Pengaruh Gadget Pada Anak yang Harus Diperhatikan
Sumber Foto: www.canva.com

Pengaruh Gadget Pada Anak yang Harus Diperhatikan

detribpas.com – Sebagai orang tua sudah seharusnya Anda tahu apa saja pengaruh gadget pada anak. Hampir semua kalangan sudah bisa mengoperasikan gadget, oleh karena itu Anda harus terus memantau anak ketika sedang menggunakan gadget.

Setidaknya sebagai orangtua Anda harus memberikan batasan waktu kapan saja boleh bermain gadget. Jika tidak diawasi maka anak bisa kebablasan dan menyerap informasi yang seharusnya tidak anak lihat. Berikut dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget untuk anak.

Pengaruh Gadget Pada Anak Positif dan Negatif

Memang dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Apalagi jika anak-anak sudah sering menggunakannya, pasti akan susah lepas. Padahal hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan pada anak sebagai berikut:

Pengaruh Gadget Pada Anak yang Harus Diperhatikan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Menyebabkan Kecanduan Gadget

Dampak negatif dari penggunaan gadget yang pertama adalah dapat menyebabkan kecanduan. Pengaruh gadget pada anak yang satu ini harus dihindari demi kenyamanan si kecil. Anadolus Agency atau AA juga turut menjelaskan fenomena kecanduan gadget ini.

BACA JUGA:  5 Cara Membeli HP Bekas, Dijamin Berkualitas

Menurutnya sudah banyak anak Indonesia yang mengalami kecanduan gadget. AA juga menjelaskan bahwa sekitar 25 persen anak dar poli kedokteran anak di Bogor Jawa Barat mengalami kecanduan bermain gadget.

Hal ini dicirkan dengan banyak anak yang tidak bisa lepas dari gadgetnya. Seperti misalnya bermain ponsel secara berlebihan setiap hari. Anak juga akan marah apabila ponselnya diminta untuk berhenti dimainkan.

Besar sekali pengaruh gadget pada anak Indonesia. Oleh karena itu agar anak bisa dikontrol penggunaan gadgetnya maka Anda bisa membawanya ke psikolog anak. Dengan begitu anak tidak akan menjadi kecanduan lagi.

  1. Menyebabkan Gangguan Tidur

Dampak berikutnya yang juga tidak kalah parah adalah menyebabkan gangguan tidur. Jika penggunaannya tidak dibatasi maka anak tersebut akan keterusan bermain bahkan hingga begadang. Anak Anda tidak hanya main game saja, melainkan juga bisa bermain sosial media.

Hal ini juga akan mengganggu kondisi fisik dari si kecil. Anak Anda akan mudah lelah, kurang istirahat dan menjadi gampang mengantuk. Padahal pola tidur harus tetap dijaga dengan baik agar keesokan harinya bisa beraktivitas dengan maksimal.

  1. Berbahaya Bagi Otak Anak

Sedangkan untuk pengaruh gadget pada anak yang berikutnya adalah berbahaya bagi otak anak. Ada penelitian yang mengatakan bahwa otak manusia sensitif jika terkena radiasi elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik juga dianggap berbahaya untuk otak anak.

BACA JUGA:  Tips Bermain Gadget agar Tidak Ketergantungan

Hal ini juga akan berpengaruh pada aktivitas otak anak sehingga berpengaruh pada pola tidur, mengalami gangguan perilaku dan kesulitan belajar. Walaupun masih harus diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk membatasi jam bermain gagdet pada anak Anda.

  1. Melatih Anak Agar Bisa Berfikir Kritis

Ternyata pengaruh gadget pada anak tidak membawa dampak negatif saja, melainkan juga dampak positif. Salah satu dampaknya adalah untuk melatih anak agar bisa berfikir secara kritis. Anak akan terlatih memecahkan masalah sejak dini dengan bantuan gadget.

Kemampuan kognitifnya akan mengalami pertumbuhan, anak akan dilatih untuk membuat strategi atau perencanaan sehingga menghasilkan solusi. Anak Anda juga akan lebih mudah belajar dari konten-konten yang diberikan pada gadget.

Anda bisa memilihkan permainan yang bermanfaat bagi anak sehingga daya pikirnya bisa terasah dan kemampuan memecahkan masalahnya meningkat. Hal ini tentu akan membantu proses tumbuh kembang anak hingga dewasa nantinya.

BACA JUGA:  Smartphone Terbaik Vivo V21 5G Cocok untuk Segala Kebutuhan
Pengaruh Gadget Pada Anak yang Harus Diperhatikan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Lebih Pintar Memilih Informasi

Pengaruh gadget yang berikutnya pada anak adalah anak akan lebih pintar dalam memilih informasi. Ada banyak informasi yang didapatkan dari gadget sehingga bisa membantu tumbuh kembangnya. Anak akan mendapatkan informasi yang up to date atau terbaru.

Hal tersebut sangat berpengaruh pada pemahamannya terhadap lingkungan. Akan tetapi Anda sebagai orangtua harus tetap menjaga dan mengawasi anak agar tidak terpapar informasi yang bisa merusaknya.

  1. Kemudahan dalam Komunikasi

Pengaruh gadget pada anak yang terakhir adalah untuk memudahkan proses komunikasi. Orangtua bisa menghubungi anaknya melalui gadget agar mudah untuk mengawasi anaknya. Interaksi dengan teman-teman sebayanya juga bisa berlangsung dengan lancar.

Tidak hanya itu, hal ini akan menambah kedekatan antar anak dan orangtua. Komunikasi yan intens tetap bisa berjalan dengan baik.

Ternyata tidak melulu membawa dampak negatif, ada juga dampak positif yang penting untuk diketahui. Anda juga bisa menghubungi si kecil untuk mengawasi anak lewat video call.

Akan tetapi walaupun membawa kemudahan, tetap lakukan pengawasan untuk si kecil. Ada banyak pengaruhgadget pada anak yang mesti diperhatikan. (Red-detribpas.com)