Mengenal Chipset Gadget Terbaik Lebih Ringan dan Responsif

Chipset gadget terbaik banyak digunakan oleh pembuat smartphone di seluruh dunia. Jika diperhatikan dengan seksama chipset atau SoC merupakan bagian terpenting dari sebuah perangkat elektronik yaitu smartphone.

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru pengguna harus mengetahui chipset apa yang digunakan ponsel mereka. Chipset ini bisa dikatakan sebagai otak yang sangat mempengaruhi kinerja ponsel.

Dengan perangkat mobile yang menggunakan chip baru dan mumpuni pengalaman Anda menggunakan smartphone akan lebih nyaman dan ringan. Sehingga segala macam aktivitas mobile dapat dilakukan dengan nyaman.

Daftar Chipset Gadget Terbaik dan Terbaru

Anda yang sedang mencari ponsel baru dengan chipset terbaik tentunya harus memilih smartphone dengan chipset terbaru. Berikut daftar chipset gadget terbaik yang layak Anda dapatkan diantaranya.

Apple A15 Bionic

Chip A15 Bionic pertama Apple menjadi andalan seri iPhone 13. Apple mengklaim chip ini mampu bekerja sangat cepat terutama saat digunakan untuk mengolah data di ponsel.

Pasalnya GPU atau graphics processing unit terbaru dalam chipset A15 merupakan neural engine performa tinggi dan dilengkapi dengan teknologi AI untuk menghasilkan gambar yang lebih baik lagi.

Chipset gadged terbaik A15 Bionic top-of-the-line Apple masih menggunakan dua inti dari sistem pemrosesan berkinerja tinggi dan memiliki empat inti untuk kinerja. Hampir identik dengan chip seri A14 Bionic tapi bedanya A15 Bionic memiliki 15 miliar transistor.

Jumlah transistor sebenarnya lebih banyak dibandingkan chipset A14 Bionic yang hanya memiliki 11 miliar transistor. Jadi dalam hal skor skor chipset terbaru Apple mencapai 1746 untuk single-core dan 4772 untuk multi-core.

Snapdragon 8 Gen 1

Chip gadget terbaik lainnya adalah Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan generasi penerus dari Snapdragon 888 dan 888. Dua chip sebelumnya telah menjadi andalan di smartphone high-end terbaru.

Ini merupakan peningkatan signifikan sekitar 20 persen jika digabungkan dengan kapasitas prosesor Snapdragon 8 Gen. Ia juga mampu menghemat daya baterai 30 persen dibandingkan Snapdragon generasi sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset produksi massal pertama yang menampilkan CPU ARMv9. Chipset gadget terbaik ini memiliki cluster tiga prosesor dan prosesor utama Cortex-X2 dengan clock hingga 30GHz.

Juga dari segi GPU chipset gadget terbaik dari Snapdragon ini ditawarkan dengan GPU Adreno 730 yang diklaim Qualcomm mendongkrak performa grafis GPU jenis ini sebesar 30 persen sehingga menghemat sekitar 25 persen daya baterai. .

Beberapa smartphone high-end seperti Samsung Galaxy S22 dan Mi 12 dan 12 Pro kini sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Produk ponsel ini sudah resmi masuk Tanah Air.

Dimensity 9000

Dimensi 9000 bisa dibilang paling baik ditempatkan oleh pembuat chipset top Samsung dan Qualcomm. Karena Dimensity 9000 memiliki performa yang sangat baik sehingga mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Performa chipset gadget terbaik Dimensity 9000 diperkirakan berdasarkan hasil pengujian Antutu 9 dengan skor 1007847. Skor selanjutnya di Geekbench 5 adalah 1239 single core dan 4168 multi core dan skor tersebut dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen1.

Dimension 9000 merupakan jenis chipset yang menggunakan prosesor berarsitektur ARMv9. Jenis arsitektur ini relatif baru dibandingkan dengan versi ARM 8 yang saat ini masih digunakan dalam produksi chip bionik Apple A14.

Dimensi 9000 juga mendukung jenis RAM LPDDR5x dengan kecepatan hingga 75000 Mbps. Untuk Modem Chipset juga dilengkapi dengan modem 5G yang mendukung downlink hingga 7Gbps.

Tentu saja jika Anda adalah pengguna smartphone maka Anda harus mempertimbangkan chipset yang digunakan di ponsel Anda. Chipset gadget terbaik yang disebutkan di atas merupakan kemajuan lain di ponsel high-end dan sudah tersedia di Indonesia.

You May Also Like