Cara Mematikan Aplikasi Startup Windows 7

Cara Mematikan Aplikasi Startup Windows 7, Itu cukup mengesankan pada laptop spek standar tetapi tidak bagus untuk laptop/PC. Tingginya spesifikasi bisa dijelaskan dengan minimnya prosesor yang menggunakan Intel Core i5 generasi terakhir dengan RAM lebih dari 8 GB dan juga menggunakan SSD untuk sistem operasinya.

Pilihan lain bagi yang merasa perlu waktu loading lebih cepat adalah dengan menutup semua aplikasi yang berjalan saat startup. Tentunya tujuannya untuk mengurangi beban pada komputer saat proses booting saat dihidupkan. Membantu? Tentu saja Anda tidak bisa mempercayainya.

Cara mematikan aplikasi startup Windows

Proses boot Windows sebenarnya tidak mem-boot sistem operasi. Namun ada banyak program dan alat yang dapat menggunakan file batch Windows. Apa manfaat menjalankan program secara bersamaan saat Windows dimulai? Tentu saja ini mempercepat proses saat menjalankan program terkait. Beberapa perangkat lunak memperbarui secara otomatis saat terhubung ke Internet tanpa membuka perangkat lunak.

Misalnya program antivirus yang berjalan secara real time di background tanpa membuka program tersebut. Antivirus dan utilitas seperti AVG PC TuneUp dan CCleaner melakukan hal yang sama. Anda dapat menggunakan metode berikut untuk menghentikan proses pengunduhan.

Matikan program startup lewat Settings

Anda dapat menonaktifkan program yang dijalankan saat pengaktifan pertama kali (saat komputer dihidupkan) di menu Pengaturan. Cara ini hanya bisa dilakukan di Windows 10 dan Windows 8 dan 7. Fitur ini muncul di Windows 10 Build 17017 dan versi lainnya.

Buka Pengaturan » Aplikasi » Menu Mulai.

Anda kemudian akan melihat daftar program yang berjalan saat startup.

Pilih program yang ingin Anda tutup geser tombol On ke Off untuk menutupnya.

Selesai.

Matikan program startup dari Task Manager

Langkah selanjutnya adalah menutup program startup menggunakan Startup Manager. Cara ini bisa Anda lakukan pada sistem operasi Windows 8 dan 10. Fitur pengelola tugas memudahkan untuk menutup dan menghentikan program. Anda juga dapat melihat penggunaan sumber daya perangkat keras untuk kinerja Windows.

Langkah 1 Pertama klik kanan taskbar Windows dan kemudian pilih Task Manager. Atau Anda dapat menggunakan pintasan keyboard CTRL SHIFT ESCAPE.

cara mematikan aplikasi startup windows 7

Langkah 2: Lalu klik More Details untuk melihat Task Manager dalam versi yang lebih detail.

cara mematikan aplikasi startup windows 7

Langkah 3: Kemudian klik tab Startup dan pilih program yang ingin Anda nonaktifkan. Klik Nonaktifkan untuk menonaktifkan program.

Berikut langkah-langkahnya jika sudah beres.

Klik Bilah Tugas » Pengelola Tugas » Lebih Detail.

Pilih tab Beranda » Pilih program yang ingin Anda copot pemasangannya.

Klik Nonaktifkan untuk menonaktifkan program.

Selesai.

Menonaktifkan program berarti program tidak akan berjalan saat Anda menyalakan komputer. Kolom Runtime Impact menampilkan berapa banyak sumber daya yang digunakan program. Setiap program memiliki efek awal yang berbeda tergantung pada ukuran program. Ada tiga kategori paparan awal yaitu sebagai berikut

  • Dampak – Program menggunakan lebih dari 3 MB sumber daya disk I/O atau lebih dari 1 detik waktu CPU.
  • Dampak Sedang – Program menggunakan antara 300 KB – 3 MB sumber daya disk I/O atau 300 ms – 1 detik waktu CPU.
  • Dampak – Program menggunakan kurang dari 300 KB sumber daya disk I/O atau kurang dari 300 ms waktu CPU.

Gambaran ini menunjukkan bahwa efeknya lebih besar saat komputer dihidupkan. Jadi jika Anda ingin komputer Anda melakukan booting lebih cepat nonaktifkan boot dampak tinggi dan dampak sedang untuk mengurangi penggunaan memori dan sumber daya lainnya saat menjalankan komputer Anda.

Sistem belum dinilai karena program belum digunakan tetapi belum diukur. Tidak ada berarti program tidak berjalan/dalam keadaan berhenti.

Matikan program startup dari System Configuration

Cara lain adalah menonaktifkan peluncur di Konfigurasi Sistem (msconfig.exe). Cara ini lebih spesifik untuk pengguna Windows 7 dan 8 namun Anda tetap bisa mencobanya di Windows 10. Tapi itu masih membawa saya ke pengelola tugas. Startup di Windows 7 sedikit berbeda dari versi Windows yang lebih baru.

Langkah 1: Buka program Jalankan dengan pintasan keyboard Windows R. Setelah msconfig ketik OK/Enter. Anda kemudian akan diarahkan ke fungsi konfigurasi sistem.

msconfig

cara mematikan aplikasi startup windows 7

1 Buka msconfig Windows 7

Langkah 2: Pilih tab Startup di fitur System Configuration. Batalkan pilihan program yang ingin Anda nonaktifkan. Kemudian klik Terapkan dan OK.

Langkah 3: Ketika kotak dialog muncul Anda dapat memilih Reboot untuk segera melihat perubahannya atau klik Exit without reboot jika Anda ingin melihat perubahannya nanti.

Berikut langkah-langkahnya secara berurutan.

Buka program Jalankan dengan Windows R dan klik OK.

Kemudian pilih tab Start untuk memilih program yang diinginkan.

Klik Terapkan dan OK.

Pilih dialog yang diinginkan.

Selesai.

Matikan program startup menggunakan aplikasi pihak ketiga (third-party)

Selain menggunakan fitur task manager kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama CCleaner. CCleaner adalah utilitas pembersihan yang dikembangkan oleh Piriform. Tapi itu termasuk beberapa alat berguna yang terkadang digunakan untuk memaksimalkan program Windows salah satunya adalah Startup.

cara mematikan aplikasi startup windows 7

Unduh dan instal CCleaner di sini.

Buka CCleaner » Pilih Alat » Mulai.

Kemudian pilih program yang ingin Anda nonaktifkan.

Klik Nonaktifkan untuk menonaktifkan.

Selesai.

You May Also Like