Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Kamu Membeli Mobil

Manfaat Asuransi Mobil, Terkesima kah Anda untuk membeli mobil untuk keperluan transportasi? Sebelumnya, Anda wajib tahu tentang keuntungan memiliki asuransi mobil. Apa pentingnya memiliki asuransi mobil bagi kita?

Kini masih banyak orang yang merasa tidak terlalu membutuhkan asuransi mobil. Mereka merasa memiliki kemampuan mengemudi yang cukup dan tidak lagi memerlukan asuransi mobil.

Namun, hal tersebut tidaklah benar. Sebaik apapun kemampuan mengemudi Anda, asuransi mobil tetap dibutuhkan sebagai bentuk perlindungan. Terutama jika Anda memiliki rencana membeli mobil, maka wajib mempertimbangkan mengurus asuransi.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Terbaik

Manfaat Asuransi Mobil

Pertama-tama, Anda harus mengetahui jenis-jenis layanan asuransi mobil yang tersedia. Setidaknya ada 2 jenis asuransi mobil yang banyak digunakan. Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangannya:

  1. Asuransi Total Loss Only

Salah satu jenis asuransi mobil adalah Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi apabila terjadi kerusakan di atas 75% atau kehilangan kendaraan akibat pencurian atau perampokan.

Asuransi jenis ini bisa menjadi bentuk perlindungan terhadap kejadian-kejadian tak terduga di masa depan. Kelebihan dari jenis asuransi mobil ini adalah biaya premi per bulannya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan asuransi jenis All Risk.

Total Loss Only lebih disarankan bagi Anda yang menggunakan mobil berusia di bawah 10 tahun. Dengan biaya yang murah, Anda bisa mendapatkan proteksi terhadap risiko kerusakan besar atau kehilangan.

  1. Asuransi All Risk

Selanjutnya ada jenis asuransi mobil lain, yaitu All Risk. Jenis asuransi ini cukup disukai oleh masyarakat karena memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kerusakan baik kecil maupun besar.

Ia mengcover lebih banyak perlindungan dibandingkan dengan jenis asuransi Total Loss Only yang hanya memperoteksi kerusakan di atas 75% atau kehilangan. Namun, biaya premi yang harus dibayarkan untuk asuransi All Risk lebih tinggi.

Jenis asuransi ini biasanya lebih diperuntukan bagi mobil keluaran terbaru di bawah 1 tahun. Karena mobil tersebut biasanya memiliki biaya perbaikan yang besar apabila terjadi kerusakan, hal tersebut hanya bisa dicover oleh jenis asuransi All Risk.

Fungsi dan Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat Asuransi Mobil

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk selalu memiliki asuransi, termasuk untuk kendaraan mobil. Karena meski sudah berhati-hati, tetap ada risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mobil kesayangan kita.

Asuransi akan bertindak sebagai proteksi atau perlindungan terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan. Oleh karena itu, Anda wajib mempertimbangkan pentingnya memiliki asuransi sebelum membeli sebuah mobil.

Manfaat Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Menutup Biaya Perbaikan Mobil

Manfaat asuransi mobil pertama yang bisa Anda dapatkan adalah bentuk perlindungan terhadap kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil. Karena kita tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi di masa depan, risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan berpotensi merusak kendaraan sangat mungkin adanya.

Dengan asuransi, apabila hal tersebut terjadi maka Anda bisa mendapatkan ganti rugi sebagai bentuk biaya yang digunakan untuk perbaikan kendaraan nantinya. Biasanya perusahaan asuransi juga telah bekerjasama dengan berbagai bengkel yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Proteksi Risiko Kecelakaan

Meskipun sudah berhati-hati, risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya bisa saja terjadi. Apalagi sekarang ini para pengguna kendaraan sudah semakin banyak dan membuat jalanan menjadi semakin padat.

Maka, sangat disarankan untuk memiliki asuransi sejak dini sebagai bentuk proteksi akan risiko semacam itu. Sehingga apabila hal-hal buruk terjadi, maka setidaknya Anda bisa mendapatkan ganti rugi untuk menutup biaya perbaikan kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan.

Jaminan Kehilangan Kendaraan

Tindak kejahatan pencurian mobil bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Dan jika hal tersebut terjadi pada Anda, tentu kerugian materil yang dialami akan sangat banyak.

Disinilah manfaat dari asuransi mobil akan sangat Anda rasakan. Dengan memiliki asuransi, berarti Anda juga mendapatkan proteksi terhadap risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian. Bahkan Anda bisa mendapatkan ganti rugi unit baru apabila mengalami hal tersebut dan memenuhi syarat untuk klaim asuransi.

Mengurangi Pengeluaran

Kendaraan mobil memang salah satu benda yang memiliki biaya perawatan cukup mahal. Risiko kejadian tak terduga yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya besar bisa terjadi kapan saja. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, tentu akan bingung harus mencari uang darimana untuk biaya perbaikan.

Hadirnya asuransi mobil bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Apabila terjadi hal yang tidak terduga secara tiba-tiba yang mengharuskan Anda untuk melakukan perbaikan mobil dengan biaya yang tidak sedikit, asuransi bisa membantu dengan menutup biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan.

Rasa Tenang dan Aman

Manfaat lain yang tentu akan Anda rasakan ketika memiliki asuransi mobil adalah perasaan tenang dan aman. Karena dengan memiliki mobil, berarti Anda sudah mendapatkan proteksi terhadap kendaraan tersebut. Meski terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, setidaknya ada jaminan ganti rugi sesuai dengan kesepakatan.

Sebagai Bentuk Investasi

Banyak yang tidak tahu bahwa asuransi juga bisa menjadi bentuk investasi. Karena dengan memiliki asuransi, berarti Anda

juga telah mendapatkan proteksi terhadap aset kendaraan yang Anda miliki. Sehingga harganya pun akan tetap stabil karena komponen dari mobil tersebut tetap terawat dan dicover oleh jaminan asuransi.

Manfaat Lainnya

Kebanyakan orang menganggap bahwa asuransi mobil hanya akan mengcover biaya perbaikan atau ganti rugi kehilangan. Nyatanya ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi di luar dari hal tersebut. Diantaranya seperti bonus e-toll, voucher bahan bakar hingga fasilitas derek mobil.

Maka dari itu, jika Anda ingin membeli mobil, sangat penting untuk mempertimbangkan untuk memiliki asuransi mobil. Anda juga perlu memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, budget dan kondisi mobil Anda.