Teknik Belajar Mobil Manual

belajar mobil manual

Belajar Mobil Manual, Belajar mengemudikan mobil bertransmisi manual ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda perlu berlatih keras dan membangun kepercayaan diri Anda. Jika Anda berhasil sejauh ini Anda pasti bisa mengendarai mobil dengan transmisi manual.

Jangan lupa untuk tetap tenang juga. Mungkin terlihat sepele tapi penting untuk meningkatkan konsentrasi saat berkendara. Anda bisa menjadi bijaksana dengan pikiran yang tenang.

Putar untuk memutuskan apakah akan menekan kopling atau rem untuk berakselerasi saat berpindah jalur. Sangat mudah jika Anda tenang. Coba anda bayangkan jika anda tidak tenang anda bisa melakukan kesalahan dan dampak terburuknya adalah kecelakaan. Jadi tetap tenang adalah kunci untuk belajar mengemudikan mobil.

 7 tips berkendara bermanfaat yang bisa diterapkan

Pilih Lokasi Belajar Mobil Manual yang Sepi

belajar mobil manual

Tips belajar mengemudi mobil manual yang pertama adalah memilih lokasi yang sepi. Pastikan Anda berada di tempat yang aman dari para pengamat. Hal ini untuk mencegah risiko guncangan atau kecelakaan.

Sebaiknya pilih jalur yang tepat terutama jika Anda adalah pengemudi pemula saat mengendarai mobil manual. Cara yang dapat dipilih adalah satu-satunya cara. Jalanan yang sepi memudahkan untuk bergerak bebas dan tidak perlu khawatir jika harus bertabrakan dengan mobil lain.

Selain jalanan yang sepi ada baiknya memperhatikan siluetnya. Pilih jalan yang datar dan jangan terlalu menanjak atau menurun. Kalau ada tanjakan dan tanjakan pasti bingung apalagi kalau tanjakannya curam.

Ketahui Posisi Kopling, Rem, dan Gas

Masalah lainnya adalah pedal mobil manual dan mempelajari cara mengoperasikannya. Mobil dengan transmisi manual memiliki tiga pedal yang dapat diinjak sesuai kebutuhan. Dia berlari ke kiri tengah dan menginjak rem gas kanan.

Fungsi dari pedal kopling adalah untuk menyambungkan dan melepaskan putaran mesin dari dan ke transmisi. Melangkahlah dengan kaki kiri Anda. Ingat!

Kemudian menekan pedal rem saat memindahkan gigi akan memperlambat laju mobil. Percepat dengan akselerator. Nah untuk pedal gas dan rem harus diinjak dengan kaki kanan.

Ingat di mana ketiga pedal itu berada dan apa fungsinya. Lakukan simulasi seperti menginjak gas bergantian rem dan kopling. Mengemudi memang sulit pada awalnya tetapi Anda akan terbiasa.

Hafalkan Posisi Gigi Transmisi

belajar mobil manual

Tips belajar mengemudi mobil manual pun harus hafal posisi tuas transmisi. Yang paling umum adalah transmisi 5 percepatan dimana gigi pertama ada di pojok kiri atas. Lalu ketuk Perangkat 2 di pojok kiri bawah. Gear 3 di tengah atas dan gear 4 di tengah bawah lalu gear 5 di pojok kanan atas. Ya gigi mundur atau reverse (R) adalah sudut yang benar.

Posisi gigi netral (N) transmisi manual berada di tengah segalanya. Anda dapat dengan mudah mengetahui saat transmisi berada di gigi N dengan menggerakkan tuas persneling ke kiri dan ke kanan serta ke atas dan ke bawah. Tuas pemindah mengunci atau bergerak keras kecuali saat memindah ke posisi 1 2 3 4 5 atau R.

Menariknya beberapa mobil memiliki pengaturan gigi yang berbeda untuk transmisi manual. Di pojok kiri atas ada R bergigi. Lalu dengan akselerasi tinggi terkadang transmisi mengalami perbedaan posisi gigi. Untuk memahami yang satu ini jangan bingung cek saja bagian atas tuas persneling. Ada posisi lengkap setiap gigi untuk setiap mobil.

Sebelum Starter Mesin, Pastikan Gigi Transmisi Ada di Posisi Netral

Sebelum menyalakan mesin periksa terlebih dahulu posisi gigi transmisi. Netral (N)? Jika tidak itu harus dipindahkan ke posisi N. Tujuannya agar kendaraan tidak bergerak atau loncat secara tiba-tiba saat mesin dihidupkan.

Roda kemudi juga harus diorientasikan dengan benar dan tidak miring atau bengkok. Kemudian gunakan sabuk pengaman Anda. Jika semuanya dalam kondisi baik hidupkan mesin!

Cara Mainkan Pedal Kopling

belajar mobil manual

Langkah selanjutnya adalah mempelajari cara mengoperasikan transmisi manual. Agar mobil benar-benar melaju sentuh dulu kopling dengan kaki kiri lalu pindahkan tuas persneling ke gigi 1 lalu injak pedal gas dan angkat pedal kopling secara perlahan. Perlahan gunakan kaki kanan Anda.

Saat kendaraan sedang melaju lepaskan pedal kopling dan tekan pedal gas untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Jika Anda menginjak pedal gas dan mobil tidak berakselerasi saatnya mengganti persneling.

Penting juga untuk mempelajari cara mengubah tahun pertama melepaskan akselerator dan kemudian memasuki balapan. Kemudian pindahkan shifter ke gigi 2 lalu lepaskan kopling secara perlahan sambil menyetel throttle. begitu seterusnya saat ingin berpindah ke gigi yang lebih tinggi.

Soalnya di mobil manual setiap ganti gigi harus injak kopling. Langkah yang perlu diperhatikan adalah menekan kopling terlebih dahulu baru kemudian memindahkan tuas persneling. Terakhir lepaskan kopling secara perlahan bersamaan dengan pedal gas.

Anda berhasil memindahkan gigi saat pedal kopling dilepas penuh. Kemudian mobil manual bergerak dengan kaki hanya fokus pada pedal gas. Tidak sulit bukan?

Cara Mengerem Mobil Manual

belajar mobil manual

Teori belajar mengemudi mobil berikutnya adalah tentang mengerem atau memperlambat. Sepintas sepertinya mudah saja menginjak pedal dengan kaki kanan patah. Tidak begitu mudah terutama untuk mobil dengan transmisi manual. Alasannya adalah penting untuk bertarung dengan sayap.

Artinya jika kaki kanan ditekan dan mobil bergerak lambat maka kaki kiri harus meluncur. Tujuannya agar mesin mobil manual tidak mati. Jika Anda tidak memperlambat saat mobil melambat mobil bisa terguling dan lama kelamaan mesin akan hancur.

Juga ketika kendaraan melambat itu harus menurun. Anda harus bergerak sesuai dengan kecepatan kendaraan. Misalnya dari 100 km/jam sampai 80 km/jam di gigi 4. Tidak perlu memindahkan tuas dari gigi 1 ke gigi 3.

Kasus lain dari perlambatan yang berlebihan. Misalnya jika Anda mengerem tiba-tiba dari 100km/jam ke 10km/jam Anda dapat langsung mengaktifkan gigi satu tetapi pertama-tama Anda harus menebak di gigi mana Anda melambat. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa. Semakin banyak Anda mengemudi semakin Anda mengenal kendaraan Anda luar dalam.

Tips Belajar Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

belajar mobil manual

Langkah selanjutnya dalam belajar mengemudikan mobil manual adalah menghadapi tantangan. Karena mengemudi di tanjakan ganda berbeda dengan jalan datar. Ladang seperti itu biasa terjadi di luar kota terutama saat melewati perbukitan dan pegunungan.

Gunakan Engine Brake Saat Di Turunan

Tips pertama adalah jangan menggunakan rem saja untuk memperlambat laju mobil saat melaju dengan transmisi manual melalui turunan. Perlambatan atau deselerasi juga bisa menggunakan pengaturan pengereman mesin dan cara menurunkan gigi sesuai kebutuhan.

Misalnya saat Anda downshift Anda berada di gigi 3 dan mobil terasa terlalu mudah terguling dan berpindah ke gigi 2 atau 1. Intinya mobil sepertinya memiliki daya cengkeram yang baik di aspal. Anda harus menginjak rem. Ini disebut pengereman mesin dan rem diterapkan oleh putaran mesin.

Rotasi pada mesin akan menjaga kecepatan mobil manual. Jika perlu pengemudi dapat menginjak pedal gas lagi dan kemudian melanjutkan. Teknologi ini digunakan agar kendaraan lebih mudah dikendarai di tanjakan saat hujan maupun saat berkendara di jalan tol.

Saat mesin mengerem konsumsi bahan bakar berkurang dan kecepatan kendaraan berkurang. Dalam kasus seperti itu Anda juga bisa mengurangi penggunaan rem agar kampas rem lebih awet.

Teknik belajar tangan lainnya yang bisa diterapkan saat menuruni tanjakan adalah jangan terlalu lama memegang kopling. Ia memiliki kemampuan untuk terus melaju tanpa mengerem mesin mobil sehingga berbahaya karena berputar dengan cepat.

You May Also Like