5 Jenis Knalpot Motor Racing Paling Sangar

5 Jenis Knalpot Motor Racing Paling Sangar

detribpas.com – Bagi Anda pecinta otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis knalpot motor racing. Knalpot ini memang berbeda dari knalpot standar, tampilannya lebih maskulin dan suaranya lebih sangar.

Secara umum sparepart utama dari motor ini memiliki fungsi sebagai pembuangan gas sisa pembakaran. Selain itu, beberapa tipe knalpot juga memiliki fungsi untuk meredam suara pada saat proses pembakaran.

Yang tidak kalah penting adalah fungsi knalpot bisa untuk menambah tenaga kendaraan. Khususnya pada jenis knalpot motor racing yang memiliki peran besar dalam meningkatkan kecepatan sepeda motor.

Hal ini dikarenakan dengan knalpot racing, gaya balik yang dimiliki oleh motor lebih besar. Dengan demikian akan munculnya dorongan laju yang lebih maksimal. Fungsi ini kurang maksimal pada knalpot standar.

Sebab, knalpot tersebut sudah didesain khusus untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan jenis knalpot motor racing memang diperuntukkan untuk balapan dan memerlukan power lebih kuat.

Mungkin banyak di antara Anda yang sedang mencari knalpot terbaik untuk motor racing. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasinya khusus untuk Anda.

Karakteristik Jenis Knalpot Motor Racing

5 Jenis Knalpot Motor Racing Paling Sangar
Sumber Foto: www.r9exhaust.com

Sebelum memberikan rekomendasi knalpot untuk motor racing, kami akan membahas dulu karakteristik yang dimiliki oleh sparepart satu ini. Pertama adalah dari segi ukuran, knalpot ini memiliki ukuran khusus.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Sport, Terbaik dan Paling Irit

Artinya adalah ukurannya dibuat berdasarkan kebutuhan performa yang dihasilkan. Sebab, ukuran knalpot dapat mempengaruhi kecepatan dan tingkat kebisingannya. Diameternya juga bisa dirancang sesuai keinginan.

Pengaruhnya terhadap jenis knalpot motor racing tersebut adalah suara yang dihasilkan bisa diatur tetap enak tapi lebih sangar. Struktur knalpot untuk motor racing dibuat menggunakan header dari material galvanis atau pipa.

Bagian penting dari sepeda motor ini juga tidak memiliki komponen glasswool yang berguna menyaring suara. Hal ini juga yang menjadi penyebab motor ini memiliki suara nyaring.

Karakter berikutnya dari knalpot racing ini adalah terkait penggunaan bahan bakar. Biasanya, bahan bakar untuk saluran pembuangan yang sudah dimodifikasi jauh lebih boros.

Tapi dengan modifikasi tertentu, justru bisa membuat jenis knalpot motor racing jauh lebih hemat bahan bakar. Asalkan teknisi atau desainer komponen tersebut mau menyetel ulang semuanya.

BACA JUGA:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

Dengan memodifikasi knalpot untuk racing, ternyata bisa menjadikan performa motor tersebut jauh lebih nyaman dikendarai. Asalkan Anda memilih desain dan jenis yang cocok dengan motornya.

Namun, knalpot jenis ini akan mengganggu pengguna jalan lain dan menyebabkan polusi udara lebih tinggi. Jadi, pikirkan baik-baik jika Anda ingin menggunakannya.

5 Jenis Knalpot Motor Racing Terbaik

Setelah mengetahui karakteristik knalpot racing, Anda pasti makin penasaran apa saja rekomendasinya. Dari banyaknya jenis knalpot untuk motor racing, ternyata ada 5 yang paling kami rekomendasikan. Simak selengkapnya berikut ini:

5 Jenis Knalpot Motor Racing Paling Sangar
Sumber Foto: www.yoshimura.com
  1. Yoshimura

Rekomendasi pertama jatuh kepada Yoshimura knalpot untuk racing. Tampilannya sangat sporty dan menarik, bahkan terlihat mewah. Material yang digunakan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Sebab, Yoshimura selalu memberikan material yang sangat berkualitas. Meski sekilas terlihat sederhana dan mirip knalpon standar, tapi jangan salah. Sebab, suara dari knalpot besutan Yoshimura ini memiliki suara menggelegar.

  1. Akrapovic

Jenis knalpot motor racing berikutnya adalah Akrapovic yang memiliki suara sangar dan bisa meningkatkan performa sepeda motor. Kualitasnya yang tidak main-main, membuat brand ini banyak digunakan oleh pembalap kelas dunia.

Misalnya saja Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Untuk memperoleh knalpot jenis ini, Anda perlu merogoh kocek yang cukup besar. Tapi, hal tersebut akan terbayar dengan performa yang dihasilkan.

  1. Knalpot Racing R9

R9 merupakan knalpot racing lokal dengan kualitas yang tidak kalah dari jenis sebelumnya. Material yang digunakan untuk menciptakan R9 juga sangat kuat. Material tersebut terdiri titanium, carbon, atau serta baja anti karat.

BACA JUGA:  Perbedaan Gear Besar dan Kecil Digunakan Pada Motor

Suaranya yang khas dan menggelegar, menjadi salah satu keunggulan tersendiri untuk jenis knalpot motor racing. Dari segi performa dan ketahanan, brand ini menjamin akan lebih spesial.

  1. AHRS

AHRS merupakan knalpot racing lokal asli Indonesia. Dalam penjualannya, jenis yang paling laris adalah rangkaian AHRS F3 dan F4. Performa yang dihasilkan sangat mumpuni dan terlihat sangar di jalanan

  1. DBS

Bagi Anda yang sedang mencari knalpot sangar tapi masih terlihat indah, maka pilihan utamanya adalah DBS. Produk asal thailand ni memiliki tampilan unik, dentum suara lebih nyaring, dan pastinya bisa meningkatkan performa motor.

Secara umum knalpot dibagi dua antara standar dan modifikasi, misalnya adalah pada motor racing. Jenis knalpot motor racing memiliki performa lebih baik dan suara lebih nyaring. (Red-detribpas.com)