penyebab ujung knalpot motor hitam

Penyebab Ujung Knalpot Motor Hitam

detribpas.com – Penyebab Ujung Knalpot Motor Hitam, Asap hitam dari pipa knalpot sepeda motor menandakan mesin tidak bekerja dengan baik. Jika diabaikan biasanya mengarah pada masalah kerusakan mesin.

Kemampuan mengidentifikasi sumber masalah asap hitam dengan cepat dapat mengurangi risiko biaya reparasi sepeda motor yang mahal. Berikut lima penyebab asap motor hitam yang perlu Anda ketahui.

Inilah 9 Penyebab Ujung Knalpot Motor Hitam Wajib Kalian Tau

Ada masalah pada busi

Jika Anda melihat asap hitam atau abu-abu keluar dari knalpot mesin bongkar dan periksa busi. Asap hitam pada kepala busi disebabkan oleh pencampuran udara dan bensin yang berlebihan.

Juga adanya filamen hitam basah dan mengkilat pada kepala busi biasanya karena terlalu banyak oli yang masuk ke ruang bakar yang menyebabkan asap hitam dari knalpot.

Filter udara tersumbat

Filter udara yang tersumbat dapat mengeluarkan asap hitam jadi sering-seringlah memeriksa dan membersihkannya. Jika filter udara sudah lama digunakan sebaiknya diganti dengan yang baru. Filter bertindak sebagai saluran yang mencampur bensin dan udara dalam proporsi yang sama.

Ada masalah pada ring piston dan katupnya

Periksa apakah ring piston dan katup sudah kencang. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini dan buku petunjuk tidak tersedia segera cari bantuan profesional. Katup yang rusak akan membakar oli dan menghasilkan asap hitam dari knalpot.

Terlalu banyak oli

Coba cek apakah oli di tangki terlalu banyak apakah benar resiko oli berlebih masuk ke ruang bakar adalah mesin akan membakar oli dan mengeluarkan asap hitam.

Jika tidak yakin, segera cari bantuan teknisi ahli

Jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan asap hitam dari knalpot jangan coba-coba memperbaiki masalah sepeda motor ini karena berisiko merusak mesin Anda. Kami merekomendasikan mendapatkan teknisi sesegera mungkin.

Terlalu banyak campuran bahan bakar

Penyebab nomor satu asap knalpot hitam di mobil Anda adalah campuran bahan bakar yang berlebihan di mana bensin tidak tercampur dengan molekul udara dalam rasio yang tepat. Oleh karena itu busi tidak terbakar sempurna saat mesin hidup.

Jika campuran bahan bakar terlalu kaya maka sisa emisi pembakaran di knalpot akan lebih pekat dan menyebabkan iritasi mata.

Batang Katup Mengalami Pembengkokan

Batang katup yang rusak dapat menekan salah satu segel katup. Alhasil oli bisa masuk ke ruang bakar melalui celah yang ada. Secara umum batang klep harus lurus tanpa sedikit pun bengkokan. Itu tidak dapat direposisi karena sisi lain menjadi longgar saat ditekuk. Standarnya lubang klep harus dipusatkan dengan inlet atau exhaust outlet.

Seal Katup Bocor Menyebabkan Knalpot Berasap

penyebab ujung knalpot motor hitam

Kemungkinan lain yang dapat menimbulkan asap putih tipis dari knalpot motor Anda adalah seal klep yang bocor. Sebagai informasi valve seal merupakan bagian dari mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara ke ruang bakar.

Jika komponen ini keras seal klep tidak akan berfungsi maksimal dan akan bocor. Segel katup yang bocor tidak melakukan apa-apa selain membiarkan oli meresap ke dalam manifold.

Penggunaan mesin dalam jangka panjang akan menyebabkan retaknya segel katup. Saat mesin digunakan dalam waktu lama intensitas segel katup akan berkurang secara bertahap. Segel katup harus diganti jika ada kebocoran perakitan yang jelas. Solusinya anda harus membawa mobil anda ke bengkel dan pastikan bagian yang menimbulkan asap tersebut adalah klep yang bocor agar bisa diganti.