Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

detribpas.com – Walaupun pada hakikatnya olahraga air itu menyehatkan untuk badan serta menyegarkan untuk fikiran. Namun tetap saja terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berenang supaya  tidak mengalami kecelakaan rekreasi.

Kecelakaan rekreasi adalah suatu musibah yang menimpa seseorang atas kelalaian diri sendiri atau akibat dari orang lain pada saat melakukan suatu kegiataan ditempat rekreasi, salah satunya kolam renang.

Bentuk dari kecelakaan rekreasi sangatlah beragam, untuk aktivitas olahraga di air yang paling sering yaitu tenggelam, walalupun pada faktanya orang yang telenggelam di kolam penyebabnya sangat beragam, mulai dari gak bisa renang, atau adanya kram pada bagian tubuh mereka.

Untuk itu sebelum melakukannya perlu diperhatikan hal-hal penting berikut ini, bertujuan yang utama untuk menyelamatkan jiwa seseorang yang akan swimming tersebut.

Kenapa Orang Sakit Dilarang Berenang

Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

Sudah menjadi suatu kewajaran jika orang sedang sakit jangan melakukan aktivitas yang berat-berat apalagi ngotot untuk swimming. Dipastikan akan terjadi suatu kecelakaan, yang paling ringan sakitnya tambah parah atau masuk angin.

BACA JUGA:  Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

Dan fatalnya bisa menyebabkan tenggelaman dan hilangnya nyawa orang tersebut, lantas kalo hal ini terjadi kasian penjaga kolam renang dan pengelolalnya karena terkena imbasnya. Untuk itu himbauan penting bahwa terkhusus untuk orang yang sedang sakit.

Minta perhatianya jangan berenang dulu yah, tunggulah barang berapa hari kedepan sampai kamu itu sehat kembali.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang 

Jika kondisi badan kamu sehat, bolehlah untuk berolahraga renang, namun tetap terdapat hal-hal yang harus diperhatikan supaya dalam melakukan olahraga air ini kamu tidak mengalami suatu kecelakaan. Adapun hal yang wajib diperhatikan yaitu:

BACA JUGA:  Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

  1. Gunakanlah Pakaian Renang

Walaupun keliatannya sepele, tapi dengan menggunakan pakaian olahraga tentu akan membantu gaya gerak kamu ketika di air. Selain itu pakaian tersebut memang dirancang dan didesain untuk berolahraga. Sehingga sudah diperhatikan tentang fungsinya.

Fungsi dalam hal ini bertujuan untuk memudahkan Gerakan ketika renang supaya tidak menimbulkan suatu kecelakaan.

  1. Otot Tangan Haruslah Diregangkan

Karena dalam berenang fungsi gerak tangan cukup dominan untuk itu sebelum kamu terjun ke air, hendaknya melakukan peregangan pada oto yang berada di tangan. Akan bedampak fatal jika tangan tidak dilakukan peregangan untuk otot-ototnya, dan hal yang paling sering adalah mengakibatkan kram pada bagian tangan.

Selain tangan, leherpun untuk otot-ototnya perlu direnangkan lebih dahulu, dengan Gerakan menganggung ke depan, ke belakang dan ke samping kiri/kanan dengan itungan 8 kali2, akan cukup membuat otot menjadi kuat.

Adapun fungsinya masih sama untuk menghindari kram pada otot leher.

  1. Otot Pada Perut, Pinggang dan Punggung Wajib Diregangkan

Dengan tujuan yang masih sama untuk mengindari kram pada daerah bagian perut, Pinggang dan punggung, untuk itu sebelum turun ke kolam renang hendaklah melakukan pemasan dengan peregangan otot-otot disekitar daerah perut, pinggang dan punggung.

  1. Kuatkan Otot Kaki Dengan Pemanasan Peregangan

Selanjutnya ketia bagian tubuh atas sudah melakukan pemanasan dengan meregangkan otot-ototnya langkah selanjutnya yaitu melakukan penguatan otot pada bagian kaki, dengan melakukan pemasan serta peregangan.

BACA JUGA:  3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Mengingat selain tangan, fungsi kaki juga sangat dominan geraknya ketika kamu sebelum berenang. Untuk itu optimalkan Gerakan pemasan sebelum turun ke air.

Selanjutnya setelah pola Gerakan pemanasan sebelum olahraga ini sudah dilakukan selanjutnya kamu bisa membasai tubuhmu dengan air yang ada dikamar mandi/kamar bilas.

Setelah itu mulailah melihat dan memperhatikan kedalaman kolam untuk kamu melakukan olahraga renang tersebut, hal lain yang perlu diingat. Renanglah dengan kedalaman sesuai dengan kemampuan kamu dalam berolahraga ini. (Red-detribpas.com)