Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

detribpas.com – Apakah Anda tahu olahraga favorit masyarakat Indonesia yang paling sering dimainkan di berbagai wilayah tanah air? Dari sekian banyak jenis olahraga memang ada beberapa yang paling banyak dimainkan dan paling disukai.

Sepak bola, bulu tangkis, dan berbagai jenis kegiatan olah tubuh lainnya menjadi kegiatan yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu luang serta menjaga kesehatan maupun dijadikan profesi.

Kali ini, kami akan membahas 3 kegiatan berolahraga yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia atau sekadar menjadi tontonan, bahkan pilihan karier. Mari simak paparan berikut ini.

Sepak Bola Selalu Jadi Favorit Orang Indonesia

Olahraga favorit masyarakat Indonesia yang pertama adalah sepak bola, bahkan menurut survei hampir 50% orang menyukai bermain sepak bola atau menonton pertandingan bola. Apakah Anda salah satunya?

Kebanyakan yang menyukai sepak bola adalah kaum adam, tapi tidak sedikit juga kaum hawa menyukainya. Para penyuka sepak bola tidak selalu pandai memainkannya, banyak yang hanya menjadi penonton saja.

Permainan sepak bola merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, dengan masing-masing tim beranggotakan 11 orang. Masing-masing pemain kedua tim akan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan dan menjaga gawang sendiri.

BACA JUGA:  Mengenal Atlet Legendaris Indonesia Yang Bisa Jadi Role Model

Olahraga favorit masyarakat Indonesia melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik halus dan kasar, serta dimainkan dengan kekuatan tim solid. Oleh sebab itu, sepak bola bukan hanya dimainkan sebagai hiburan juga untuk menjaga kesehatan.

Sepak bola bukan hanya disukai di Indonesia, tapi juga sangat populer di belahan dunia lainnya. Bahkan menjadi olahraga terfavorit di 200 negara dunia. Inilah yang membuat pertandingan sepak bola tidak pernah sepi penonton.

Badminton Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia

Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

Selain sepak bola, ada badminton yang juga sangat disukai. Permainan ini bisa dimainkan orang-orang kampung hingga anak gedongan. Dengan peralatan berupa raket, net, dan shuttlecock, Anda sudah bisa bermain.

Cara bermainnya juga sangat mudah, bisa main tunggal maupun tim terdiri 2 orang. Hanya perlu memukul shuttlecock dan memastikannya masuk ke area lawan. Badminton bisa dimainkan pria maupun wanita dan terdiri atas maksimal 3 babak.

Olahraga favorit masyarakat Indonesia ini bukan hanya dimainkan, tapi juga bisa menjadi tontonan yang sangat menarik. Turnamen badminton yang disiarkan di televisi selalu ramai penonton, terutama jika yang bermain adalah pemain dari Indonesia.

Indonesia punya banyak pemain hebat di cabang olahraga (cabor) ini, sebut saja nama pemain tunggal putra seperti Anthony Ginting atau pemain ganda seperti Kevin dan Marcus. Pemain-pemain profesional ini selalu ditunggu performanya di lapangan.

Bukan hanya sangat disukai karena pertandingannya seru, tapi juga sebab prestasi di cabor ini sangat bagus. Raihan emas olympiade dan berbagai medali kejuaraan lainnya juga memacu banyak orang menyukai badminton.

BACA JUGA:  Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

Tidak heran apabila badminton menjadi olahraga favorit masyarakat Indonesia kedua yang bukan hanya dimainkan, tapi juga menjadi tontonan seru. Jika ingin memainkan badminton di rumah Anda cukup menyiapkan peralatan:

  1. Raket

Raket merupakan peralatan yang dibutuhkan untuk memukul bola dan harus dipakai oleh pemain bulu tangkis. Raket berbentuk bidang oval berjaring, bergagang dan dilengkapi pegangan.

  1. Net

Olahraga favorit masyarakat Indonesia badminton memerlukan net untuk memainkannya. Yaitu jaring dengan lebar sekitar 3 meter dan tinggi 1,5 meter. Namun, untuk permainan seadanya net bisa diganti dengan tali atau alat lainnya.

  1. Shuttlecock

Untuk bermain Anda juga membutuhkan bola yang disebut shuttlecock atau cock. Terbuat bantalan setengah bola untuk menancapkan helaian bulu angsa.

Bola Voli Olahraga Indoor dan Outdoor Terfavorit

Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

Terakhir ada olahraga favorit masyarakat Indonesia yaitu voli. Permainan ini dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim beranggotakan 6 orang. Masing-masing tim akan bermain minimal 3 babak hingga 5 babak.

Voli merupakan cabor yang juga memiliki prestasi membanggakan di Indonesia, baik beregu putra maupun putri. Emas Sea Games dan berbagai prestasi lainnya telah diraih oleh atlet-atlet terbaik Indonesia.

Dalam permainan voli, tim yang mendapat giliran servis akan memukul bola pertama ke area lawan. Kemudian tiap tim akan berusaha mengarahkan bola kembali ke area lawannya dengan 3 pukulan.

Apabila lebih dari tiga pukulan akan memberikan poin pada lawan. Berikut beberapa istilah penting dalam permainan voli yang perlu Anda ketahui:

  1. Servis

Ini merupakan teknik dasar untuk memulai permainan voli. Awalnya digunakan untuk bertahan, tapi sekarang juga dijadikan sebagai bentuk serangan kepada tim lawan.

  1. Smash atau Spike

Dalam olahraga favorit masyarakat Indonesia satu ini juga terdapat smash atau spike, yaitu pukulan bola keras melewati atas net dan diarahkan ke daerah lawan. Pukulan ini paling sering menghasilkan poin.

  1. Diving atau Dike

Diving atau dike merupakan teknik memukul bola hasil smash gunanya untuk mencegah bola jatuh ke bidang permainan dan menjaganya agar tetap dalam permainan.

  1. Blok

Blok merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan pukulan menghentikan serangan lawan di dekat net agar tidak masuk. Teknik ini bisa menghasilkan poin apabila berhasil dilakukan.

  1. Stuff Block

Ini merupakan istilah untuk hasil bola blok yang gagal diantisipasi sehingga jatuh ke area sendiri. Jika ini terjadi, maka poin didapatkan lawan.

  1. Rally

Merupakan istilah yang menggambarkan permainan saat berlangsung di lapangan. Mulai dari pertama kali servis dilakukan hingga ada tim mendapatkan angka.

BACA JUGA:  Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

Itu dia beberapa istilah yang digunakan untuk menyebutkan pukulan atau kejadian dalam permainan voli. Apabila ingin memainkan voli Anda harus tahu mengenai penjelasan istilah-istilah tersebut.

Berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan, tapi juga bisa dijadikan tontonan menarik. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan, bisa mencoba melakukan olahraga favorit masyarakat Indonesia seperti sepak bola, badminton, atau voli. (Red-detribpas.com)