penyebab motor mati mendadak

Penyebab Motor Mati Mendadak

Penyebab Motor Mati Mendadak, Pemilik sepeda motor sering menghadapi kematian mendadak sepeda motor mereka. Tidak boleh dipakai saat sepeda motor tiba-tiba dimatikan.

Pemilik sepeda motor sering menghadapi kematian mendadak sepeda motor mereka. Tidak boleh dipakai saat sepeda motor tiba-tiba dimatikan.

Apalagi jika jalan tersebut merupakan jalan kecil dan lokasi bengkel yang cukup jauh. sehingga memaksa Anda untuk menolaknya.

Dorong sepeda bahkan sebelum Anda merasa frustrasi. Pertama-tama kita perlu memeriksa beberapa komponen yang dapat menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba.

Kenapa Motor Tiba-Tiba Mati?

Sepeda motor mati mendadak biasanya karena faktor geng. Setidaknya saat menghadapi situasi tersebut Anda bisa langsung mencari solusinya dan tentunya tidak panik.

Pasalnya ada solusi untuk semua masalah yang berhubungan dengan kematian sepeda motor mendadak yang bisa Anda atasi sendiri.

Biasanya penyebab mati mesin secara mendadak di jalan adalah karena oli mesin habis. Selain itu mungkin ada alasan lain karena ventilasi tangki udara yang buruk.

Alasan kuat motor sering mogok saat berkendara bisa juga karena aliran utama yang tersumbat di ruang bakar atau bisa juga busi mesin Anda bermasalah.

Mesin berhenti tiba-tiba juga dapat menunjukkan bahwa mesin terlalu panas. Mobil dapat secara tidak sengaja mengemudi terlalu jauh yang memengaruhi kinerja mesin. Oleh karena itu mesin dapat berhenti tiba-tiba.

Busi yang kotor dapat mengurangi performa mesin sehingga kurang optimal. Tabrakan ini pasti menjadi penyebab matinya sepeda motor secara mendadak di jalan raya.

Faktor lain yang menyebabkan mesin sering mati di jalan. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan bahan bakar yang salah. Dalam hal ini Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Bila mesin sering mati sendiri bisa juga disebabkan oleh filter udara yang kotor. Sayangnya klep tidak terpasang dengan baik dan dalam kasus terburuk bisa mematikan mesin secara tiba-tiba.

Dukung mesin kendaraan agar tetap miring. Perawatan rutin adalah suatu keharusan karena jika tidak pernah dilakukan dapat dipastikan sepeda motor Anda akan bermasalah dengan kerusakan mesin yang tidak terduga.

Inilah 10 Penyebab Motor Mati Mendadak

Di antara kendala-kendala dalam siklus kematian mendadak tersebut di atas Muladin juga akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mau tahu cara mengatasi motor yang sering mati sendiri? Simak ulasan ini hingga akhir.

Motor Kehabisan Bahan Bakar

Sepeda motor tiba-tiba mati karena kehabisan bahan bakar. Sepeda motor tiba-tiba mati karena kehabisan bahan bakar.

Bahan bakar sisa sering kali menyebabkan mesin mati secara tidak terduga. Pasalnya mesin tidak mau hidup saat bahan bakar habis.

Anda bisa mengecek bahan bakar terlebih dahulu dengan mesin sepeda motor mati. Apalagi saat pengukur bahan bakar sepeda motor Anda mati. Siapa tahu Anda lupa mengisi bahan bakar? Tunda mengisinya sampai Anda benar-benar kehabisan bensin lalu isi lagi. Waspadai bahaya tersembunyi terutama dengan mesin jet.

Mesin dengan sistem pembakaran injeksi tidak bisa menggunakan bensin saja. Jika hal ini sering terjadi maka dapat merusak pompa bahan bakar yang dapat menyebar ke bagian mesin lainnya.

Itu baik-baik saja sebelum mesin tiba-tiba mati dan jatuh. Disarankan untuk mengisi mesin dengan bahan bakar sebelum mengemudi.

Ventilasi Tangki Bensin Tersumbat

penyebab motor mati mendadak

Terlalu banyak bensin di dalam tangki dapat menyebabkan kematian mendadak pada pengemudi Tangki bensin dapat menyebabkan kematian mendadak pada pengemudi.

Ventilasi tangki bensin yang tersumbat biasanya menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba. Jangan salah lubang-lubang kecil ini berperan besar dalam oli atau tidaknya motor Anda.

Bahkan saat bensin sudah penuh mesin akan mati secara tiba-tiba. Mungkin Anda bisa memeriksa lubang kecil di tutup bensin. Ventilasi ini digunakan untuk menyamakan tekanan.

Jika lubang kecil ini tersumbat sirkulasi udara bisa tidak teratur dan bensin akan tersumbat dan tidak mengalir ke karburator. Pasalnya dapat tertutup debu atau kelembapan yang menembus saluran ventilasi.

Main Jet Mampet, Jadi Penyebab Motor Mati Mendadak

penyebab motor mati mendadak

Pesawat utama adalah saluran kecil yang sangat penting untuk sepeda motor. Karena jet utama bertanggung jawab untuk menarik bensin dari ruang apung ke ruang penerima.

Jika saluran ini tersumbat bensin tidak akan mengalir dan menyebabkan mesin sering mati atau berhenti. Turbulensi jet utama seringkali merupakan akibat dari kematian mesin secara tiba-tiba.

Kabel Busi Bermasalah

penyebab motor mati mendadak

Kabel busi yang rusak dapat menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba. Masalah pada kabel busi dapat menyebabkan mesin mati tiba-tiba

Waspadai kabel busi yang buruk karena dapat menyebabkan mesin mati mendadak dan berakibat fatal. Jika kabel busi rusak sengatan listrik tidak akan lagi menghasilkan percikan listrik.

Kebetulan arus listrik yang hilang menyebabkan lampu gagal menyala dan padam. Mesin tidak akan hidup jika tidak ada pembakaran yang baik.

Overheat Mesin

Engine Overheating Engine overheating adalah penyebab paling umum dari kematian mesin secara tiba-tiba.

Penyebab mesin terlalu panas dan motor mati mendadak dibahas di bawah ini. Biasanya masalah ini disebabkan oleh saluran oli yang tersumbat.

Oli justru menguap melalui ventilasi mesin selama perjalanan jauh. Jika hal ini terjadi maka ring piston akan mengering dan menempel. Oli juga menyala dan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas yang menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba.

Busi Kotor, Bisa Mengakibatkan Motor Mati Mendadak

penyebab motor mati mendadak

Busi yang kotor dapat menyebabkan motor mogok Busi yang kotor dapat menyebabkan mesin mobil mati secara tiba-tiba

Percikan yang buruk atau kotor membuat busi bergerak sebelum akhirnya mati. Cukup buka busi dengan kunci yang terletak di dekat blok mesin dan nyalakan starter.

Perhatikan baik-baik jika busi menyala biru maka tidak ada masalah. Namun jika busi mengeluarkan api berwarna merah maka ini merupakan indikasi bahwa busi tersebut kotor dan harus segera diganti.

Penggunaan BBM Rendah Oktan

penyebab motor mati mendadak

Pemilihan bahan bakar berpengaruh pada mesin sepeda motor yang bisa mati mendadak lho. Oktan yang lebih rendah dalam bahan bakar lebih cenderung bocor dari katup utama dan memperlambat mesin sehingga menyebabkannya mati secara tiba-tiba.

Jadi pemilik sepeda motor harus memilih bahan bakar Bertamax untuk mencegah sepeda motornya mogok. Bertamax memiliki nilai oktan lebih tinggi yaitu 92 sedangkan Premium hanya 88.

Filter Udara Kotor

penyebab motor mati mendadak

penyebab motor brebetFilter udara kotor, perlu dibersihkan secara berkala

Filter udara bisa kotor untuk memperpanjang umur mesin. Sementara itu agar pembakaran sempurna filter udara perlu menyaring debu dan kotoran agar tidak bercampur dengan bahan bakar.

Akumulasi debu dan kotoran dapat menyebabkan penghirupan gas yang parah dan kematian mesin secara tiba-tiba. Akibatnya sepeda sering mogok secara tiba-tiba atau berhenti sebelum waktunya.

Pemasangan Klep Tidak Tepat

penyebab motor mati mendadak

Katup Sepeda Motor Pengaturan klep yang kurang tepat dapat menyebabkan kinerja mesin sepeda motor bermasalah dan pemasangan klep yang terlalu rapat dapat menyebabkan mesin sepeda motor mati secara tiba-tiba. Mesin cepat panas dan mati karena tidak ada celah.

Jarak katup yang diperlukan bervariasi dari satu sepeda ke sepeda lainnya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara memasang klep dengan tegangan yang benar pada sepeda.

Tidak Pernah Service Rutin

penyebab motor mati mendadak

Perawatan Rutin Ingatlah untuk memperhatikan perawatan rutin agar mesin Anda tetap bekerja pada performa puncak. Sepeda motor kesayangan Anda akan selalu menjadi sahabat terbaik Anda.

Hampir tidak pernah service rutin

Penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan kematian motor secara tiba-tiba. Anda harus tahu bahwa sepeda Anda perlu diservis secara teratur.

Perawatan rutin harus dilakukan setidaknya setiap dua bulan. Cara ini cukup ampuh untuk menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Perawatan rutin akan membersihkan setiap bagian motor Anda sehingga tidak ada lagi busi kotor ventilasi tersumbat atau filter udara kotor apalagi main jet tersumbat.

Semoga informasi penyebab motor berhenti mendadak dan apa yang harus dilakukan dapat membantu anda. Ini juga bisa menjadi solusi ketika itu terjadi pada Anda.