3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

detribpas.com – Bagi anak-anak sekolah dasar membutuhkan kegiatan fisik yang sesuai, seperti olahraga untuk anak SD. Berolahraga bukan hanya kegiatan untuk orang dewasa saja, tapi juga penting bagi anak-anak.

Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan, pada usia ini anak belajar dan mengenal dunia. Oleh sebab itu, penting untuk memperkenalkan dunia olahraga sedini mungkin agar mereka mengerti akan kesehatan.

Ada banyak cara mengajarkan anak-anak berolahraga, salah satunya dengan mengajak si kecil langsung berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga yang bisa diajarkan dan dilakukan bersama anak-anak, di antaranya adalah yang berikut ini:

Sepak Bola, Olahraga untuk Anak SD

Olahraga bagi anak SD yang pertama adalah sepak bola. Biasanya olahraga ini lebih disukai oleh anak laki-laki, karena memang kebanyakan dimainkan oleh laki-laki. Namun, anak-anak perempuan tidak dilarang apabila ingin memainkannya juga.

Baik laki-laki maupun perempuan bisa bermain sepak bola, karena permainan ini mudah dimainkan dan sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik, motorik, maupun kemampuan bersosialisasi, yaitu:

  1. Meningkatkan Kebugaran

Olahraga untuk anak SD ini mengharuskan anak berlari di lapangan untuk mengejar bola. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kebugaran si kecil karena membuat mereka aktif bergerak ke sana ke mari.

  1. Mendukung Kesehatan Otot dan Tulang

Sepak bola sebagai olahraga untuk anak SD juga dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang si kecil. Karena kegiatan fisik ini membuat si kecil selalu bergerak aktif seperti melakukan tendangan, berlari, melompat, dan gerakan lainnya.

BACA JUGA:  Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

Selain itu, anak juga mendapat paparan sinar matahari sehingga asupan vitamin D-nya terpenuhi. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium sehingga penyerapan kalsium pada tulang menjadi optimal.

  1. Dukung Perkembangan Sosial

Bukan hanya fisik anak-anak yang berkembang sempurna karena memainkan sepak bola, tapi juga membantu mengembangkan kepribadiannya. Anak-anak belajar bersosialisasi, bekerjasama juga berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan demikian akan membantunya menjalin pertemanan, baik bergaul sesama anggota tim maupun tim lawan. Selain itu, juga belajar mengenai kepemimpinan dan empati.

  1. Bantu Kontrol Berat Badan

Sepak bola juga membantu menyeimbangkan pertumbuhan berat badan anak-anak sehingga tidak mengalami kelebihan maupun kekurangan berat badan. Kondisi berat badan optimal akan menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya.

Bersepeda Bantu Perkembangan Motorik Anak

3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Selain sepak bola, olahraga untuk anak SD lainnya adalah bersepeda. Anak-anak di usia 6 hingga 12 tahun biasanya sangat suka melakukan kegiatan ini. Bersama teman-temannya berpetualang ke berbagai tempat menggunakan sepeda merupakan kegiatan menyenangkan.

Bukan hanya sebagai permainan kegiatan bersepeda juga akan membantu perkembangan fisik dan mental anak. Manfaat yang bisa langsung didapatkan oleh anak-anak ketika bermain sepeda, yaitu:

  1. Menguatkan Tulang dan Sendi

Perkembangan tulang dan sendi merupakan hal penting bagi anak, terutama perlu dikuatkan menggunakan latihan yang tepat. Ketika bersepeda tulang dan sendi akan digerakkan untuk mengayuh sehingga menguatkan keduanya dengan baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Olahraga untuk anak SD dilakukan karena mampu bantu menjaga kesehatan anak, salah satunya menurunkan berat badan. Terutama anak-anak dengan berat badan berlebihan, dapat bersepeda setiap hari minimal selama 15 menit.

BACA JUGA:  Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

Bersepeda bisa dilakukan anak-anak bersama teman-temannya atau dengan keluarga. Namun, pastikan anak-anak tidak pergi terlalu jauh dan ingatkan anak-anak untuk selalu berpamitan sebelum pergi.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Anak-anak yang aktif bergerak dan melakukan berbagai kegiatan fisik seperti bersepeda memiliki daya tahan tubuh lebih tinggi dibandingkan anak lainnya. Oleh sebab itu, daya tahan terhadap penyakit lebih tinggi karena imunitasnya baik.

Anak-anak akan jarang sakit dan terlindungi dari berbagai penyakit musiman maupun penyakit berat lainnya. Jadi, mulai biasakan anak bersepeda semenjak dini.

  1. Meredakan Stres

Anak-anak juga sangat mungkin mengalami stres, karena tekanan belajar maupun disebabkan orangtua terlalu mengatur. Dengan bersepeda dan melakukan olahraga untuk anak SD, stres bisa dihilangkan karena memberikan rasa bebas pada si kecil.

Bela Diri Olahraga Tepat untuk Anak SD

3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Jika anak-anak kurang tertarik melakukan olahraga seperti sepak bola atau bersepeda, cobalah ajak melakukan kegiatan fisik lain seperti belajar bela diri. Berbagai ilmu bela diri seperti silat, karate, atau taekwondo akan memberikan banyak manfaat, seperti:

  1. Melatih Kemampuan Motorik

Olahraga untuk anak SD yang diajarkan semenjak dini dapat bantu perkembangan motorik anak. Seperti saat ia mempelajari bela diri, karena gerakan-gerakan bela diri ini akan membuatnya aktif dan menjadi stimulan yang sangat baik.

  1. Membuat Anak-anak Lebih Bugar

Kegiatan fisik dalam bela diri membuat anak-anak melakukan banyak gerakan, seperti meninju, menendang, atau gerakan berputar. Gerakan-gerakan ini akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

  1. Bantu Anak Belajar Disiplin dan Berkomitmen

Bela diri sebagai olahraga untuk anak SD juga sangat membantu dalam meningkatkan disiplin. Dalam masa pelatihan, anak-anak akan diajari berbagai kebiasaan baik, seperti datang tepat waktu, tidak bercanda saat latihan, dan memakai seragam.

BACA JUGA:  Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

Sebenarnya, ini hanyalah hal-hal kecil dan sepele, tapi jika diajarkan semenjak dini akan membentuk karakter yang lebih disiplin dan berkomitmen dalam melakukan sesuatu.

  1. Membantu Lebih Percaya Diri

Kepercayaan diri anak-anak merupakan hal penting untuk dikembangkan dan dipupuk semenjak dini. Ketika anak belajar bela diri, maka selama pelatihan akan mendapatkan dorongan, motivasi, serta cara mengontrol emosi.

Dengan demikian, kepercayaan dirinya untuk melakukan sesuatu akan meningkat. Semakin dewasa akan semakin terlihat efek positif dari pelatihan ini. Bukan hanya memiliki kepercayaan diri, anak-anak juga menjadi mampu mengontrol emosinya.

Memiliki kepercayaan diri semenjak dini akan membantu anak-anak ketika dewasa. Ia akan lebih cakap dan mampu menjadi pemimpin karena sudah memiliki bekal kemampuan yang dipupuk semenjak dini.

Anak-anak memiliki kemampuan berkembang sesuai dengan apa yang diajarkan padanya. Dengan mengajarkan olahraga untuk anak SD semenjak dini, bukan hanya berefek pada kesehatan fisik, tapi juga membantunya mengembangkan karakter.