Apa Itu Asuransi Mobil Pengganti? Klaim Secepatnya Sekarang

Asuransi Mobil Pengganti

Asuransi Mobil Pengganti, Ketika mobil mengalami kerusakan dan harus diperbaiki di bengkel, proses perbaikan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Bagi sebagian orang, mobil adalah kendaraan utama yang dibutuhkan setiap hari, sehingga ketika mobil sedang diperbaiki, ini dapat menyulitkan aktivitas sehari-hari. Namun, jangan khawatir, ada solusi yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan klaim asuransi mobil. Apa itu mobil pengganti? Simak pembahasan berikut ini.

Apa itu Asuransi Mobil Pengganti?

Asuransi Mobil Pengganti

Asuransi Mobil Pengganti adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh pihak asuransi apabila mobil kita yang masuk ke bengkel tidak bisa langsung selesai diperbaiki. Fasilitas ini biasanya tersedia pada beberapa jenis paket asuransi mobil. Selama mobil Anda sedang diperbaiki di bengkel, Anda akan mendapatkan mobil pengganti yang bisa digunakan sebagai pengganti mobil Anda yang sedang diperbaiki.

Berapa Biaya Untuk Mendapatkan Mobil Pengganti?

Asuransi Mobil Pengganti

Secara umum, fasilitas mobil pengganti pada asuransi mobil harusnya gratis. Ini merupakan fasilitas tambahan yang biasanya dimiliki oleh beberapa perusahaan dengan paket asuransinya masing-masing. Kalian bisa menggunakannya sesuai dengan kesepakatan dalam klausul polis asuransi yang telah disepakati.

Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Dalam Asuransi

Asuransi Mobil Pengganti

Bagaimana cara Anda mendapatkan mobil pengganti selama kendaraan sedang diperbaiki di bengkel? Ada beberapa prosedur yang bisa Anda ikuti untuk mengklaim mobil pengganti dari pihak asuransi, diantaranya:

Simpan Polis dan Nomor Klaim

Pastikan Anda menyimpan fotocopy dari polis asuransi mobil, sehingga bisa langsung melakukan klaim asuransi dan cepat ditangani. Selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor atau tiket klaim sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pengajuan asuransi.

Tanyakan Lama Perbaikan

Anda juga bisa menanyakan kepada pihak bengkel berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses perbaikan pada kendaraan. Sehingga nantinya bisa diketahui kapan mobil tersebut akan selesai dan bisa digunakan kembali.

Siapkan Syarat Mobil Pengganti

Jika proses perbaikan akan membutuhkan waktu lama karena kerusakan berat atau antrian, maka Anda bisa melakukan klaim mobil pengganti ke pihak asuransi. Sesuaikan dengan estimasi lamanya proses perbaikan seperti yang sudah Anda tanyakan sebelumnya. Sehingga nantinya Anda bisa menyesuaikan waktu penggunaan mobil pengganti agar tidak melebihi kesepakatan atau habis sebelum kendaraan Anda selesai diperbaiki. Kemudian pihak asuransi akan memproses permintaan Anda.

Rekomendasi Asuransi Mobil Pengganti

Asuransi Mobil Pengganti

Beberapa perusahaan asuransi mobil yang menawarkan fasilitas kendaraan pengganti, diantaranya Berikut beberapa perusahaan asuransi mobil yang kami rekomendasikan:

  • Asuransi Central Asia (ACA)

Salah satu perusahaan asuransi yang cukup populer dengan banyaknya fasilitas yang diberikan. Mulai dari ganti rugi total, kehilangan hingga kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam hingga pihak ketiga. Selain itu ada juga fasilitas mobil pengganti yang bisa Anda gunakan selama 5×24 jam.

  • Zurich Insurance Indonesia

Perusahaan asuransi yang satu ini menawarkan proteksi terhadap segala jenis kerusakan pada kendaraan. Mulai dari kecelakaan lalu lintas, pencurian, kerusakan akibat pihak ketiga ataupun hal tak terduga lainnya. Untuk fasilitas mobil pengganti yang mereka tawarkan bisa Anda gunakan hingga 5×24 jam.

  • Malacca Trust Wuwungan Insurance

Perusahaan yang satu ini menyediakan 2 jenis layanan asuransi yaitu Total Loss Only dan All Risk. Dengan memiliki salah satunya, Anda bisa mendapatkan perlindungan dari kerugian finansial akibat kecelakaan atau kehilangan. Jika proses perbaikan memakan waktu lama, Anda pun bisa mendapatkan fasilitas mobil pengganti secara gratis.

  • Asuransi MSIG Indonesia

Asuransi MSIG Indonesia menyediakan paket TLO dengan premi mulai dari 45 ribu dan All Risk dengan premi mulai dari 257 ribu rupiah. Anda sudah bisa mendapatkan jaminan kerugian materil akibat kecelakaan atau kehilangan bahkan juga bantuan hukum. Selain itu juga ada fasilitas derek dan mobil pengganti gratis bagi customer yang membutuhkan.

Dalam memilih perusahaan asuransi mobil yang menawarkan fasilitas mobil pengganti, pastikan Anda mempertimbangkan reputasi perusahaan, ketersediaan layanan, dan premi yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa memilih perusahaan asuransi mobil yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

You May Also Like