Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

detribpas.com – Fakta unik pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia sangatlah beragam, hal ini yang menjadikan semakin dikenal Dunia. Eksistensi keunikannya bukan hanya soal olahraga, namun terdapat juga seni dan budaya.

Menggali fakta unik pencak silat menjadi salah satu cara orang untuk berkenalan dengan seni bela diri satu ini. Sebab dengan cara tersebut, mengetahui dan mengenal berbagai hal mengenai olahraga ini akan lebih mudah.

Dalam satu dekade terakhir, pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang membuat dunia penasaran. Bukan hanya asalnya, tapi karena teknik dan bagaimana melakukannya.

Seni bela diri yang dikenal luas di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand ini memang mengundang rasa penasaran sebab berbeda dengan olahraga-olahraga lainnya.

Sebagai salah satu warga di negara asal pencak silat, Anda juga perlu memiliki pengetahuan akan olahraga satu ini. Berikut kami hadirkan sejarah dan fakta-fakta menarik seputar pencak silat.

Kemunculan Bela Diri Pencak Silat Indonesia

Fitrah lahir manusia memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan melindungi dirinya, baik dari alam sekitar maupun musuhnya. Salah satu fakta unik pencak silat adalah menjadi cara pembelaan diri sebagai pelindung dan pertahanan manusia serta kelompoknya dari alam.

BACA JUGA:  3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Jika diteliti lebih jelas, memang tidak memiliki tahun pasti kapan diciptakan dan dari daerah mana asalnya. Namun, diperkirakan sudah ada sejak awal-awal kehidupan suku-suku di Indonesia.

Jadi, asal muasal dari kemunculan seni bela diri karena manusia ingin beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan cara menciptakan berbagai gerakan perlindungan dari meniru gerakan-gerakan yang dilakukan hewan.

Fakta unik pencak silat dilihat dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu menggunakan perisai, tombak, dan parang. Sebagai contoh tradisi suku-suku pedalaman Indonesia seperti Nias, Dayak, dan lainnya.

Diperkirakan mulai berkembang dan menyebar bela diri ini di tanah air pada abad ke-7 masehi. Hal ini dilihat dari kerajaan-kerajaan besar seperti Sriwijaya dan Majapahit yang memiliki pendekar-pendekar ahli bela diri hebat sehingga dapat membentuk tentara tangguh.

Kemampuan bela diri yang hebat inilah membentuk sebuah kekuatan militer tangguh dan menjadikan kerajaan-kerajaan tersebut dapat menjadi kuat serta berkuasa di tanah air. Bukan hanya olah tubuh saja, tapi juga kemampuan menggunakan senjata dan kekuatan spiritual.

Fakta Unik Pencak Silat yang Mendunia

Meskipun belum diketahui dengan benar asal muasal kehadiran pencak silat dalam masyarakat Indonesia. Namun, kehadirannya memang sangat mempengaruhi perkembangan masyarakat di seluruh wilayah nusantara.

Bahkan saat ini telah menjadi salah satu olahraga bela diri yang mendunia. Olahraga ini mulai dikenal dunia setelah para ahli bela diri ini mendapat sorotan internasional, seperti Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan lainnya.

Meskipun dulunya dianggap olahraga kampung dan kurang populer, tapi sekarang makin banyak yang penasaran. Untuk lebih mengenal seni bela diri ini, berikut fakta unik pencak silat yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA:  Olahraga Bersama Keluarga yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

Fakta Unik Pencak Silat yang Makin Dikenal Dunia

  1. Asian Games 2018 Menjadi Debut Pertama

Tahun 2018 menjadi tonggak sejarah, sebab pada tahun tersebut pertama kali dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga di ajang olahraga bergengsi Asia, yaitu Asian Games.

Pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia tersebut, pencak silat menjadi cabang olahraga baru berkat hak khusus Indonesia sebagai tuan rumah. Hasilnya, Indonesia meraih banyak mendali dari cabang olahraga tersebut.

  1. Telah Diakui UNESCO

Fakta unik pencak silat berikutnya adalah keberadaannya telah diakui dunia. Lewat Organisasi Pendidikan dan Kebudayaan PBB (UNESCO), seni bela diri tersebut telah dijadikan sebagai warisan budaya tidak benda khas Indonesia.

Lewat sidang Komite UNESCO pada 9-14 Desember 2019 ditetapkan bahwa pencak silat merupakan identitas dan pemersatu bangsa Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resminya

Sebenarnya, seni bela diri ini bukan hanya berkembang di Indonesia, tapi juga beberapa negara tetangga. Namun, cabang olahraga (cabor) ini telah resmi menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya.

Istilah seperti “pukul”, “tendang”, “gunting”, dan lainnya merupakan istilah resmi serta tidak diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Jadi, kalau mau mempelajarinya tidak perlu repot memahami istilah bahasa asing.

  1. Pencak Silat Merupakan Seni

Salah satu fakta unik pencak silat adalah merupakan seni, sebab gerakan-gerakannya apabila dilihat sekilas memang terlihat seperti gerakan tarian. Bahkan saat dipertandingkan ada dua kategori, yaitu seni dan tarung.

  1. Merupakan Cabor yang Adil

Dalam pertandingan resmi selalu diutamakan keadilan, di mana setiap atlet tidak boleh menyerang wajah maupun kelamin lawannya. Hanya tendangan atau pukulan pada bagian tubuh lainnya dianggap sebagai poin.

BACA JUGA:  Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

Selain itu, atlet yang bertanding memiliki berat minimal dan maksimal sehingga benar-benar adil untuk kedua belah pihak. Minimal berat adalah 45 kg dan maksimal 95 kg, berlaku untuk pria maupun wanita.

Pencak Silat Indonesia di Mata Dunia

Melihat fakta unik pencak silat yang semakin dikenal dunia menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Saat ini dunia telah mengenal dan menghargai kebudayaan tersebut sebagai seni bela diri dari Indonesia.

Dalam perkembangannya bukan hanya di Indonesia saja orang-orang mempelajari olahraga ini, tapi juga di negara lain seperti di Eropa dan Amerika. Bahkan sudah ada lembaga internasional resminya.

Saat ini, cabang olahraga ini tengah di promosikan oleh para pesilat dari 5 benua agar bisa masuk ke dalam olimpiade. Bisa jadi dalam tahun-tahun mendatang bukan hanya segelintir orang yang mengenal fakta unik pencak silat, tapi seluruh dunia.

Apalagi dengan bermunculannya para pesilat tanggung dari berbagai perguruan atau padepokan yang mengembangkannya ke berbagai wilayah dunia. Saat ini diperkirakan sudah ada ratusan aliran (gaya) serta ribuan perguruan di seluruh dunia.

Sebagai warga negara Indonesia, Anda selayaknya bangga memiliki berbagai kebudayaan nasional yang mendunia seperti pencak silat. Meskipun tidak mempelajarinya langsung, setidaknya Anda mengetahui fakta unik pencak silat dari olahraga satu ini. (Red-detribpas.com)