Hp Cepat Panas Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Hp Cepat Panas? Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

detribpas.com – Hp cepat panas merupakan salah satu kendala yang hampir dirasakan oleh setiap penggunanya. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari kondisi software pada handphone tersebut hingga lamanya waktu pemakaian.

Kepemilikan handphone atau ponsel kini menjadi sebuah kebutuhan penting. Jika dulu ponsel hanya mampu dimiliki oleh kalangan menengah ke atas saja karena faktor harga, saat ini hampir semua orang memilikinya, baik dari kalangan bawah hingga atas.

Ponsel di era sekarang semakin canggih dari segi fitur yang tersedia sehingga orang betah berlama-lama memainkannya. Namun ternyata intensitas dalam menggunakan ponsel bisa menimbulkan masalah baru, yakni hp cepat panas serta bisa berbahaya karena adanya radiasi.

Untuk itu, memang harus bijak saat menggunakannya. Jangan sampai terlena, mengingat ponsel juga memiliki keterbatasan dalam menggunakannya. Selain itu, hal ini bisa mencegah kerusakan dini pada barang elektronik, khususnya pada handphone atau ponsel.

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Hp Cepat Panas

Mengenai permasalahan ini, tentunya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Anda perlu mengetahui penyebab untuk dapat mencegah serta mengatasinya. Di bawah ini akan diulas mengenai penyebab mengapa hp cepat panas berikut di antaranya:

BACA JUGA:  3 Sistem Operasi IoT Terbaik untuk Perangkat Anda

Hp Cepat Panas Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

1. Menggunakan Handphone Terlalu Lama

Menggunakan handphone dengan waktu lama sering kali bisa membuat hp cepat panas, terutama ketika menggunakannya untuk bermain game. Seorang gamer terbiasa memainkannya selama berjam-jam sehingga lama-kelamaan hp mudah panas.

2. Tidak Melakukan Update Software Secara Berkala

Software yang tidak ter update secara berkala menjadi salah satu penyebab mengapa hp cepat panas.Update software secara berkala dapat memperbaharui sistem sehingga hp bisa tetap bekerja secara optimal serta membuat kinerja baterai menjadi lebih efektif.

3. Ketidakstabilan Signal

Kondisi ini mungkin terjadi pada daerah sedikit terpelosok sehingga signal menjadi kurang stabil atau ketidakstabilan terjadi saat musim hujan. Hal ini sebenarnya juga bisa membuat kerusakan pada hp serta berdampak pula pada baterai, dalam arti baterai cenderung cepat habis.

BACA JUGA:  Fitur Canggih Android 12, Performa Dijamin Makin Gahar

4. Sering Menggunakan Handphone Saat Mengisi Daya

Poin ini merupakan penyebab paling umum hp cepat panas. Sebaiknya hindari hal tersebut sebab bisa merusak perangkat hardware bahkan kemungkinan terburuknya bisa meledakan ponsel. Disarankan untuk menaruh ponsel di tempat sejuk saat hendak mengisi daya.

5. Terlalu Banyak Notifikasi

Terlalu banyak mengunduh serta menggunakan aplikasi menyebabkan notifikasi yang masuk juga menjadi lebih banyak. Terlalu banyaknya notifikasi yang masuk membuat prosesor handphone terus bekerja sehingga bisa membuat handphone cepat panas.

6. Kurang Optimalnya Pengaturan Di Handphone

Pengaturan dalam hal ini ialah mengenai layar terlalu terang serta kurang tepatnya pemilihan wallpaper yang digunakan. Semua hal tersebut bisa mempengaruhi daya baterai serta perangkat software nya.

Cara Meredakan Panas Pada Hp

Menggunakan ponsel panas merupakan hal yang kurang mengenakkan, selain kurang nyaman juga terdapat bahaya yang ditimbulkan dari panas tersebut hingga radiasi. Berikut adalah cara meredakan panas pada ponsel yang bisa Anda lakukan:

Hp Cepat Panas Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

1. Melepaskan Casing Handphone

Casing memang memiliki banyak manfaat, seperti bisa melindungi saat terkena jatuh atau terkena benturan serta mempercantik tampilan fisik ponsel. Namun penggunaan case ternyata bisa membuat hp cepat panas. Sesekali Anda harus melepas case agar ponsel lebih dingin.

BACA JUGA:  Manfaat dan Penerapan Teknologi Artificial Intellegence dalam Kehidupan

2. Menjauhkannya dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Sebaiknya Anda hindari memainkan handphone di tempat panas terlebih saat terkena paparan langsung sinar matahari. Di samping itu, Anda juga perlu menghindari meletakannya di tempat cukup terik terutama saat mengisi daya.

3. Melakukan Update Software Secara Berkala

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengoptimalkan ponsel yang digunakan, lakukan proses update secara berkala setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu guna menghindari kerusakan pada perangkat.

4. Mengunduh Aplikasi Pembersih Handphone

Banyaknya sampah atau cache bisa menjadi penyebab lain mengapa ponsel cepat panas. Pembersihan cache harus dilakukan secara rutin dan berkala sehingga Anda bisa tetap nyaman dalam menggunakannya.

Sudah seyogianya sebagai pemilik dan pengguna untuk bisa merawat handphone sebaik mungkin dengan cara menghindari hal-hal yang memicu kerusakan. Di samping itu juga perlu bijak dalam menggunakannya guna menghindari hp cepat panas. (Red-detribpas.com)