Peta Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah Maluku yang didirikan pada tahun 1964. Merupakan salah satu dari provinsi yang memiliki topografi yang sangat variatif, provinsi ini terkenal akan kekayaan alamnya dan beragam budaya yang dimiliki. Dengan luas wilayah sebesar 42.834,2 km2, Sulawesi Tengah terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota. Pembagian wilayah ini menjadikan Sulawesi Tengah sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah kabupaten terbanyak.

Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah menampilkan semua kabupaten dan kota yang ada di provinsi ini. Kabupaten yang terdapat di provinsi ini yaitu Boalemo, Gorontalo, Pohuwato, Bone Bolango, Gorontalo Utara, Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, Polewali Mandar, dan Buol. Sedangkan kota yang ada di Sulawesi Tengah adalah Gorontalo.

Kabupaten di Sulawesi Tengah

Kabupaten Boalemo memiliki luas wilayah seluas 2.420,3 km2. Kabupaten ini terkenal akan kekayaan alamnya yang meliputi hutan, pantai, dan bukit-bukit yang indah. Kota Gorontalo memiliki luas wilayah seluas 715,1 km2 dan merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Pohuwato memiliki luas wilayah sebesar 1.680,2 km2 dan merupakan salah satu kabupaten terbesar di provinsi ini. Bone Bolango memiliki luas wilayah seluas 2.622,8 km2 dan merupakan kabupaten yang paling luas di provinsi ini. Gorontalo Utara memiliki luas wilayah seluas 1.664,8 km2 dan merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan kekayaan alamnya. Majene merupakan salah satu kabupaten yang memiliki luas wilayah seluas 2.443,3 km2. Mamasa memiliki luas wilayah seluas 1.843,2 km2 dan merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan banyaknya gua-gua yang terdapat di wilayahnya. Mamuju memiliki luas wilayah seluas 3.092,6 km2 dan merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan keindahan alamnya. Mamuju Tengah memiliki luas wilayah seluas 1.210,2 km2. Mamuju Utara memiliki luas wilayah seluas 1.955,4 km2 dan merupakan salah satu kabupaten yang terkenal akan kekayaan alamnya. Polewali Mandar memiliki luas wilayah seluas 3.341,2 km2 dan merupakan kabupaten yang terkenal akan olahraga tradisionalnya. Buol memiliki luas wilayah seluas 1.769,1 km2 dan merupakan salah satu kabupaten dengan pemandangan alam yang dapat dilihat di provinsi ini.

Ketika membahas tentang Sulawesi Tengah, pertanyaan yang sering diajukan adalah tentang luas wilayah dan jumlah kabupaten di provinsi ini. Luas wilayah Sulawesi Tengah adalah 42.834,2 km2 dan terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota.

You May Also Like