Berapa Luas Permukaan Bangun Prisma Di Samping

Berapa Luas Permukaan Bangun Prisma Di Samping

Berapa Luas Permukaan Bangun Prisma Di Samping?

Mendengar kata “permukaan bangun prisma” pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu suatu bangun yang memiliki sisi-sisi berbentuk segi dan beraturan. Bangun prisma memiliki sisi-sisi yang berbeda, baik itu alas, selimut ataupun sisi-sisi yang lain. Nah, soalnya adalah berapa luas permukaan bangun prisma yang terdapat di samping?

Apa Itu Bangun Prisma?

Bangun prisma adalah bangun ruang yang memiliki sisi-sisi berbentuk segi dan beraturan. Bangun prisma memiliki sisi-sisi yang berbeda-beda, yaitu alas, selimut ataupun sisi-sisi lainnya. Bangun prisma bisa dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu prisma segitiga, prisma segiempat dan prisma segilima.

Perhitungan Luas Permukaan Bangun Prisma

Untuk menghitung luas permukaan bangun prisma di samping, Anda perlu mengetahui dulu luas alas, luas selimut dan luas sisi-sisi. Luas alas prisma adalah luas seluruh dari alas prisma. Luas selimut adalah jumlah dari luas sisi-sisi yang terdapat di selimut. Luas sisi-sisi adalah luas dari sisi-sisi yang terdapat di selimut.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Rumus luas permukaan prisma adalah : L = 2 x (LA + LS) Dimana : L = Luas Permukaan LA = Luas Alas LS = Luas Selimut

Contoh Soal

Sebagai contoh, Anda ingin menghitung luas permukaan prisma segitiga yang memiliki alas berbentuk segitiga dengan alas 10 cm dan tinggi alas 8 cm. Sisi-sisi adalah 6 cm dan tinggi selimut 12 cm. Maka : LA = ½ x 10 x 8 = 40 cm LS = 6 x 12 = 72 cm L = 2 x (40 + 72) = 184 cm Jadi, luas permukaan prisma segitiga adalah 184 cm.

Kesimpulan

Luas permukaan bangun prisma di samping adalah jumlah dari luas alas, luas selimut dan luas sisi-sisi. Rumus luas permukaan prisma adalah L = 2 x (LA + LS). Dengan mengetahui luas alas, luas selimut dan luas sisi-sisi dari suatu bangun prisma, maka kita dapat menghitung luas permukaan prisma dengan menggunakan rumus tersebut. Berapa Luas Permukaan Bangun Prisma Di Samping adalah pertanyaan yang sering ditanyakan. Dengan mengetahui cara menghitung luas permukaan bangun prisma di samping, kita akan lebih mudah memahami bangun ruang tersebut.

You May Also Like