Tips Atasi RAM Android Penuh, Dijamin Ponsel Langsung Lega

Tips Atasi RAM Android Penuh, Dijamin Ponsel Langsung Lega

detribpas.com – RAM Android penuh memang menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh sebagai besar pengguna smartphone bukan. Sama seperti dengan komputer, pada smartphone android ternyata juga membutuhkan memori RAM untuk menjaga aktivitas multitasking agar tetap terjaga di layar.

Ada beberapa aktivitas multitasking yang sering dilakukan oleh para pengguna Smartphone seperti chatting, bermain game, browsing di internet, streaming ataupun video call. Dengan membuka banyak aplikasi ataupun game berat tentu akan menyedot lebih banyak memori didalamnya bukan. Terlebih lagi apabila Anda membuka WhastApp bersamaan dengan Instagram ataupun tiktok.

Jadi jangan heran apabila tiba-tiba RAM android penuh atau bahkan muncul notifikasi peringatan untuk membersihkan perangkat. Perlu diingat apabila kondisi seperti ini terjadi, maka kemungkinan besar, kinerja dari perangkat akan semakin lemot bahkan beberapa aplikasi akan sulit untuk dioperasikan.

Tips Mengatasi RAM Android Penuh

Jika ternyata Anda sedang mengalami kendala berupa RAM android penuh, sebaiknya jangan khawatir terlebih dahulu. Sebab ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Kami sudah merangkumkan sejumlah tips penting dimana wajib digunakan sehingga masalah bisa segera diatasi.

BACA JUGA:  Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

Tips Atasi RAM Android Penuh, Dijamin Ponsel Langsung Lega

  1. Uninstall Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Salah satu alasan mengapa memori internal cepat penuh pada android adalah keberadaan aplikasi yang jarang dipakai. Mungkin Anda tidak menyadarinya tetapi siapa sangka walaupun tidak digunakan tetapi masih menyedot ruang penyimpanan didalamnya.

Daripada memenuhi ponsel saja, maka ada baiknya segera mencopot aplikasi tersebut. Untuk menghapusnya secara keseluruhan, kami sarankan agar menghapus cache dahulu karena inilah yang akan membuat smartphone semakin terasa penuh.

  1. Gunakan Aplikasi RAM Manager

Tips atasi RAM android penuh berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi RAM manager. Ya, walaupun keberadaannya terdengar cukup sepele namun akan memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya.

Sebab dengan aplikasi inilah, pengguna akan diberikan kemudahan dalam mengelola memori internal didalam ponsel. Fungsi utama dar APK tersebut terpasang adalah bisa membersihkan file-file kurang penting sehingga membuat ruang penyimpanan semakin lega.

  1. Hapus Cache Secara Berkala

Sebagai Android user, Anda memang dituntut agar menghapus cache secara berkala yakni minimal 1 kali sehari bukan. Dengan menghapus cache itulah dapat membantu untuk menjaga performa android agar semakin optimal sekaligus tidak mudah untuk lemot.

BACA JUGA:  Tips Merawat Gadget Lama agar Terlihat Seperti Baru Lagi

Tidak hanya itu saja, dengan membersihkan cache itulah ternyata bisa mengurangi dampak error pada aplikasi seperti force close secara tiba-tiba, nge-lag ataupun muncul pesan error.

Tips Atasi Masalah Diatas Lainnya

Belum puas dengan cara mengatasi RAM android penuh di atas? jangan khawatir karena ternyata masih ada beberapa tips dimana dapat diterapkan sehingga dijamin tidak akan mengeluhkan keberadaan RAM penuh kembali.

  1. Manfaatkan Aplikasi Booster

Keberadaan aplikasi booster sendiri juga akan memberikan banyak manfaat yakni meningkatkan kinerja android secara signifikan. Tidak hanya itu saja, fungsinya juga mampu meningkatkan penggunaan RAM sehingga jauh lebih optimal sekaligus tidak gampang ngelag.

  1. Gunakan Memori Card Eksternal

Untuk menghemat ruang penyimpanan dan mencegah RAM android penuh, kami juga menyarankan supaya menggunakan memori card atau penyimpanan eksternal. Penggunaan memori eksternal itulah dapat digunakan sebagai tempat menyimpan foto video, dokumen ataupun data-data penting lain dimana sayang untuk dihapus.

BACA JUGA:  Trik Menonton YouTube di TV Biasa, Ternyata Mudah Banget

Tips Atasi RAM Android Penuh, Dijamin Ponsel Langsung Lega

Akibat RAM Pada Ponsel Penuh

Tidak bisa dipungkiri menjaga ponsel agar RAM tidak mudah penuh dengan cepat memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab apabila sampai memori internal ini habis, maka terdapat beberapa risiko yang akan terjadi diantaranya adalah

  1. Ponsel Macet

Risiko pertama yang akan dihadapi adalah ponsel akan menjadi jauh lebih lemot karena RAM menjadi penuh. Melambatnya ponsel itulah karena rendahnya ruang penyimpanan sehingga sistem tidak dapat memprosesnya dengan baik.

  1. Ponsel Cepat Panas

Tidak sampai disitu saja, risiko ponsel cepat panas juga akan terjadi bahkan walaupun HP digunakan untuk melakukan aktivitas ringan saja. Itu bukan tanpa alasan karena setiap apk yang dibuat ternyata akan menciptakan file temporary dahulu.

  1. Reboot Sendiri

Risiko paling berbahaya yang bisa terjadi adalah smartphone mengalami reboot sendiri. Itu disebabkan karena ponsel menahan beban cukup berat karena memori RAM habis. Kondisi itulah bisa mengakibatkan bootloop.

Dari sekian banyak permasalahan, memori cepat habis memang sering dialami oleh para pengguna android. Namun jangan khawatir karena Anda tetap bisa mengatasi masalah RAM Android penuh diatas dengan mudah. (Red-detribpas.com)