Penting Jasa Tour ke Korea Selatan untuk Kpopers

Metro dalam bahasa Indonesia sama dengan kereta api. Anda bisa memilih sarana transportasi ini ketika traveling ke Turki demi menghindari kemacetan. Jika ingin merasakan sensasi kendaraan tertua dunia, Anda bisa menikmati perjalanan dengan tramvay.

  • Ganti Kartu SIM

Jangan lupa untuk mengganti kartu sim handphone dengan kartu yang cocok untuk dipakai di negara tersebut. Pemakaian kartu sim yang sesuai ini amat penting agar bisa tetap terhubung atau berkomunikasi dengan orang-orang di Indonesia.

Liburan menjadi semakin menyenangkan ketika handphone memiliki koneksi bagus untuk upload foto maupun video liburan. Rencanakan waktu berlibur secara tepat dengan mempertimbangkan banyak hal penting, seperti musim paling tepat.

Musim semi dan musim gugur termasuk musim cantik, akan sangat beruntung jika Anda bisa menikmatinya di Turkey. Persiapkan diri secara matang untuk melakukan traveling ke Turki agar liburan menjadi berkesan, meskipun ini kali pertama Anda berkunjung. (Red-detribpas.com)