Siapa Saja Anggota Bpupki

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau lebih dikenal dengan BPUPKI merupakan lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia untuk menyusun rancangan Undang-Undang Dasar 1945 yang kemudian diadopsi oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). BPUPKI didirikan pada tanggal 29 Mei 1945 oleh Presiden Soekarno, dengan tujuan untuk merencanakan dan menyusun rancangan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). BPUPKI terdiri dari sejumlah tokoh terkemuka Indonesia yang dipimpin oleh Ir. Soekarno dan Dr. Mohammad Hatta.

Anggota BPUPKI

BPUPKI terdiri dari sekitar 72 anggota, mulai dari tokoh politik, militer, agama, akademisi, dan aktivis sosial. Anggota BPUPKI yang paling terkenal adalah Soekarno, Mohammad Hatta, Ki Hadjar Dewantara, dan Raden Achmad Soebardjo. Selain itu, anggota BPUPKI lainnya meliputi:

Anggota Politik

Ketua BPUPKI Ir. Soekarno, Wakil Ketua Dr. Mohammad Hatta, Raden Achmad Soebardjo, Prof. Dr. A.A. Maramis, Prof. Dr. Soewirjo, Prof. Dr. Adi Soepardi, Prof. Dr. Soejono, Prof. Dr. Soejatmoko, Prof. Dr. Sutopo, Prof. Dr. Sarwoto Atmosutarno, dan lainnya.

Anggota Militer

Letnan Jenderal T.B. Simatupang, Letnan Jenderal A.H. Nasution, Letnan Jenderal I.G.N. Djuanda, Letnan Jenderal S. Parman, Letnan Jenderal Suharto, Letnan Jenderal A.H. Siregar, Letnan Jenderal T. Sudirman, Letnan Jenderal A. Yani, Letnan Jenderal S. Hartono, Letnan Jenderal S.T. Sarjadi, dan lainnya.

Anggota Agama

Kiai Achmad Zaini, Kiai Mu’tamad, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Agus Salim, KH. Ahmad Dahlan, KH. Wahid Hasyim, KH. K.H. Ahmad Syafii Maarif, dan lainnya.

Anggota Akademisi

Prof. Dr. Priyono, Prof. Dr. R.A.A. Wirjosandjojo, Prof. Dr. Notonagoro, Prof. Dr. Soedjatmoko, Prof. Dr. G.A.S. Siwabessy, Prof. Dr. A.K. Gani, Prof. Dr. R.M. Sardono, Prof. Dr. M.H. Manaf, Prof. Dr. Notonegoro, dan lainnya.

Anggota Sosial

Ki Hadjar Dewantara, K.H. Agus Salim, K.H. Wahid Hasyim, K.H. Ahmad Syafii Maarif, K.H. Mas Mansyur, K.H. Masjkur, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Muhammad Yunus, K.H. Dr. Wahidin Soedirohoesodo, dan lainnya. Anggota BPUPKI tersebut telah berjasa dalam membuat dan menyusun rancangan UUD 1945 yang kemudian diadopsi oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Mereka juga ikut serta dalam proses pengesahan UUD 1945, yang kemudian menjadi UUD 1945 yang berlaku hingga saat ini. Dengan demikian, anggota BPUPKI telah berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Jawaban atas pertanyaan Siapa saja anggota BPUPKI adalah Ir. Soekarno, Dr. Mohammad Hatta, Ki Hadjar Dewantara, Raden Achmad Soebardjo, dan berbagai tokoh lainnya yang disebutkan di atas.

You May Also Like