Bentuk Muka Bumi Australia

Rempah rempah Sangat Dibutuhkan Oleh Orang orang Eropa Karena

Australia adalah sebuah negara di benua Australia yang luas dan menakjubkan. Negara ini memiliki keunikan geografis yang khas dan menarik. Bentuk muka bumi Australia unik dan berbeda dengan negara lain di dunia. Negara ini terdiri dari enam belas negara bagian yang dipisahkan oleh wilayah teritorial. Secara keseluruhan, Australia memiliki julukan “The Land Down Under” (Tanah di Bawah). Negara ini juga terkenal dengan iklimnya yang panas dan kering.

Kontur Geografis Australia

Kontur geografis Australia didominasi oleh dataran tinggi yang dikenal sebagai Great Dividing Range. Ini adalah sistem pegunungan yang mengikuti garis bujur yang mengelilingi sebagian besar Australia. Pegunungan ini mencakup sebagian besar selatan dan barat daya negara ini. Selain itu, Australia juga memiliki banyak bukit dan dataran rendah di sepanjang pantai timur dan selatan. Salah satu dataran rendah terbesar di Australia adalah Carpentarian Plain.

Laut di Australia

Australia tidak hanya dikelilingi oleh lautan, tetapi juga memiliki banyak kawasan pantai yang indah. Lautan yang mengelilingi Australia adalah Laut Timor di timur, Laut Arafura di utara, Laut Australia di selatan, dan Laut Tasman di barat. Selain itu, Australia juga terkenal dengan Great Barrier Reef, yang merupakan salah satu kawasan terluas dan terbaik untuk diving dan snorkeling di dunia.

Negara ini juga memiliki banyak danau, laut kecil, dan sungai yang mengalir dari pegunungan ke laut. Danau terbesar di Australia adalah Lake Eyre, yang berada di pantai selatan. Sungai terpanjang di Australia adalah Murray-Darling, yang mengalir melalui kawasan pertanian di sepanjang pantai utara.

Australia adalah sebuah negara yang luas dan memiliki banyak keunikan geografis. Bentuk muka bumi Australia unik dan berbeda dengan bentuk muka bumi negara lain di dunia. Negara ini terdiri dari enam belas negara bagian yang dipisahkan oleh wilayah teritorial, dan juga memiliki banyak laut, danau, dan sungai. Negara ini juga terkenal dengan iklimnya yang panas dan kering, serta Great Barrier Reef yang merupakan salah satu kawasan terluas dan terbaik untuk diving dan snorkeling di dunia. Sebagian besar dataran tinggi di Australia didominasi oleh Great Dividing Range, dan bagian lainnya terdiri dari bukit dan dataran rendah yang mengelilingi pantai timur dan selatan.

You May Also Like