Mengenal Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul?

Selisih harga antara iOS dan Android memang sangat mencengangkan dan familiar bagi para pengguna smartphone. Namun ada banyak hal lain yang tampaknya sedikit dipahami yang membedakan Android dari iOS.

Bahkan keduanya kini menjadi sistem operasi paling populer di dunia dan terbukti menjadi Windows Phone BlackBerry dan sistem operasi lainnya.

Jadi ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan kedua sistem operasi ternama dunia tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel baru. Lihat penjelasan kami di bawah ini.

Inilah Daftar Perbedaan iOS dan Android Harus Diketahui Pengguna

Berikut adalah perbedaan yang mungkin Anda perhatikan antara Android dan iPhone termasuk:

Dari segi kegunaan

Pembuat iPhone Apple merancang iOS sebagai sistem operasi miliknya. Sementara itu Android merupakan sistem operasi atau sistem operasi yang dikembangkan oleh Google dan saat ini banyak digunakan di berbagai merek ponsel di seluruh dunia.

Dengan OS khusus ini iPhone cenderung sangat berhati-hati dan waspada saat mengontrol semua yang ada di ponsel pengguna. Android berbeda yang menawarkan lebih banyak kebebasan kepada pengguna untuk memodifikasi ponsel iOS dan Android mereka sesuai keinginan.

Dari segi kapasitas memori penyimpanan

Perusahaan Apple. Kapasitas memori penyimpanan internal produk iPhone sudah diperbaiki sejak awal. iPhone saat ini menawarkan sekitar 256 GB penyimpanan internal yang tidak dapat ditambahkan secara manual menggunakan penyimpanan eksternal.

Berbeda halnya dengan smartphone Android yang sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang relatif besar. Namun OS Android juga bisa dilengkapi dengan memori eksternal bagi para penggunanya.

Dari segi berbagi data pengguna

Pengguna iPhone dapat mengirim dan menerima data dengan mentransfer data secara manual melalui iTunes. Sebelum Anda dapat menggunakan iTunes Anda harus menghubungkannya ke PC atau laptop Anda.

Perbedaan antara iOS dan Android adalah iPhone tidak dilengkapi dengan teknologi Bluetooth karena diyakini membuat ponsel lebih rentan terhadap virus atau malware. Berbeda dengan Android yang ternyata memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk berbagi data melalui Bluetooth.

Dari segi penggunaan aplikasi

Jumlah aplikasi di Google Play Store sudah tidak bisa dihitung lagi. Ini jelas berbeda dengan App Store yang mana tidak semua pengembang aplikasi bisa memasukkan aplikasinya ke dalam App Store lho.

Pengguna ponsel Android dapat dengan bebas menginstal aplikasi dalam format apk. melalui situs web apa pun. Sementara itu pengguna iPhone iOS tidak akan bisa menginstal aplikasi selain App Store.

Dari segi modifikasi tampilan ponsel

Perbedaan antara iOS dan Android dapat dilihat dari segi update ponsel. iPhone tidak mengizinkan pengguna untuk menyesuaikan layar beranda seperti logo tema dengan transisi slide di layar beranda. Pengguna hanya dapat mengubah wallpaper.

Sedangkan pengguna Android dapat mengubah layar ponsel sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu jika terlalu sering crash sebaiknya ganti tema agar hp android anda tidak cepat bosan.

Dari segi harga jual dan beli

Anda dapat membedakan iOS dan Android terbaru dengan harga pembelian. IPhone X Apple dengan harga relatif tinggi yang memiliki penyimpanan internal 68GB dijual hanya seharga Rs 27 crore.

Untuk ponsel Android bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau bahkan hingga jutaan rupiah.Di sisi lain harga jual iPhone second tidak turun jauh namun harga jual iPhone Android second. dapat turun secara signifikan. Ada kemungkinan.

Sebelum memutuskan ponsel mana yang akan digunakan. Informasi perbedaan iOS dan Android di atas bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi yang masih bingung memilih smartphone iPhone atau Android.

You May Also Like