Penyebab Baterai HP Bocor yang Harus Diwaspadai
Sumber Foto: www.canva.com

Penyebab Baterai HP Bocor yang Harus Diwaspadai

detribpas.com – Baterai HP bocor menjadi salah satu masalah riskan yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, salah satu bagian ponsel yang lekas rusak adalah bagian baterainya. Kerusakan yang dialami bagian baterai juga beragam.

Kerusakan yang menimpa bagian baterai bisa seperti tidak bisa menyimpan daya serta baterai bocor. Jika dulu ponsel yang digunakan bukanlah baterai tanam, mungkin akan lebih mudah karena kita bisa mengganti baterai tersebut kapan saja.

Namun, sekarang ponsel yang digunakan adalah baterai tanam, sehingga ketika sudah mengalami kebocoran akan semakin sulit. sebenarnya, penyebab bocornya baterai disebabkan karena kebiasaan yang kita lakukan.

Berbagai Kebiasaan Penyebab Baterai HP Bocor

Agar baterai bisa dirawat dengan baik serta terhindar dari kebocoran baterai, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. Berikut kebiasaan yang menjadi akar masalah baterai bocor, seperti:

Penyebab Baterai HP Bocor yang Harus Diwaspadai
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Menggunakan handphone sembari di charge

Kebiasaan menggunakan handphone sembari digunakan memang menjadi hal yang terjadi begitu saja. contohnya saja ketika sedang mengisi ulang daya, Anda menggunakannya untuk menjelajah media sosial atau website.

BACA JUGA:  Kartu Provider Tidak Terbaca, ini Solusi Mengatasinya

Akan lebih baik, mulai dari sekarang berhenti melakukan hal tersebut, hindari mengisi daya sembari menggunakan handphone, karena hal ini menjadi salah satu penyebab bocornya baterai sehingga kualitas penyimpanan daya akan semakin berkurang.

Jika Anda tidak ingin daya tahan baterai berkurang beberapa jam, hindari penyebab baterai HP bocor ini. Lebih baik Anda mengisi daya dengan keadaan handphone mati, sehingga daya yang diisikan bisa diserap tanpa dikuras.

  1. Berhenti charge ketika daya belum penuh

Kebiasaan berhenti mencharge ketika daya belum penuh menjadi salah satu kebiasaan buruk yang kita lakukan. Biasanya kebiasaan ini dilakukan saat sedang terburu-buru atau berpergian.

Handphone yang berada dalam tahap pengisian namun sudah dicabut, nantinya efek buruknya memang tidak langsung terasa, tetapi jika dilakukan hingga berulang kali, tentu saja bisa menyebabkan kebocoran baterai.

Biasanya, masalah baterai HP bocor ini terjadi pada ponsel yang mempergunakan baterai Li-Ion. Baterai ini mempunyai umur berdasarkan hitung isi ulang yang telah dilakukan oleh pengguna. Sehingga semakin diisi ulang, umur akan berkurang.

  1. Menggunakan handphone ketika terlalu panas

Suhu handphone yang sangat panas memiliki potensi menjadi akar penyebab dari bocornya baterai. Contohnya ketika handphone terus menerus terkena sinar matahari terik.

BACA JUGA:  Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya

Masalah baterai HP bocor juga bisa disebabkan karena menjalankan game secara terus menerus. Solusi dari masalah ini ialah istirahatkan handphone Anda, seperti mengurangi penggunaan di luar serta memberi jeda lama saat memainkan game berat.

Penyebab Baterai HP Bocor yang Harus Diwaspadai
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Charge handphone saat kondisi sudah lemah

Seperti ketika melepas charge ketika belum penuh, baterai HP bocor juga bisa disebabkan karena charge handphone ketika berada dalam kondisi yang masih cukup penuh.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda melakukan isi ulang baterai ketika dalam kondisi yang lemah.

Contohnya saja Anda menghubungkan ponsel ke daya baterai ketika dalam kondisi baterai 10% atau 15% sehingga nantinya tidak akan mengurangi usia baterai sebelumnya.

  1. Sembarangan menggunakan charger

Masalah baterai HP bocor memang menjadi hal yang rumit. Bahkan, ketika sembarangan menggunakan charger, hal ini juga bisa menjadi akar masalahnya.

Oleh sebab itu perhatikan dengan baik apa charger yang Anda gunakan. Anda juga harus mengetahui berapa keluaran daya yang berada di charger.

BACA JUGA:  Smartphone Xiaomi Poco X3 Pro Terbukti Gacor untuk Gaming

Apakah keluaran daya yang berasal dari charger sudah tepat untuk mengisi daya. Bila daya tidak sesuai, hal ini dapat menyebabkan kebocoran baterai.

Pastikan Anda menggunakan charger resmi agar bisa menjaga baterai tidak mengalami kerusakan. Lebih-lebih sekarang ini tidak sedikit perusahaan aksesoris yang memiliki ijin membuat charger dari perusahaan ponsel.

  1. Tidak pernah mematikan handphone

Layaknya manusia, ponsel juga memerlukan istirahat. Mematikan ponsel secara berkala bisa menjadi solusinya. Bila ponsel digunakan secara terus menerus, baterai akan terasa panas.

Tentu saja hal ini tidak baik untuk baterai tersebut bahkan bukan hanya baterai namun juga berbagai macam komponen yang ada di dalam ponsel.

Oleh sebab itu ketika Anda sedang tidak menggunakannya contohnya ketika tidur, akan lebih baik mematikan ponsel sehingga nantinya kinerja baterai menjadi terus stabil.

Adanya masalah kebocoran baterai memang tidak disebabkan karena sekali penggunaan yang keliru, namun disebabkan karena penggunaan yang keliru dilakukan secara terus menerus. Oleh sebab itu hindari kebiasaan buruk di atas untuk menghindari penyebab baterai HP bocor. (Red-detribpas.com)