Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

detribpas.com – Belajar beragam trik modifikasi motor bekas telah dipahami banyak pemuda saat ini. Terutama yang memiliki passion atau hobi berkaitan dengan motor. Mereka ingin memiliki kendaraan roda dua dengan tampilan keren.

Apalagi meski bukan baru, tapi visualnya bisa lebih menawan dibanding new item. Tapi sebenarnya banyak persiapan perlu Anda perhatikan disini. Tentunya mengenai seperti apa poin atau rencana menjalankan modifikasi.

Pada umumnya orang pemula sangat kebingungan mengenai langkah awal yang dilakukan. Termasuk apa saja peralatan dan sparepart paling penting disini. Begitu juga mengenai finishing agar tampilannya kelihatan tidak norak.

Terlebih meski melalui modifikasi, tapi penampilannya perlu menghindari rasa berlebihan. Tentu supaya jika dilihat orang lain tetap menarik. Selain itu penting juga memperhatikan mengenai keamanan setelah Anda modif.

Tips Modifikasi Motor Bekas dengan Hasil Bagus

Bagi antara pemula maupun berpengalaman, tidak bisa melakukan modif tanpa rencana. Terutama supaya tidak mengganggu mesin ataupun cara penggunaan. Terlebih jika masih ingin dipakai lagi dalam kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA:  Tips Modifikasi Mobil Pemula agar Terlihat Semakin Keren

Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

  1. Ganti Velg

Untuk trik modifikasi motor bekas pertama adalah dengan mengganti bagian velg. Bisa dibilang velg termasuk bagian paling menarik perhatian dari motor. Apalagi dengan variasi warna maupun cat yang lebih menarik.

Meski begitu Anda tetap diwajibkan menggunakan tampilan dan ukuran sesuai hukum. Terutama supaya tidak hanya bagus saja tampilan velg tersebut. Melainkan tidak melanggar aturan kepolisian sehingga tetap aman.

  1. Instal Wind Shield

Anda juga dapat instal wind shield pada bagian depan kendaraan roda dua. Umumnya dipakai oleh Anda yang tidak ingin terkena angin. Apalagi jika sering berkendara pada tempat atau medan berangin.

Sekedar trik modifikasi motor bekas, pastikan sesuai dengan jenis kendaraan. Misalnya memakai model retro untuk scooter atau vespa. Kalau jenis lainnya dapat disesuaikan lagi tergantung dengan motor tersebut.

Sekarang model wind shield sudah beragam sehingga perlu diperhatikan dulu modelnya. Termasuk mengenai bentuk dan warna dari shield yang dipakai. Apalagi sering mempengaruhi harga dan biaya yang perlu dikeluarkan.

  1. Copot Lampu Standar

Mencopot lampu standar bisa menjadi pilihan modifikasi menarik lainnya untuk Anda. Terutama karena lampu standar kadang kurang bagus cahayanya. Apalagi jika sudah terlalu tua, maka tidak mampu menerangi dengan baik.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable

Disini Anda tidak perlu menggunakan lampu standar lagi. Melainkan dapat mencoba mencari tipe lebih cantik dengan warna berbeda. Tentu masih sesuai dengan standar polisi lalu lintas tapi variasinya lebih baik.

  1. Ganti Rem

Trik modifikasi motor bekas lainnya keamanan pada kendaraan. Namanya saja bekas pasti salah satu bagian seperti rem kurang bagus. Inilah waktu tepat untuk Anda mulai mengganti rem supaya lebih aman.

Pergantingan rem sendiri bisa dilakukan menggunakan sparepart berkualitas tinggi. Hal ini perlu dilakukan supaya mendapatkan rem paling kuat atau pakem. Tentunya tidak boleh mengambil risiko dengan sparepart murah.

  1. Body Painting

Selanjutnya Anda juga boleh melakukan body painting pada kendaraan roda tua. Tapi harus diketahui wajib sama dengan warna dasar pada surat-surat. Terutama supaya saat ada pemeriksaan, dapat dibuktikan kepemilikannya.

Selain itu untuk trik modifikasi motor bekas dengan body painting, pastikan dilakukan dengan alat profesional. Tujuannya supaya cat tidak menuju bagian lain. Tentu tidak boleh terlihat berantakan sehingga hasilnya bagus.

Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

  1. Pasang Stiker

Bila tidak ingin body painting, bisa mencoba cara terbaik seperti pasang stiker. Disini bisa dibilang lebih murah dan bisa dilakukan siapa saja. Bahkan bisa custom desain langsung pada percetakan lokal.

BACA JUGA:  Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

Tapi jika tertarik memakai stiker, pastikan kuat saat menempel dan tahan air. Termasuk tahan dengan sinar matahari supaya warnanya tidak cepat menghilang. Kalau perlu beli stiker dengan kualitas paling bagus.

  1. Ganti Desain Jok

Trik modifikasi motor bekas terakhir adalah mengganti desain jok. Pada dasarnya untuk bawaan pabrikan hanya berwarna hitam polos tanpa desain apapun. Tentu bisa kita ubah dengan tambahan warna atau karakter.

Ditambah lagi mengubah jok motor tergolong sebagai salah satu cara modif termurah. Meski begitu bisa menambahkan warna dan karakter favorit. Termasuk jika ingin tema jok dengan kendaraannya menjadi lebih menyatu.

Bisa dibilang sekarang orang lebih suka melakukan modifikasi kendaraan roda dua karena murah. Apalagi dibandingkan sparepart mobil atau lainnya. Pasti bisa membuat custom dan berkreasi sesuai preferensi tampilan motor.

Selain itu dengan memperbaiki menjadi tampilan lebih baru, nilai jualnya bisa tinggi. Terlebih jika sampai ikut turnamen atau kejuaraan modif. Jadi, selain trik modifikasi motor bekas dapat mempercantik, harganya meningkat. (Red-detribpas.com)