Tips Merawat Charger Smarphone, Cegah Cepat Rusak

Tips Merawat Charger Smartphone, Cegah Cepat Rusak

detribpas.com – Banyak sekali orang yang enggan merawat charger smartphone. Padahal aksesoris ini sangat rentan mengalami kerusakan. Alasan malas menjaga biasanya karena membeli baru tidak membutuhkan banyak biaya.

Sebenarnya aksesoris seperti charger dan earphone original handphone mempunyai daya tahan tinggi. Namun, cara penggunaan yang sembarangan menyebabkannya cepat sekali rusak. Baik itu tidak berfungsi secara tiba-tiba atau kabel yang terputus.

Mungkin Anda juga berpikir bahwa membeli baru nantinya tidak sulit. karena banyak produk murah yang dijual di pasaran. Namun, charger murah yang bukan produk original akan berpengaruh buruk terhadap baterai smartphone.

Tips Merawat Charger Smartphone agar Awet

Sebenarnya menjaga kabel charger agar tetap berfungsi dengan baik bukan perkara sulit. akan tetapi masih banyak orang yang malas memperhatikan pentingnya hal ini. Simak beberapa tips yang bisa mencegah kerusakan charger berikut.

BACA JUGA:  Menang Games Resident Evil Village PS4 dengan Trik Berikut ini

Tips Merawat Charger Smarphone, Cegah Cepat Rusak

  1. Menggulung dengan Baik

Anda pasti sering menekuk kabel dengan tergesa ketika akan keluar rumah. Kebiasan menggulung secara sembarangan ini bisa menyebabkan kabel putus. Jika sudah rusak seperti itu, maka pilihan terbaik adalah membeli baru.

  1. Tidak Menumpuk di dalam Tas

Tips merawat charger smartphone berikutnya ialah tidak menumpuknya bersama barang-barang lain di dalam tas. Hal ini akan menyebabkan tekanan pada pengisi daya sehingga akan bengkok dan mudah rusak.

Apabila ingin memasukkannya ke dalam tas, letakkan pada bagian paling luar tas. Misalnya kantung depan tas. Sehingga tidak tertumpuk dengan barang berat dan keras di dalam tas.

  1. Melepas Charger dari Stop Kontak

Tips merawat charger smartphone berikutnya ialah melepaskannya dari stop kontak apabila sudah selesai dipakai. Banyak sekali orang yang membiarkan pengisi daya tetap tersambung di stop kontak.

Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kabel cepat rusak. Karena muatan listrik yang berlebihan pada aksesoris tersebut. Bahkan, berpotensi menyebabkan kebakaran. Terlalu banyak risiko yang harus dihadapi.

  1. Melepas Kabel dengan Hati-Hati

Selain melepasnya ketika sudah selesai dipakai, tips merawat charger smartphone selanjutnya ialah melepasnya dengan hati-hati. Jadi ketika sudah selesai charging, lepaskan kabel secara perlahan.

BACA JUGA:  Trik Main Magic Chess Mobile Legends OTW Mythic

Bukan menariknya secara kasar pada bagian tengah. Namun pegang kepala charger dan tarik dengan pelan. Begitu pula ketika melepas dari smartphone. Karena konektor USB adalah bagian yang cukup rentan.

Tips Tambahan dalam Merawat Kabel Charger

Masih ada banyak tips yang bisa diterapkan untuk merawat pengisi daya kesayangan. Sehingga tidak berkali-kali membeli produk pengisi daya ponsel yang baru. Simak tips tambahannya berikut ini.

Tips Merawat Charger Smarphone, Cegah Cepat Rusak

  1. Memasang Pelindung Tambahan

Tips lain dalam merawat charger smartphone ialah memasang pelindung tambahan berupa cable protector. Pelindung ini mudah ditemukan baik di toko aksesoris ponsel maupun secara online.

Salah satu tipe pelindung populer ialah per yang terbuat dari bahan karet warna-warni. Tidak hanya berguna sebagai pelindung. Namun juga membuat tampilan aksesoris smartphone tersebut menjadi cantik.

Cara memasangnya juga tidak sulit. Cukup melilitkannya pada kabel charger sampai menutupi semua permukaannya. Selain itu, harganya juga tergolong murah.

  1. Memakai Penjepit Kabel

Selain memakai cable protector, Anda bisa merawat pengisi daya dengan memakai penjepit kabel. Gulung charger dengan rapi misalnya melingkar kemudian jepit dengan penjepit. Hal ini bisa membantu merawat pengisi daya ponsel Anda.

  1. Tidak Memakai Smartphone Ketika Sedang Charging

Kebiasaan untuk menunda memakai smartphone ketika proses charging tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kualitas baterai. Namun juga menjaga kabel charger agar tidak mudah putus dan rusak.

BACA JUGA:  Trik Pemula Mobile Legends, Jangan Langsung Main Ranked

Anda pasti sering melihat gamer bermain sambil menyambungkan charger ke smartphone mereka. Karena memang kegiatan bermain game sangat menguras daya smartphone. Sebenarnya ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan.

  1. Membeli Charger Original

Tidak membeli pengisi daya murah ialah tips merawat charger smartphone yang penting untuk dilakukan. Anda pasti sering mendapat info harga aksesoris yang sangat murah. Hal ini perlu Anda hindari.

Jangan hanya tergiur harga murah namun mengabaikan dampak yang ditimbulkannya. Aksesoris yang tidak original dengan harga murah akan merusak smartphone. Jika memang ingin membeli baru, pastikan memilih produk original.

Aksesoris smartphone seperti pengisi daya dan earphone sangat mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar. Selain itu, tips merawat charger smartphone tidak hanya berguna mencegah kerusakan kabel namun juga baterai smartphone. (Red-detribpas.com)