Berikut Ciri Aplikasi Berbahaya Di Android

Ciri Aplikasi Berbahaya Di Android, Ada jutaan aplikasi dan game Android yang bisa Anda temukan di toko aplikasi Google Play Store baik yang resmi maupun yang tidak resmi.

Jika Anda tidak hati-hati aplikasi yang Anda download bisa saja mengandung virus yang berbahaya bagi ponsel Anda. Meningkatnya penggunaan smartphone merupakan peluang besar bagi peretas untuk menyebarkan virus melalui aplikasi gratis.

Bagaimana cara menghindarinya? Pada dasarnya fitur ini diperlukan untuk mendeteksi jika suatu aplikasi berbahaya di Android.

10 Ciri Ciri Aplikasi Berbahaya di Smartphone

ciri-ciri aplikasi berbahaya

Tidak Ada di Play Store

Pertama-tama menurut Geek aplikasi yang buruk tidak tersedia di Play Store tetapi hanya di situs atau blog berbagi aplikasi. Memasang aplikasi dalam format .apk terkadang membawa risiko virus.

Pengembang Aplikasi Tak Jelas

Sebelum menginstal aplikasi Anda harus memeriksa terlebih dahulu sumber aplikasi. Misalnya aplikasi milik pengembang. Jika kurang jelas atau tidak tahu sumbernya dari mana kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak terpercaya.

Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Jika aplikasi yang ingin diunduh ada di Play Store lihat jumlah unduhan dan komentar pengguna. Ini akan menjadi ukuran kualitas aplikasi yang akan kita gunakan.

Umumnya aplikasi yang bagus memiliki setidaknya 1 juta pengguna dan peringkat 4 atau lebih tinggi. Lihat juga testimoni dan komentar dari pengguna aplikasi.

Reputasi

Tanda lainnya adalah reputasi aplikasi berbahaya yang dipertanyakan di Google Play Store atau di tempat lain di komunitas Android. Rasakan unduhan dan peringkat aplikasi yang rendah. Ini adalah ketakutan yang besar.

Deskripsi Ngawur

Aplikasi berbahaya juga dapat diidentifikasi dengan deskripsi tidak jelas yang dipublikasikan di Play Store. Maka Anda mungkin curiga bahwa suatu aplikasi merusak perangkat Anda.

Developer Aplikasi yang tidak jelas

Masalah lain yang dihadapi oleh pengembang aplikasi adalah sifat aplikasi berbahaya untuk Android. Biasanya Anda mengenal beberapa pengembang terkenal yang telah menciptakan banyak aplikasi dan game yang sukses di pasaran. Jadi harap gunakan aplikasi ini dengan hati-hati jika Anda menemukan pengembang aplikasi yang Anda coba unduh tidak jelas dan kode sumbernya tidak ada.

Review Buruk

Pastikan juga untuk memeriksa ulasan pengguna aplikasi. Cari tahu apakah ada banyak ulasan baik atau buruk tentang aplikasi tersebut.

Aplikasi membuat penggunaan ponsel Anda lebih nyaman. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. Namun Anda harus tetap berhati-hati dan bijak dalam menemukan aplikasi yang Anda butuhkan untuk menghindari konten berbahaya.

Izin Pemasangan yang Tidak Wajar

Aplikasi yang berbahaya atau mengandung virus mungkin memerlukan izin yang tidak sesuai. Jika Anda menemukan aplikasi yang meminta akses ke lokasi Anda membaca kontak atau berbagai informasi sensitif lainnya maka Anda harus memeriksa ulang apakah aplikasi tersebut aman atau tidak digunakan.

Muncul banyak iklan yang mengganggu

Awalnya Anda tidak memiliki banyak iklan di ponsel Anda tetapi tiba-tiba setelah menginstal aplikasi atau mengunduh data dari sumber yang tidak tepercaya yang terjadi justru sebaliknya. Apakah ponsel Anda berubah untuk menampilkan terlalu banyak iklan yang mengganggu?

Anda mungkin menduga bahwa itu disebabkan oleh virus yang telah menginfeksi ponsel Anda. Beberapa virus yang menyerang ponsel Anda menampilkan iklan yang mungkin tidak sengaja Anda klik dan paling buruk menyebabkan masalah pelanggaran data pada ponsel Anda.

HP menjadi lemot

Virus juga dapat mengganggu kinerja yang dialami saat menjalankan aplikasi. Beberapa virus dapat memengaruhi kinerja ponsel Anda dan pada akhirnya menyebabkan kesalahan dan merusak ponsel Anda.

Dalam beberapa kasus Anda mungkin berpikir bahwa penurunan kinerja tidak terlalu parah tetapi dalam kebanyakan kasus ponsel yang terinfeksi virus pun akan terpengaruh.

You May Also Like