Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya
Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya Organel sel merupakan bagian terkecil dan terpenting dari sebuah sel. Organel sel ditemukan baik pada sel hewan maupun sel tumbuhan. Organel sel ini berfungsi untuk mengatur semua kegiatan yang terjadi dalam sel. Organel sel tumbuhan dan hewan memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsi-fungsinya.

Apa Itu Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan?

Organel sel hewan dan tumbuhan adalah bagian terkecil dan terpenting dari sebuah sel. Organel sel hewan dan tumbuhan terdiri dari berbagai macam struktur yang berfungsi untuk mengatur semua kegiatan yang terjadi dalam sel. Organel sel ini biasanya berbentuk seperti tabung, pipa, atau bentuk lainnya.

Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

Berikut adalah organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsi-fungsinya:

  • Membran Sel – Merupakan lapisan yang melindungi sel hewan dan tumbuhan. Membran sel juga berfungsi untuk mengontrol masuk dan keluarnya zat-zat kimia yang dibutuhkan oleh sel.
  • Nukleus – Berfungsi untuk mengatur semua kegiatan dalam sel. Nukleus juga mengandung DNA, yang mengatur sifat-sifat dari sel.
  • Vakum Endoplasma – Merupakan ruang yang terletak di dalam sel. Vakum endoplasma berfungsi untuk menyimpan zat-zat dalam sel dan mengatur aliran zat-zat tersebut.
  • Mikrotubulus – Berfungsi untuk membantu sel dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Mikrotubulus juga berfungsi untuk membantu pembuahan sel dan pertumbuhan sel.
  • Mitokondria – Merupakan organel yang berfungsi untuk memproduksi energi untuk sel. Mitokondria berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel.
  • Ribosom – Berfungsi untuk memproduksi protein. Ribosom juga dapat membantu sel dalam proses metabolisme.
  • Kloroplas – Berfungsi untuk mengubah sinar matahari menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel. Kloroplas juga berfungsi untuk mengatur proses fotosintesis.

Organel sel hewan dan tumbuhan memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda. Dengan mengetahui tentang organel sel hewan dan tumbuhan serta fungsi-fungsinya, Anda akan lebih mengerti tentang bagaimana sel-sel hewan dan tumbuhan berfungsi. Jadi, sekarang Anda tahu apa itu Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya. Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya merupakan bagian terkecil dan terpenting dari sebuah sel yang berfungsi untuk mengatur semua kegiatan yang terjadi dalam sel. Dengan memahami Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya, Anda akan lebih mengerti tentang bagaimana sel-sel hewan dan tumbuhan berfungsi.