robot buatan jepang

5 Robot Buatan Jepang Paling Canggih di Dunia

Detribpas.com – Robot buatan jepang, jepang memang menjadi negara dengan pertumbuhan teknologi cepat yang pernah ada, banyak teknologi yang dibuat termasuk teknologi robot buatan jepang.

Selain Amerika Serikat, Jepang adalah pusat inovasi dunia. Banyak teknologi baru datang dari tangan dingin para insinyur Jepang. Dari barang konsumsi hingga produk otomasi. Inilah yang membuat Jepang terasa seperti negara masa depan. Menyaksikan masa depan teknologi mutakhir dikombinasikan dengan keindahan budaya dan alam yang luhur merupakan daya tarik besar bagi industri pariwisata Jepang.

5 Teknologi Robot Buatan Jepang Paling Canggih

robot buatan jepang

Industri 4.0 berdampak besar pada perubahan perkembangan teknologi namun produksi robot ini tidak hanya terfokus pada pekerjaan industri dan pabrik saja. Ada beberapa robot yang menjadi cukup unik dan memiliki kemampuan tersendiri. Saya akan memperkenalkan beberapa robot yang bisa dilihat di Jepang.

Qoobo

v

Qoobo adalah robot buatan Jepang yang berbentuk kucing lengkap dengan bulunya. Qoobo dilengkapi dengan sensor yang sangat lengkap. Jadi saat Anda mengelusnya dia perlahan mengibaskan ekornya. Kadang-kadang bahkan mengibas-ngibaskan ekornya dengan gembira. Qoobo saat ini digunakan sebagai alat terapi karena menenangkan orang. Namun Qoobo masih dalam tahap pre-order.

Pepper

robot buatan jepang

Robot buatan Jepang yang diproduksi oleh raksasa teknologi Softbank adalah humanoid dengan tangan dan telinga yang lucu. Robot-robot tersebut dirancang untuk menjadi pelayan robot yang ramah yang siap memberikan informasi spesifik dimanapun mereka berada. Sehingga robot ini dapat berkomunikasi dengan manusia dengan sangat lancar. Robot juga dapat menganalisis pikiran melalui ekspresi wajah. Pepper saat ini tersedia di toko Softbank terbesar di Tokyo.

Henn-na Hotel

robot jepang

Selanjunya ada robot Jepang yang bernama Henn-Na Hotel. Henn-Na Hotel Tokyo ini adalah salah satu robot terunik dan tercanggih di Jepang dan dunia. Mengapa ? karena dari resepsionis hingga layanan kamar semuanya dilayani oleh Henn-Na Hotel. Maka jangan heran jika Anda akan disambut robot predator yang menjaga front desk.

Asimo

Asimo adalah robot Jepang yang legendaris. Robot besutan raksasa mobil Honda itu merupakan humanoid paling kompleks saat itu. Dia bisa berjalan berlari menaiki tangga dan menari.

Asimo juga telah berkeliling dunia menginspirasi jutaan orang untuk mengikuti robot tersebut. Anda bisa menemukan Asimo sekarang di Honda Welcome Plaza di Aoyama.

Miraikan National Science Museum

Di museum ini Anda bisa melihat berbagai jenis robot buatan Jepang. Dari yang lucu dan menggemaskan hingga sedikit aneh. Di museum ini Anda bisa melihat kecerdikan robot Asimo karya indah robot Baby Cell dan berbicara dengan android yang mirip manusia.

Gundam

Siapa yang tidak tahu Gundam? Anime populer tahun 80-an ini menampilkan aksi heroik yang super imut oleh robot-robot raksasa. Ini mendorong orang Jepang untuk mempelajari robotika.

Salah satu tugasnya adalah membuat robot raksasa unicorn Gundam di Odaba Tokyo. Robot ini tinggi hingga 19 meter. Pada waktu-waktu tertentu robot ini juga bisa berubah.

Robot barista

Di Kafe Hen-Na Tokyo Anda dapat menikmati secangkir kopi yang dibuat oleh Sawyer lengan robotik yang diprogram untuk mencampur kopi nikmat seperti barista manusia.

Robot tersebut dapat menyapa pelanggan dengan cara menggiling kopi menuang kopi ke saringan dan menuang air panas layaknya barista setia. Setelah lengan robot akan memberi Anda secangkir kopi yang nikmat dan mencuci filter bekas.

Bagi yang sudah tidak sabar ingin melihat evolusi robot-robot keren di atas saatnya berwisata ke Jepang agar lebih mudah melihat robot buatan Jepang.

Itulah pembahasan kami mengenia teknologi robot buatan jepang yang sangat canggih, menurut kalian mana yang paling canggih ?