Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

detribpas.com – Mengenal penyebab mesin kendaraan cepat rusak termasuk wajib bagi setiap orang di Indonesia. Terlebih yang dalam kehidupan sehari-hari memakainya. Apalagi penggunaan kendaraan ini di negeri kita tergolong cukup tinggi.

Alasan utamanya mungkin karena iklim cenderung cukup panas dan kadang terik. Jadi, saat bepergian lebih suka menggunakan kendaraan yang tertutup. Termasuk dapat menyalakan AC atau pendingin dari dalam mobil.

Meski sudah Anda rawat serta service cukup sering, tidak menutup bisa kemungkinan tetap mengalami kerusakan. Terlebih karena penggunaan cukup sering. Termasuk jika dipakai pada aktivitas atau medan cukup berat.

Tapi perlu diketahui masalah yang muncul bisa lebih banyak dan terbilang mengkhawatirkan. Tidak lain karena belum tentu sudah dipahami betul oleh pemilik. Anda wajib memahaminya dulu supaya kerusakan tidak memperburuk.

Sebab Utama Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Langkah Mengatasi

Kalau membahas mengenai alasan mesin motor atau mobil Anda yang rusak, cenderung masih masalah biasa. Tapi tidak menutup kemungkinan ada keadaan cukup kompleks. Terutama dengan langkah mengatasi yang lebih sulit.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Motor Bebek Terkencang di Kelasnya

Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

  1. Sulit Menyala Saat Dingin

Masalah pertama penyebab mesin kendaraan cepat rusak adalah sulit menyala saat dingin. Mungkin sering terjadi saat pagi hari karena suhu menurun drastis. Wajar karena aliran listrik tidak masuk ke aki.

Tapi bisa juga disebabkan karena areal kotor sampai jarak busi menjauh. Masalah seperti ini mudah diatasi sendiri asalkan memiliki kunci. Selain itu biasakan supaya tidak terlalu memaksakan menyalakan secara kasar.

  1. Hidup Mati

Mesin hidup mati tanpa terduga menjadi alasan lain yang cukup menyebalkan. Terutama saat menuju ke suatu tempat tapi malahan mogok. Umum terjadi karena kerusakan dalam alternator, aki maupun kabel terminal.

Tentu dapat menyebabkan mesin kendaraan cepat rusak karena adanya hambatan listrik. Kalau terus mengalami hidup dan mati, artinya komponen mulai tidak beres. Tidak heran jika perlu mengecek kelistrikan dalam mesin.

  1. Mesin Terus Melemah

Mesin terus melemah sebenarnya merupakan pertanda paling jelas kalau kendaraan sudah memburuk kondisinya. Terutama karena komponen dipastikan rusak dan harus diganti. Misalnya pada bagian timing belt, regulator sampai filter.

BACA JUGA:  5 Tanda Kendaraan Perlu Diservice Harus Anda Pahami

Selain itu masalah ini sebenarnya tergolong cukup buruk dan membutuhkan tenaga ahli. Tidak heran mendatangi bengkel merupakan keputusan tepat. Terutama untuk melihat analisa terbaru pada kondisi kendaraan Anda.

  1. Lampu Indikator Menyala Terus

Kalau beragam masalah sebelumnya tidak diperbaiki, ada kemungkinan memunculkan mesin kendaraan cepat rusak lainnya. Misalnya bagian lampu indikator menyala tanpa henti. Padahal sudah kita matikan dengan benar.

Khusus untuk masalah ini, umum terjadi karena oli yang dipakai kurang cocok dengan kendaraan. Jadi, pastikan selalu memakai oli rekomendasi dari pabrikan. Termasuk menghindari sering berganti oli kurang tepat.

  1. AC Kurang Maksimal

AC kurang maksimal juga menjadi masalah selanjutnya yang harus dihadapi. Hal ini bisa disebabkan karena dari awal AC sudah tidak normal. Tapi bisa juga disebabkan karena pemakaian Anda terbilang berlebihan.

Tentu dapat membuat mesin kendaraan cepat rusak karena artinya ada sistem kurang benar. Misalnya disebabkan karena kondensor atau evaporator rusak. Tidak menutup kemungkinan juga katup valve Anda sudah tidak normal.

Untuk mengatasinya, bisa dengan cara lebih sering membersihkan kotoran. Terutama pada bagian filter kabin yang seringkali terdapat partikel debu. Setidaknya perlu dilakukan 6 bulan sekali supaya tidak merusak AC.

BACA JUGA:  Mobil Anti Maling dengan Sistem Keamanan Canggih Terbaru

Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

  1. Terlalu Berisik

Alasan selanjutnya mesin mobil Anda cepat mengalami kerusakan yakni mengeluarkan bunyi terlalu berisik. Pada dasarnya mesin mengeluarkan bunyi adalah normal. Apalagi menjadi tanda kalau sistemnya sudah berjalan.

Tapi seringkali bunyi yang dikeluarkan sangat keras sehingga cukup mengganggu. Umumnya suara berisik disebabkan karena oli sudah aus. Maka dari itu mengatasinya dengan cara menghindari panas dan mengganti oli.

  1. Tersendat Saat Dinyalakan

Tersendat saat dinyalakan menjadi penyebab lain mesin kendaraan cepat rusak. Wajar terjadi terutama saat menginjak gas sehingga tidak nyaman. Umumnya banyak terjadi pada mobil yang berumur 5 tahun ke atas.

Tapi tidak menutup kemungkinan kendaraan baru mengalami masalah tersendat. Misalnya karena bagian busi berkarat dan muncul banyak kotoran. Begitu juga ada bagian mampet sampai injektor mobilnya mulai mengalami kerusakan.

Bila Anda memiliki motor atau mobil yang sangat cepat mengalami kerusakan, artinya service dibutuhkan. Termasuk dalam jangka waktu yang lebih cepat. Terlebih jika penggunaan kendaraan tersebut bisa dibilang cukup banyak.

Ditambah lagi cara mencegah tidak kalah penting dibanding melakukan perbaikan. Terlebih tidak menutup kemungkinan service mengeluarkan banyak biaya. Lebih bagus tahu masalah mesin kendaraan cepat rusak dan pencegahannya. (Red-detribpas.com)