8 Cara Mengemudikan Mobil Matic

cara mengemudikan mobil matic

detribpas.com – Cara Mengemudikan Mobil Matic, Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pemula yang tidak bisa mengemudi. Namun untuk mobil matic yang sering mengendarai mobil manual rasanya seperti surga. Pasalnya mobil bertransmisi otomatis sangat mudah dikendarai. Semuanya terjadi secara otomatis jadi tidak perlu menyesuaikan kopling dan kotak persneling.

Banyak orang lebih memilih mobil matic daripada mobil manual apalagi saat macet. Yang harus kita lakukan adalah berhenti dan pergi tanpa menginjak kopling dan mengganti persneling. Namun Anda harus berhati-hati jika tidak menggunakannya. Pasalnya jarak antara pedal gas dan pedal rem kerap menyebabkan kecelakaan.

Tidak jarang mobil terjatuh dari tempat parkir akibat salah menekan pedal gas. Kami yakin tidak semua pemilik mobil self-driving ingin melihat ini. Itu sebabnya kami menyarankan Anda belajar mengemudikan mobil matic sebelum menabrak jalan raya. Ada baiknya mengambil pelajaran mengemudi Bhai sehingga Anda bisa belajar dari pengemudi profesional yang berpengalaman.

Bagi yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti kursus sendiri kami sarankan untuk meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah terbiasa mengendarai mobil matic. Anda juga dapat mengajari diri sendiri cara mengemudikan mobil tanpa pengemudi tetapi Anda harus berhati-hati. Nah bagi yang masih bingung bagaimana cara menggunakan otomatisasi dengan benar berikut informasinya di bawah ini.

Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Pastikan Tuas Dalam Posisi P (Parkir)

Cara Mengendarai Mobil Otomatis Sebelum menghidupkan mesin mobil sebaiknya pastikan tuas berada pada posisi P (Parkir) atau N (Normal). Jangan letakkan tuas pada posisi R (mundur) yang diartikan sebagai posisi mundur. Ini sangat penting untuk dapat menyalakan mobil. Mobil matic biasanya baru akan menyala saat tuas berada di posisi P (Parkir) atau N (Normal).

Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Saat Anda memasukkan kunci ke dalam bukaan sebaiknya tunggu hingga jarum berputar dan semua lampu menyala. Beberapa mobil matic juga menyalakan sistem kelistrikan saat pertama kali memasukkan kunci. Sekarang putar kunci ke tempatnya setelah lampu indikator suara mati.

Injak Pedal Rem Saat Starter

Beberapa sedan tidak mau hidup jika pedal rem ditekan. Jadi Anda langsung masuk ke blok saat menyalakan mobil. Beberapa sistem otomasi mobil tidak memerlukan langkah ini jadi sesuaikan dengan jenis mobil yang Anda kendarai.

Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

gambar mesin transmisi mobil matic sedang bekerja Saudara anda perlu memindahkan joystick dari posisi R (Parkir) atau N (Netral) ke posisi tongkat D (Maju) atau R (Mundur). Namun sebaiknya tekan pedal rem saat menggerakkan tongkat untuk menghindari kerusakan mesin.

Pahami Fungsi Tuas Transmisi

Tongkat persneling atau transmisi adalah bagian penting dari mobil. Settingan transmisi untuk mobil matic sekarang umumnya antara lain P (Park) D (Drive) R (Reverse) N (Netral) dan M (Manual). Mungkin tidak semua mobil matic memiliki settingan yang sama. Namun yang terpenting Anda harus memahami fungsi transmisi dengan baik agar tidak salah mengganti gigi transmisi.

Gunakan Mode Berkendara

Teknologi mobil semakin canggih. Banyak mobil sekarang dilengkapi dengan fungsi mengemudi. Anda dapat memilih mode yang berbeda dan salah satunya adalah mode berkendara ekonomis. Mode ini sangat cocok untuk saudara-saudara yang ingin mengendarai mobil matic dengan nyaman di jalan raya. Sedangkan ketika ingin melaju lebih cepat Anda bisa memilih mode permainan yang akan meningkatkan performa mesin.

Menggunakan Transmisi Manual

cara mengemudikan mobil matic

Paddle shift adalah mobil matic biasa dengan mode manual. Pengoperasiannya sangat mudah karena tidak perlu menekan kopling untuk mengganti gigi. Nah cara mengemudikan mobil matic adalah dengan memindahkan tuas perpindahan gigi ke mode M (manual). Kemudian untuk mengganti persneling Anda perlu menggerakkan tuas () untuk menambah persneling dan menggerakkan tuas (-) untuk menurunkan persneling. Oh dan jangan lupa injak pedal rem dulu saat beralih ke mode manual.

Banyak transmisi otomatis saat ini tersedia dengan fungsi paddle shift. Fungsi ini terletak di belakang setir dan dirancang untuk menambah gigi di sebelah kanan () dan menurunkan gigi di sebelah kiri (-). Bersenang-senanglah dengan paddle shifter gan. Karena mudah untuk mengganti persneling dengan satu sentuhan jari tanpa turun dari kemudi.

Cara Menyetir Mobil Matic Di Tanjakan

cara mengemudikan mobil matic

Cara Mengendarai Mobil matic di Tanjakan Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil matic tidak bertenaga di tanjakan. Padahal masing-masing pabrikan mendesain produknya agar mampu melibas lurus ke atas atau ke bawah semua area jalan. Mengendarai matic di tanjakan pada dasarnya sama dengan mengemudi di jalan lurus. Jadi jangan ragu. Namun saat mengendarai mobil matic menanjak penting untuk memperhatikan ketinggian kendaraan agar transmisi dapat digunakan sesuai dengan kondisi jalan.

Saat menuruni tanjakan Anda bisa menggunakan mode D (Drive). Namun jika kemiringannya terlalu curam sebaiknya beralih ke mode manual (M). Kakak-kakak kemudian menambah persneling menjadi D1 D2 D3 tergantung kecepatan mobil agar tidak kehilangan tenaga dan tidak berat. Lihat di bawah untuk referensi kecepatan.

D1 : 0-30 km/jam

D2 : 40-50 km/jam

D3 : 60 km/jam

Tidak semua mobil matic memiliki sasis transmisi D1 D2 dan D3 yang sama. Beberapa otomatisasi juga dilengkapi dengan winch kecepatan variabel berbentuk L yang khusus digunakan untuk menyekop trek yang menanjak dan curam. Ada baiknya membaca manual kendaraan yang disertakan dengan masing-masing mobil terlebih dahulu karena biasanya setiap fungsi tertulis di tuas persneling.

You May Also Like