Teknologi CGI: Pengertian, Fungsi dan Contoh

teknologi cgi

Detribpas.com – Teknologi CGI, pastinya kalian semua pada penasaran apa yang dimaksud dengan CGI dan untuk apa sebenarnya technology CGI ini ? berikut pembahasan lengkap mengenai CGI yang perlu kalian pahami.

Teknologi CGI atau gambar yang dihasilkan komputer dijelaskan dalam bahasa Indonesia sebagai grafik komputer atau gambar yang dihasilkan komputer menggunakan efek grafik komputer khusus 3D.

Teknologi CGI digunakan untuk membuat film acara TV dan media cetak menggunakan CGI. Saat bermain atau bermain video game kita sering menggunakan grafik komputer real-time (kurang dikenal dengan CGI) tetapi kita juga sering menampilkan cutscene dan film pembuka yang meniru penggunaan technology CGI.

Pengertian Teknologi CGI

teknologi cgi

Teknologi CGI sering digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan lebih mudah dikendalikan sementara yang lain mengandalkan miniatur untuk proses fisik seperti pemotretan efek atau keramaian.

Tingkatkan tarif untuk adegan seperti film dengan banyak tentara atau pertempuran berskala besar. Itu juga bisa membuat film tanpa menggunakan aktor untuk membuat konten misalnya mempercepat film

Penerapan Teknologi super canggih CGI pada Film

teknologi cgi

Jika kamu pernah menonton film Fast and Furious 7 pasti akan melihat Paul Walker yang masih diperankan oleh Brian OConnor.

Faktanya kita semua tahu bahwa Paul Walker meninggal di lokasi syuting Fast and Furious 7. Teman-teman pasti tertarik dengan bagaimana karakter Paul Walker menjadi hidup. Nah di sini teknologi berperan penting dalam produksi film Fast and Furious 7.

Karakter Paul Walker dapat dihidupkan dengan menggunakan teknologi yang sangat canggih yaitu technology CGI.

Technology CGI dapat dibuat dalam bentuk 2D atau 3D sesuai keinginan. CGI 2D biasanya digunakan pada bidang datar. Contoh objek yang dibuat dengan CGI 2D adalah karakter kartun dan bentuk geometris.

Perangkat lunak yang digunakan untuk membuatnya biasanya program manipulasi gambar Adobe Illustrator GNU Adobe Photoshop CorelPaint dan CorelDraw dan AutoCAD.

Selain gambar 2D CGI juga bisa membuat objek 3D. CGI 3D ini memungkinkan Anda membuat objek dengan sistem pencahayaan berbentuk realistis dan bahkan objek tersebut bergerak seolah-olah hidup.

Contoh CGI Technology Dalam Pembuatan Film

CGI 3D sering digunakan untuk membuat film tentang tubuh manusia hewan lingkungan dll. Software yang digunakan dalam hal ini biasanya Autodesk 3Ds Max Blender Autodesk Maya Cinema 4D Studio Lightwave 3D Sketchup dll.

CGI tidak seperti film animasi atau kartun pada umumnya. Proses pembuatan kartun biasanya diawali dengan menggambar atau mendesain karakter atau tokoh film tersebut dengan tangan.

Sedangkan technology CGI menggunakan beberapa perangkat lunak di komputer untuk membuat karakter. Saat ini banyak juga kartun yang menggunakan teknologi CGI karena dipercaya dapat mempercepat pengerjaannya walaupun harganya sangat mahal.

Beberapa contoh kartun yang tidak menggunakan teknologi CGI dan masih menggunakan cara manual adalah Pinocchio 101 Dalmation Aladdin Mickey Mouse dll.

Sedangkan beberapa contoh kartun yang menggunakan teknik CGI adalah Toy Story Wall-A Finding Nemo Cars The Incredibles Monster Inc dll.

Jadi bagaimana Paul Walker mengulangi perannya di Fast Furious 7? Jawabannya adalah sutradara James Vaughan memerankan Brian OConnor yang diperankan oleh dua saudara laki-laki Paul Walker Cody dan Caleb Walker dalam beberapa adegan yang diambil setelah kematian Paul Walker.

Wajah Paul Walker bersaudara ini menyerupai wajah Paul Walker dengan melakukan berbagai teknik CGI agar penonton tetap bisa melihat Paul Walker yang sebenarnya.

Dan itulah pembahasan kami mengenai tekonologi CGI yang bisa kalian pelajari, sekiranya informasi ini bisa membantu menambah wawasan umum bagi kalian semua.

You May Also Like