Aplikasi Terbaru Untuk Windows 7

Aplikasi Terbaru Untuk Windows 7, Windows 7 adalah salah satu sistem operasi terbaik yang diluncurkan oleh Microsoft. Meskipun dukungan dan pembaruan untuk OS ini saat ini dimatikan secara resmi penggunanya masih banyak. Alasannya sederhana karena Windows 7 ringan dan cepat terutama untuk PC dan laptop lama.

Bagi pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 atau baru melakukan migrasi (install ulang) menginstall aplikasi terbaik adalah langkah selanjutnya. Mengambil kesempatan ini kami akan membagikan kumpulan aplikasi penting untuk berbagai kebutuhan Anda di laptop Windows 7.

Inilah Aplikasi Terbaru Untuk Windows 7

Browser

Di era internet sekarang ini browser merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada di setiap komputer Windows 7. Browser berguna untuk melakukan banyak hal di internet seperti mengirimkan live feed ke media web dan lain-lain.

Windows 7 sendiri hadir dengan browser bawaan Internet Explorer versi lama dari browser besutan Microsoft yang kini telah digantikan oleh Edge yang lebih baik. Internet Explorer memiliki banyak keterbatasan sehingga Anda membutuhkan browser yang lebih modern yang mendukung teknologi terkini.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi browser terbaik untuk Windows 7 yang ringan dan kompatibel dengan teknologi web modern saat ini.

Google Chrome

Google Chrome adalah browser paling populer di kalangan pengguna saat ini. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan browser yang lengkap dan selalu up-to-date. Salah satu kekuatan Google Chrome adalah dukungan komunitas besar pengembang di Toko Chrome Anda dapat menemukan banyak ekstensi bermanfaat secara gratis.

Google Chrome adalah pilihan terbaik Anda jika spesifikasi komputer Anda dapat diterima. Tetapi jika Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah maka Chrome mungkin terasa berat karena browser ini terkenal dengan penggunaan memori yang tinggi.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah browser open source yang merupakan alternatif dari Chrome. Browser ini dilengkapi dengan perpustakaan ekstensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda akan menemukan bahwa Firefox jauh lebih baik dalam hal fitur dan kinerja jika dibandingkan dengan browser IE. Browser ini cocok untuk pengguna Windows 7 yang menginginkan browser handal selain Google Chrome.

Slimjet

Slimjet adalah browser ringan untuk pengguna Windows 7 dengan komputer spek rendah. Browser ini cocok untuk komputer dengan memori rendah karena menghabiskan lebih sedikit sumber daya saat digunakan. Slimjet adalah alternatif yang dapat Anda gunakan jika Google Chrome atau Mozilla Firefox terlalu berat untuk komputer Anda.

Vivaldi

Vivaldi adalah browser alternatif untuk orang yang menginginkan browser ringan dengan kebebasan untuk mengubah tampilan dan fitur yang ada. Peramban ini gratis. Keuntungannya adalah Anda memiliki kebebasan untuk memilih fitur mana yang akan dimasukkan ke dalam browser Anda atau membuatnya menjadi browser yang sederhana.

File Archiver

File Archiver adalah program yang mengompres dan mendekompresi file. Aplikasi ini adalah fitur penting dari semua perangkat Windows 7 ini mengarsipkan (mengompres) file dalam format zip atau rar dan mengekstrak file zip atau rar ke file biasa. Saat ini banyak aplikasi yang tersedia secara gratis seperti 7zip dan WinRAR.

7zip

7zip adalah aplikasi pengarsipan terbaik untuk Windows 7 karena gratis dan mudah digunakan. Aplikasi ini berbasis open source sehingga Anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa batasan apapun. 7zip terintegrasi dengan baik ke dalam sistem operasi Windows dan dapat dengan mudah digunakan dari menu konteks (menu klik kanan) untuk mengompres dan mendekompresi file.

WinRAR

Pengarsip alternatif lainnya adalah WinRAR yang juga dapat digunakan secara gratis meskipun lisensi yang diberikan kepada pengguna sebenarnya adalah versi percobaan tetapi aplikasi tersebut dapat digunakan untuk keperluan pribadi non-komersial.

Foto Editor

Aplikasi lain yang harus dimiliki untuk pengguna Windows 7 adalah aplikasi pengeditan foto. Salah satu alasan Anda masih menggunakan Windows 7 mungkin karena spesifikasi komputer yang tidak memungkinkan untuk menggunakan versi yang lebih baru. Maka Anda memerlukan aplikasi yang mudah dioperasikan dan aplikasi editor foto ini memilikinya.

Itu sebabnya kami merekomendasikan beberapa aplikasi editor foto ringan untuk Windows 7 yang gratis dan dilengkapi dengan fitur pengeditan lanjutan.

Paint.NET

Paint.NET adalah aplikasi editor foto ringan berbasis teknologi .NET Framework. Aplikasi ini cocok untuk perangkat Windows 7 karena ringan dan memiliki banyak fitur lengkap seperti efek dukungan multi-layer editing dan undo tak terbatas.

PhotoScape

Photoscape adalah aplikasi edit foto yang sempurna untuk pemula karena memiliki UI yang mudah dipahami. Aplikasi ini sangat bagus digunakan untuk mengedit foto untuk berbagai keperluan.

PhotoFiltre Studio

Editor foto lain untuk Windows 7 adalah Photofilter Studio. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan. Fungsi yang tersedia cukup untuk beralih di antara mode grafik yang berbeda jika diperlukan.

IrfanView

IffanView pada dasarnya adalah penampil foto tetapi juga memiliki fitur editor bawaan yang dapat digunakan untuk menambahkan gambar warna efek teks dan lainnya.

Inkscape

Inkscape adalah editor foto sumber terbuka untuk Windows 7. Aplikasi praktis ini cukup ringan untuk digunakan untuk pengeditan dasar. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fungsionalitas Anda dapat menggunakan berbagai plugin yang telah dikembangkan oleh komunitas.

Video editor

Anda tidak memerlukan perangkat lunak mahal untuk membuat video berkualitas profesional yang menarik selama Anda memiliki kreativitas dan kemauan untuk mempelajari bahwa aplikasi gratis yang ringan pun dapat membuat video yang hebat. Ada banyak aplikasi untuk pengguna Windows 7 yang nyaman digunakan.

Shotcut

Shortcut adalah aplikasi video open source untuk Windows 7 yang dapat digunakan lintas platform pada sistem operasi Windows macOS dan Linux. Aplikasi ini adalah pilihan terbaik untuk pemula memasuki dunia video editing.

ShotKit memiliki fitur yang cukup untuk menangani proses pengeditan profesional namun dengan tata letak dan navigasi yang mudah dipahami. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan pada laptop kelas bawah.

Openshot

OpenShot adalah aplikasi edit video open source yang dapat Anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan untuk pemula yang ingin belajar cara mengedit video.

Tampilan aplikasi ini sangat mudah dipahami dan bagi pengguna Mac tampilannya akan mengingatkan pada aplikasi iMovie. Mengedit video di OpenShot semudah menyeret dan menjatuhkan dan tidak ada menu rumit yang membingungkan Anda seperti yang digunakan editor video profesional lainnya.

Videopad

VideoPad adalah aplikasi pengeditan video gratis yang dirancang khusus untuk pengguna PC Windows dan laptop. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk pemula tetapi memiliki fitur pengeditan yang lengkap. Tidak akan sulit untuk digunakan bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman.

Office software

Aplikasi lain yang harus dimiliki untuk pengguna Windows 7 adalah aplikasi Office. Saat ini banyak alternatif aplikasi Microsoft Office yang tidak lengkap dan memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tersedia secara gratis. Kita bisa menggunakan aplikasi office open source seperti LibreOffice dan OpenOffice.

LibreOffice

LibreOffice adalah office suite yang mencakup banyak aplikasi berguna seperti Microsoft PowerPoint yang setara dengan Microsoft Excel Impression dan Writer yang merupakan aplikasi pengolah dokumen yang setara dengan Microsoft Word Calc.

OpenOffice

OpenOffice awalnya dikembangkan untuk pengguna Linux tetapi sekarang tersedia untuk sistem operasi Windows juga. Untuk pengguna Windows 7 ini adalah aplikasi desktop gratis dan ringan yang ideal untuk perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.

Screenshot

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di Windows 7. Cara terbaik adalah mengambil screenshot penuh menggunakan tombol PrtScn lalu menempelkannya ke editor seperti Poena tetapi metode ini memiliki banyak keterbatasan.

Yang harus Anda lakukan adalah memperbesar bagian tertentu dari layar dan memberikan teks atau kutipan lingkaran panah dan fitur lain yang kemudian hanya dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi.

Lightshot

Lightshot adalah program tangkapan layar gratis yang tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac. Aplikasi ini dapat mengambil tangkapan layar layar penuh dari jendela yang sedang aktif atau area tertentu pilihan Anda. Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah fasilitas penyimpanan online. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengunggah tangkapan layar yang Anda ambil dan membagikan tautannya dengan orang lain.

Greenshot

Greenshot adalah aplikasi tangkapan layar terbaik berikutnya untuk PC dan Laptop Windows 7. Aplikasi ini gratis untuk digunakan di Windows dan dapat dibayar dengan harga murah untuk pengguna Mac.

Greenshot memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dari bagian mana pun dari layar di jendela aktif dan mengambil tangkapan layar penuh.

Salah satu fitur utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menangkap seluruh halaman situs web terlepas dari panjangnya. Fitur ini berguna untuk halaman artikel yang panjang tanpa kliping.

ShareX

ShareX adalah aplikasi foto dengan tampilan dan fitur yang lebih modern. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot di PC dan laptop mengeditnya menjadi gambar dan mengunggahnya ke server.

ShareX terintegrasi dengan salah satu host gambar terbesar imgur yang sangat populer. File yang diambil dapat diunggah langsung ke imgur dan pengguna akan menerima tautan.

Antivirus

Untuk melindungi komputer Anda dari infeksi virus dan malware Anda harus menggunakan program antivirus. Seperti yang kita ketahui Windows 7 saat ini belum mendapatkan support/update apapun dari Microsoft sehingga kita sangat membutuhkan sistem proteksi karena kita harus menginstal antivirus.

Smadav

Smadav adalah antivirus lokal yang dirancang untuk melindungi PC dan perangkat USB Anda dari virus. Aplikasi ini gratis sangat ringan dan memiliki database virus yang lengkap untuk Windows 7.

Avast

Antivirus terbaik kedua untuk Windows 7 adalah Avast. Jarang menemukan antivirus yang menawarkan hampir semuanya secara gratis seperti Avast.

Seperti yang Anda ketahui sebagian besar antivirus yang tersedia saat ini adalah perangkat lunak berbayar. Kami menawarkan versi gratis tetapi ada beberapa batasan yang akan Anda perhatikan.

You May Also Like