Efek Samping Benzoil Peroksida Yang Patut Diketahui

Efek Samping Benzoil Peroksida Yang Patut Diketahui

detribpas.com – Jika Anda sering merawat kulit wajah maka Anda harus mewaspadai Efek Samping Benzoil Peroksida ini. Sehingga munculnya jerawat bisa menjadi masalah yang sangat besar.

Wanita Indonesia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mulailah dengan oli normal ke oli dan seterusnya. Semua jenis kulit rentan terhadap jerawat. Karena itu semua wanita berusaha menghindari produk perawatan kulit.

Namun jika mulai berjerawat apalagi yang sudah kuat maka para wanita pasti akan berusaha mencari cara untuk mengurangi rasa sakit di wajah sekaligus menghilangkan jerawat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan benzoil peroksida.

Selain Itu sebelumnya Anda perlu memahami apa saja manfaat dan Efek Samping Benzoil Peroksida. Sehingga Anda dapat memahami dosis dan cara menggunakannya. Hindari penggunaan obat ini secara berlebihan untuk memperburuk kondisi wajah Anda.

Manfaat Benzoil Peroksida untuk Wajah

Benzoil peroksida merupakan golongan obat bebas sehingga siapapun dapat dengan mudah membelinya di apotek. Namun sebelum membelinya Anda harus memahami apa manfaat atau kegunaannya. Karena Anda tidak dapat menggunakan obat di luar kegunaannya.

Secara umum benzoil peroksida baik untuk kesehatan wajah. Itu sebabnya banyak wanita yang membelinya ketika mereka memiliki masalah dengan kulit wajah mereka. Di bawah ini adalah penggunaan atau manfaat benzoil peroksida yang lebih rinci.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat utamanya adalah meredakan atau mengurangi peradangan. Manfaat ini sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki jerawat namun tetap perlu mewaspadai Efek Samping Benzoil Peroksida.

Saat muncul benjolan di wajah tentu akan sangat menyakitkan. Nyeri ini disebabkan oleh tumor yang meradang. Cara lain untuk mengurangi peradangan adalah dengan memecah benjolan dan mengeluarkan isinya.

Namun cara ini membutuhkan lebih banyak usaha dan menyebabkan rasa sakit yang lebih menyiksa. Itu sebabnya orang suka menggunakan obat-obatan seperti benzoil peroksida untuk meredakan peradangan sehingga rasa sakitnya bisa berkurang.

  1. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Jerawat disebabkan oleh bakteri pada kulit. Bakteri ini menempel di wajah setiap saat sehingga menimbulkan jerawat. Banyak orang menggunakan obat ini untuk menghindari kondisi ini.

Karena salah satu manfaat atau kegunaannya adalah membunuh bakteri jerawat. Meski Efek Samping Benzoil Peroksida masih ada manfaat antibakteri membuatnya efektif mencegah plak.

  1. Membuka pori – pori kulit

Manfaat lainnya adalah membuka pori-pori kulit sehingga kotoran dan kotoran lainnya dapat dengan mudah dikeluarkan. Dengan cara ini kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari kemungkinan timbulnya jerawat.

Meski manfaatnya untuk wajah besar Efek Samping Benzoil Peroksida tetap perlu diperhatikan. Jangan buru-buru obat ini jangan sampai Anda mengabaikan dosis dan cara pemakaiannya.

Dengan ini Anda juga harus memeriksa apakah kulit Anda rentan terhadap alergi. Obat tersebut benar-benar tersedia karena tidak memerlukan resep dokter. Tetapi setiap obat memiliki efek sampingnya masing-masing. Efek ini bisa berdampak buruk bagi Anda jika Anda tidak memperhatikannya.

Efek samping benzoil peroksida

Efek samping benzoil peroksida

Memiliki jerawat atau jerawat meradang di wajah Anda sangat memalukan dan menyakitkan. Untuk ini Anda bisa menggunakan obat-obatan seperti benzoil peroksida untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya secara perlahan. Namun waspadai efek samping berikut ini:

  1. Berbahaya bagi yang alergi

Efek Samping Benzoil Peroksida yang pertama adalah reaksi alergi seperti munculnya lepuh berisi cairan di bagian bahu yang menimbulkan ruam dan kemerahan pada kulit wajah.

Efek samping ini sangat jarang terjadi namun orang dengan kulit sensitif tetap harus mewaspadainya. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut lebih baik untuk memeriksa apakah kulit Anda rentan terhadap alergi.

Atau jika sudah terlanjur digunakan dan efeknya menimbulkan efek tersebut sebaiknya segera menghubungi dokter spesialis yang dapat memberikan penanganan selanjutnya. Karena efek ini menyebabkan kecemasan.

  1. Menyebabkan kulit kering

Benzoil peroksida juga dapat menyebabkan kulit kering. Terkadang hal ini terjadi pada sebagian orang yang menggunakannya namun masih ada cara lain untuk mengobatinya. Misalnya ada manfaat menggunakan skin care untuk menghidrasi wajah.

Kulit kering menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat wajah terlihat jelek. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping tersebut karena efek samping tersebut akan berkurang atau hilang setelah Anda berhenti menggunakannya kembali.

  1. Menyebabkan kulit mengelupas

Efek Samping Benzoil Peroksida yang lain adalah pengelupasan kulit. Ini pasti akan memberi Anda dorongan kepercayaan diri ketika Anda merasa seperti berada di lingkungan tersebut. Tetapi tidak semua pengguna benzoil peroksida melakukannya dan hanya beberapa yang melakukannya.

Namun bukan berarti Anda tidak perlu berhati-hati dengannya. Selain itu ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu cara penggunaan skin care untuk tujuan eksfoliasi jika hal ini terjadi.

  1. Menyebabkan iritasi

Sensasi terbakar tersebut bukan disebabkan oleh alergi tetapi sebenarnya disebabkan oleh reaksi kulit setelah menggunakan benzoil peroksida karena terbakar. Paparan yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi berupa rasa gatal dan perih.

Namun iritasi ini jarang dialami pengguna. Iritasinya memang tidak nyaman namun akan hilang dengan sendirinya jika dibiarkan beberapa jam.

Semua jenis obat harus digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan. Terlepas dari itu Anda harus selalu mewaspadai Efek Samping Benzoil Peroksida untuk memahami risiko penggunaan obat tersebut.