Mengenal Masalah Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Mengenal Masalah Motor Matic dan Cara Mengatasinya

detribpas.com – Meski mengetahui jika masalah motor matic cukup banyak, nyatanya jumlah peminat tetap tinggi. Apalagi melihat bagaimana sistem dan cara pemakaian. Semua orang bisa cepat belajar menggunakan meski dalam hitungan hari.

Bahkan pengguna yang sebelumnya tidak punya pengalaman berkendara bisa cepat paham. Belum lagi penampilannya cukup keren dan modern. Tidak heran baik golongan muda maupun para remaja sekalipun mau menggunakannya.

Kelebihan lainnya yaitu memiliki tingkat keamanan cukup tinggi. Ditambah lagi cukup kecil sehingga ringan dan tidak menyulitkan saat dibawa. Begitu juga mengenai harga yang terbilang masih cukup murah bagi pembelinya.

Meski dilengkapi dengan kelebihan menawan, nyatanya jenis matic terdapat beberapa penyakit. Masalah tersebut umumnya bersifat musiman sehingga harus diketahui. Termasuk untuk mencoba mencegah maupun mengatasi dengan segera.

Beragam Masalah Motor Matic dan Langkah Mengatasinya

Sebagai pengguna kendaraan roda dua jenis matic, sama hanya dengan tipe lain. Perlu paham langkah merawat dan pencegahan masalah pengganggu kerja motor. Apalagi panduan mengatasi bahkan dapat dilakukan orang awam.

BACA JUGA:  Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

Mengenal Masalah Motor Matic dan Cara Mengatasinya

  1. Gas Memberat

Masalah motor matic pertama adalah rasa tarikan gas semakin memberat. Harus diketahui kemampuan kendaraan matic setidaknya 80% terpengaruhi oleh gas. Jadi, kalau gas tersebut tidak bekerja maksimal, artinya buruk.

Ada kemungkinan bagian seperti filter mesin sudah mengalami penumpukan debu atau kotoran. Sangat berbahaya karena bisa saja menuju ke ruang pembakaran. Tidak heran saat Anda tarik, maka kekuatannya sangat lemah.

Mengatasi masalah ini juga cukup mudah karena hanya perlu membersihkan filter tersebut. Sekarang sudah ada jenis filter basah sehingga pembersihannya lebih sederhana. Termasuk tidak perlu diganti apabila rusak.

  1. Mati Mendadak

Sekarang masalah motor matic seperti mati mendadak tergolong cukup mengganggu pengguna. Umumnya dapat terjadi karena klep terlalu rapat. Tidak heran jika kemudian cepat overheating dan akselerasinya berkurang.

Bila sering mati, dapat diatasi dengan cara mencoba setting baru. Tidak lain untuk mencari bagian klep agar diatur seperti pertama kali dibeli. Apalagi mungkin setting yang dilakukan sebelumnya kurang tepat.

  1. Mesin Memanas Tanpa Sebab

Mesin memanas tanpa sebab umumnya banyak terjadi dan mengganggu penggunaan motor. Penyebabnya sendiri sebenarnya sederhana yaitu karena sudah overheat atau kepanasan. Tidak lain karena sirkulasi olinya ternyata terhambat.

BACA JUGA:  3 Alasan Harus Beli Motor Bebek untuk Keperluan Sehari-hari

Bila ada hambatan oli, ring piston kemudian dapat mengering. Tidak heran jika mesin mati akan menjadi kondisi selanjutnya yang terjadi. Untuk mencegahnya, bisa dilakukan dengan cara mematikan motor agar dingin.

  1. Gas Tersendat

Selain mati sendiri, masalah motor matic terburuk lainnya adalah gas tersendat. Hal ini sebenarnya lebih banyak disebabkan karena pemakaian terlalu banyak. Meski tidak langsung tersendat, bisa terasa kurang mulus.

Gas tersendat juga dapat disebabkan karena adanya sumbatan dalam sirkulasi udara. Kurang bisa mengalir dengan baik ditambah ventilator memburuk. Mengatasinya sangat sederhana, yakni membersihkan kotoran dengan udara bertekanan tinggi.

Mengenal Masalah Motor Matic dan Cara Mengatasinya

  1. Rem Kurang Cakram

Selanjutnya ada masalah rem kurang cakram sehingga kurang aman. Terlebih karena tidak mau mencengkeram bagian rem dengan baik. Wajar saja karena rem salah satu sparepart motor yang paling banyak dipakai.

Sebelum mengatasi masalah motor matic ini, pastikan mengetahui saat kanvas rem mulai menipis. Tentu wajib diganti sebelum kondisinya rusak total. Kemudian dapat diganti dengan resmi baru supaya lebih cakram fungsinya.

  1. Kehabisan Air Aki

Kehabisan air aki telah lama menjadi kekesalan bagi sebagian besar pemilik motor. Terutama karena aki dibutuhkan pada banyak bagian atau sistem kendaraan. Jadi, pastikan mengecek kondisi aki kendaraan secara rutin.

BACA JUGA:  Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

Tentu dengan tujuan agar tidak motor dan bagian lampu bisa menyala. Termasuk supaya tidak kehabisan karena aki tersebut bisa mengalami soak. Kalau akinya sudah rusak, maka kemungkinan harus diganti mahal.

  1. Tombol Rusak

Terakhir ada masalah motor matic tombol mengalami kerusakan. Pada dasarnya setiap tombol bagian setir sering ada gangguan. Apalagi jika sudah lama dipakai serta sering Anda tekan atau digunakan terlalu keras.

Hal ini sama halnya apabila dari awalnya terdapat kondisi kurang normal. Misalnya saat ditekan tidak mau menyala atau kembali menuju posisi awal. Dalam mengatasinya, hanya perlu mengganti di bengkel terdekat.

Bila Anda tidak mampu melihat kerusakan atau masalah lebih detail, jangan disimpan sendiri. Melainkan perlu melaksanakan service secepatnya. Apalagi tidak boleh menunggu kerusakan lebih parah karena perbaikannya mahal.

Terlebih jika sampai menyerang bagian atau sparepart paling penting. Untuk sekedar pencegahan, Anda dapat memakai cara mengatasi yang sudah dijelaskan. Tentu supaya masalah motor matic tidak terlanjur memburuk. (Red-detribpas.com)