Penyebab Mobil Overheat

Mobil Overheat, Di banyak kota besar di Indonesia kemacetan lalu lintas jalan sering terjadi karena berbagai sebab seperti penerapan sistem buka tutup pindah jalur yang dapat menyebabkan mesin mobil kepanasan atau overheat. Saat mobil terjebak macet biasanya mesin dihidupkan agar AC mobil dapat mendinginkan suhu di dalam kabin.

Saat ini pemilik mobil yang kurang memperhatikan perawatan mobil terutama sistem pendingin mesin mobil menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas sehingga merusak bagian lain. Apa yang harus dilakukan jika mesin mobil terlalu panas?

Mesin mobil overheat? Jangan panik!

Penyebab paling umum dari overheating mesin mobil adalah hilangnya cairan pendingin. Suhu mesin yang panas dapat menyebabkan air radiator (pendingin) keluar akibat penguapan. atau ada kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini dapat merusak sistem sirkulasi radiator. Jika suhu cairan pendingin rendah mesin tidak bisa dingin dan akan kepanasan.

Apa yang Anda lakukan saat mesin mobil Anda mengalami overheat? Namun tidak masalah sobat sebaiknya pelajari baik-baik tips mengatasi mesin mobil overheat berikut ini.

Berhentikan kendaraan dan matikan mesin

Jika mesin kendaraan mengalami overheat tindakan terbaik adalah segera menarik kendaraan ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin kendaraan agar suhu atau temperatur mesin turun kembali. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih serius pada mobil Anda.

Buka kap mesin

Saat mobil terbakar jangan biarkan panas mesin tetap berada di ruang mesin karena panas akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Setelah memarkir mobil dan mematikan mesin usahakan buka kap mobil agar panas di dalam kap bisa mereda. Hati-hati karena terkadang palang berada dekat dengan radiator dan berisiko tergigit panasnya radiator.

Jangan buka tutup radiator

Jangan pernah membuka tutup radiator saat mesin mobil sedang menyala. Jika Anda membuka tutup radiator saat mesin mobil sedang panas uap atau air bertekanan tinggi akan keluar dan mengenai tubuh Anda serta menyebabkan luka bakar yang parah.

Periksa tabungan air cadangan radiator

Setiap mobil harus memiliki tangki radiator di atas radiator. Ini akan membantu Anda melihat apakah radiator bocor. Ada juga indikator ketinggian air. Jika level air rendah bisa berbahaya bagi mesin.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menambahkan cooler pada layout baris atas. Anda bisa mengisi selang saat mesin hangat atau Anda bisa menunggu hingga mesin dingin.

Jika mobil Anda memiliki radiator tunggal tanpa selang pengganti Anda harus menunggu hingga dingin sebelum membukanya.

Putuskan, apakah tetap jalan atau menunggu bantuan

Saat mesin mobil kepanasan coba perhatikan apakah air mengalir di bagian depan mobil. Jika iya bisa dipastikan radiator anda bocor atau mungkin mesin anda rusak. Sebaiknya Anda menelepon teman atau bengkel resmi terdekat untuk meminta bantuan

Jika tidak ada kebocoran kemungkinan radiator air Anda kosong. Jika ini terjadi Anda harus menunggu hingga mesin mendidih sebelum mencoba membuka tutup radiator.

Jika tutup air radiator berhasil terbuka coba isi dengan air mineral atau air ledeng yang ada di tangan Anda. Tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai pendingin mesin otomotif pada kondisi tertentu namun masih diperbolehkan.

Ternyata Ini Penyebab mesin mobil overheat

mobil overheat

Sistem mesin mobil tidak akan membuat mesin mobil menjadi terlalu panas jika pemiliknya berhati-hati dalam merawat kendaraannya terutama sistem pendinginnya. Penggunaan pendingin air khusus membutuhkan pembersihan radiator yang cermat dan penyediaan kipas radiator. Umumnya.

Namun ada beberapa ciri yang bisa menyebabkan mesin mobil menjadi overheat saat digunakan. Mari kita lihat komponen yang dapat menyebabkan mesin Anda terlalu panas.

Kipas radiator mati / rusak

mobil overheat

Penyebab nomor satu panas berlebih pada mesin mobil adalah kipas radiator yang rusak/rusak. Pendinginan radiator membutuhkan sirkulasi udara yang dihasilkan oleh motor blower. Saat kipas pendingin mati tidak ada aliran udara untuk mendinginkan cairan pendingin di radiator.

Sehingga suhu mesin tetap panas karena coolant tidak bisa mendinginkan suhu mesin. Akibatnya suhu di dalam ruang bakar mesin menjadi panas dan dapat menyebabkan mesin mobil mengalami overheat.

Tutup radiator rusak/tidak sesuai

mobil overheat

Penyebab lain mesin mobil overheat adalah tutup radiator yang rusak atau belakangan diganti. Tutup radiator berperan sangat penting dalam proses pendinginan mesin. Berfungsi sebagai saluran pembuangan jika tekanan pada sistem radiator meningkat akibat panas mesin. Sistem buka tutup saluran tutup radiator dikendalikan oleh komponen yang dapat berbeda pada setiap kendaraan.

Sistem radiator berisi cairan beroperasi di ruang vakum.Tekanan internal diatur oleh masing-masing pabrikan dan ukurannya dapat bervariasi. Jika diperhatikan tutup radiator terdapat angka yang mengukur tekanan 09 11 dan 12 bar.

Mengganti tutup radiator dengan produk aftermarket yang tidak sesuai tentunya dapat mengganggu sistem pendingin. Jika Anda tidak melakukan ini mesin mobil Anda bisa menjadi terlalu panas. Juga beberapa bagian tutup radiator berbahan dasar karet menjadi rapuh saat terkena panas cairan pendingin sehingga tidak mampu mempertahankan tekanan di dalam radiator.

Radiator bocor

Penyebab lain mesin mobil terlalu panas adalah radiator yang bocor. Radiator bocor biasanya disebabkan oleh korosi pada gril radiator. Karena radiator terisi air (coolant). Semua oksigen dalam air bergabung dengan logam dan terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan korosi.

Radiator logam korosif ini dapat menimbulkan korosi dan bocor. Kebocoran jenis ini memboroskan cairan pendingin dan tidak cukup untuk menurunkan temperatur mesin mobil. Ketika cairan pendingin tidak cukup mendinginkan mesin hal itu menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas atau biasa disebut overheat.

You May Also Like