Kenali 5 Ciri Ciri Aplikasi Berbahaya, Pengguna Smartphone Harus Tahu!

techno.detribpas.com – ciri ciri aplikasi berbahaya yang perlu pengguna smartphone harus berhati-hati, dan termasuk cirri dasarnya adalah ketidak jelasan developer aplikasi tersebut, maka sudah dipastikan aplikasi tersebut bisa berbahaya bagi smartphone anda.

Tanda Aplikasi Berbahaya untuk Smartphone

ciri ciri aplikasi berbahaya

Jika saat ini Anda menggunakan gadget berbasis OS Android Anda perlu lebih berhati-hati dalam mengkonfigurasi dan memilih aplikasi yang akan digunakan pada perangkat gadget Android Anda.

Sistem operasi Google Android sebenarnya terkenal dengan banyaknya aplikasi. Setiap pengguna perangkat Android akan dimanjakan dengan berbagai pilihan aplikasi yang dapat membantunya bekerja dengan gadget berbasis Android.

Karena ada begitu banyak aplikasi yang tersedia untuk Android terutama di media online yang tersedia secara terpisah dari PlayStore berbasis open source dan karenanya tidak terlalu aman.

Oleh karena itu tidak jarang aplikasi penipuan dan tidak aman didistribusikan melalui penyedia layanan download gratis selain PlayStore. Oleh karena itu pengguna yang ingin memasang aplikasi di perangkat Android mereka harus lebih berhati-hati saat memilih dan memasang aplikasi yang mereka pilih untuk perangkat Android mereka.

Tentunya hal tersebut dirancang untuk memprediksi dan mencegah ancaman dari aplikasi yang tidak baik dan dapat dengan mudah membawa virus atau malware yang biasanya dapat merusak perangkat Anda.

Ciri ciri Aplikasi Berbahaya

ciri ciri aplikasi berbahaya

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda unduh dan instal di ponsel Android Anda. Namun Anda harus tahu bahwa tidak semua aplikasi ini aman untuk digunakan.

Ada banyak program jahat yang harus Anda waspadai karena berpotensi mencuri informasi pribadi menyebabkan kerusakan dan banyak lagi.

Menghindari Aplikasi Berbahaya Tidak ada kesalahan dalam mengidentifikasi karakteristik aplikasi berbahaya yang harus dihindari.

Di bawah ini adalah fitur dari beberapa aplikasi yang berbahaya dan tidak boleh dipasang di ponsel Anda.

  1. Sumber Developer Tidak Jelas

ciri ciri aplikasi berbahaya

Ciri ciri aplikasi berbahaya yang pertama anda harus periksa sumber aplikasi untuk menginstal aplikasi. Misalnya kamu bisa cek dulu siapa pengembangnya. Pastikan pengembang memiliki kredibilitas yang jelas. Mereka yang mengembangkan sumber yang tidak jelas dan tidak dikenal harus berhati-hati.

  1. Deskripsi Aplikasi Nyleneh

Anda juga harus mengetahui deklarasi yang tidak terdefinisi. Karena klaim eksternal tersebut dapat dimanipulasi oleh developer yang tidak mengetahui teknik pemasaran yang tepat. Jika Anda menemukan aplikasi yang deskripsinya tidak jelas dan terlihat aneh jangan langsung mengunduhnya.

  1. Tidak Tersedia di Play Store

Selanjutnya ciri ciri aplikasi berbahaya, jika anda ingin mengunduh aplikasi tetapi tidak dapat menemukannya di Play Store? Hati-hati jika menemukan aplikasi yang hanya ada di situs atau blog berbagi. Hati-hati karena dikhawatirkan menginstal program berbahaya.

  1. Izin Aplikasi yang Tidak Wajar

Aplikasi berbahaya atau berisi virus dapat meminta izin tanpa izin. Jika Anda menemukan aplikasi yang meminta akses untuk membaca lokasi kontak dan banyak hal sensitif lainnya Anda harus memeriksa ulang apakah aplikasi tersebut aman dan tidak sedang digunakan.

  1. Bad Review

dan ciri ciri aplikasi berbahaya yang terakhir anda harus lihat ulasan pengguna tentang aplikasi tersebut. Periksa apakah ada banyak ulasan bagus atau orang menulis ulasan buruk untuk aplikasi Anda.

Dengan aplikasi Anda dapat menggunakan ponsel dengan nyaman. Selain itu kini sudah banyak aplikasi yang memberikan berbagai manfaat kepada penggunanya. Namun Anda tetap harus berhati-hati dan bijaksana untuk menemukan aplikasi yang tepat untuk menghindari yang berbahaya.

Itulah penjelasan kami mengenai ciri ciri aplikasi berbahaya yang dapat mengancam keamanan ponsel atau smartphone kesayangan anda, pastikan anda download aplikasi dari sumber-sumber yang kredibel baik itu Google Playstore maupun Appstore bagi pengguna iOS.

You May Also Like