5 Tips Mudah Mengetahui Akun Instagram Fake Dalam 60 Detik

5 Tips Mudah Mengetahui Akun Instagram Fake Dalam 60 Detik

5 Tips Mudah Mengetahui Akun Instagram Fake Dalam 60 Detik

Akun palsu atau fake di Instagram kini sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak orang yang membuat akun palsu demi menyebar informasi hoax ataupun menipu orang lain. Akibatnya, banyak pengguna Instagram yang dirugikan. Namun, jangan khawatir, ada 5 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui akun palsu di Instagram dalam waktu kurang dari 60 detik.

1. Cek Pengaturan Akun

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa pengaturan akun Instagram. Jika akun tersebut adalah akun palsu, maka akan ada beberapa hal yang terlihat aneh. Pertama, cek apakah akun tersebut memiliki foto profil atau tidak. Jika tidak, itu mungkin adalah tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Selanjutnya, cek juga informasi lain seperti bio, lokasi, dan juga tanggal bergabung. Jika kamu menemukan beberapa informasi yang tidak konsisten, mungkin itu tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu.

2. Periksa Foto dan Konten

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui akun palsu adalah dengan memperhatikan foto dan konten yang diunggah oleh akun tersebut. Jika akun tersebut mengunggah konten yang terlihat aneh atau tidak masuk akal, itu bisa menjadi tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Jika akun tersebut mengunggah banyak foto yang berbeda, itu juga bisa menjadi tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu.

3. Periksa Interaksi

Selain melihat foto dan konten yang diunggah oleh akun tersebut, kamu juga bisa memeriksa interaksi yang terjadi di akun tersebut. Jika akun tersebut memiliki banyak komentar dan like, namun tidak berinteraksi dengan komentar atau like yang diberikan, itu bisa menjadi tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Hal yang sama juga berlaku jika akun tersebut memiliki banyak follower, namun tidak ada interaksi antara user dan follower.

4. Periksa Aktivitas Akun

Selain melihat interaksi yang terjadi di akun tersebut, kamu juga bisa memeriksa aktivitas akun tersebut. Jika akun tersebut jarang sekali mem-posting konten, maka itu bisa menjadi tanda bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Hal yang sama juga berlaku jika akun tersebut jarang berinteraksi dengan orang lain di Instagram.

5. Cek Di Mesin Pencari

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari informasi tentang akun tersebut di mesin pencari. Ketik nama akun tersebut di mesin pencari dan lihat apa yang muncul. Jika akun tersebut tercatat sebagai akun palsu, maka akan ada informasi yang dapat kamu temukan di mesin pencari.

Kesimpulan

Dengan 5 tips mudah di atas, kamu bisa dengan mudah mengetahui akun palsu di Instagram dalam waktu kurang dari 60 detik. Jadi, jangan ragu untuk cek akun Instagram yang kamu ikuti untuk memastikan bahwa akun tersebut bukan akun palsu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

You May Also Like