class="cfmonitor">
Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

detribpas.com – Sebagai pekerja atau karyawan memilih olahraga untuk pekerja kantoran merupakan kunci agar tetap bisa menjaga kesehatan di tengah kesibukan. Apalagi dengan jam kerja pada yang mengharuskan Anda selalu fit setiap saat.

Sebenarnya, semua olahraga tetap bagus untuk pekerja kantoran. Hanya saja, beberapa jenis kegiatan olah tubuh mungkin tidak sesuai karena waktu yang sempit dan berbagai alasan lainnya.

Untuk Anda pekerja kantoran yang ingin berolahraga, tapi bingung memilih jenisnya. Kami punya rekomendasi beberapa yang bisa dilakukan sendiri atau bersama rekan kerja dan keluarga.

Manfaat Berolahraga untuk Pekerja Kantoran

Olahraga untuk para pekerja kantoran memiliki manfaat besar, terutama jika Anda kebanyakan menghabiskan waktu di depan komputer atau hanya bekerja di dalam ruangan saja. Ini dia beberapa sisi positif berolahraga setiap hari:

  1. Bantu Anda Mengelola Stres dengan Baik

Pekerjaan kantor lebih rentan mengakibatkan stres apalagi jika ada tumpukan pekerjaan ditambah dengan deadline. Sudah pasti akan memberikan tekanan kepada karyawan.

Dengan berolahraga secara rutin, maka stres akibat pekerjaan dapat dikurangi dan membuat kondisi mental juga lebih sehat. Sebab fisik sehat dan bugar membuat Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan nyaman.

  1. Menjaga Semangat Positif dalam Bekerja

Melakukan olahraga untuk pekerja kantoran juga memberikan efek penambahan energi. Karena tubuh terbiasa aktif bergerak melalui gerakan-gerakan dalam olahraga. Selain itu, meningkatkan vitalitas sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat.

  1. Bantu Jaga Kinerja Otak

Gerakan fisik akan membuat tubuh tetap bugar sehingga juga berefek positif pada kinerja otak. Anda akan jadi lebih kreatif dan produktif dalam melakukan berbagai pekerjaan.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit

Aktif berolahraga juga dapat menghindarkan berbagai penyakit, seperti obesitas, menjaga kesehatan jantung, serta organ dalam tubuh lainnya. Dengan demikian imunitas tubuh meningkat sehingga tetap sehat.

  1. Membangun Hubungan Baik

Olahraga untuk pekerja kantoran juga bermanfaat membantu meningkatkan hubungan baik atau relasi antar rekan kerja. Terutama jika dilakukan sebagai kegiatan kelompok.

BACA JUGA:  Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

Anda juga berkesempatan melakukan interaksi dengan banyak orang apabila memilih melakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Misalnya, lari keliling lapangan, ke pusat kebugaran, berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

5 Olahraga untuk Pekerja Kantoran

Sebelum masuk ke paparan jenis olahraga yang cocok untuk para karyawan kantor. Kami akan berikan dahulu informasi mengenai manfaat berolahraga bagi para pekerja kantoran:

  1. Berenang

Berenang merupakan kegiatan menyenangkan dan manfaatnya sangat besar bagi tubuh karena bukan hanya membuat sehat juga menjaga postur agar tetap tegap. Jenis olahraga ini cocok untuk laki-laki maupun perempuan.

Bagi karyawan yang bekerja di depan komputer dalam waktu lama sangat baik berenang 2-3 kali per minggu. Karena olahraga ini membantu menyeimbangkan seluruh bagian tubuh.

  1. Lari Pagi

Olahraga untuk pekerja kantoran yang cocok dilakukan oleh Anda dengan waktu terbatas dan tidak bisa ke pusat kebugaran adalah lari pagi. Lari merupakan kegiatan paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA:  Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

Anda bisa memanfaatkan waktu 15 menit setiap pagi untuk melakukan kegiatan ini. Apabila tidak bisa di pagi hari bisa melakukan lari pada siang atau sore hari.

  1. Futsal

Kegiatan lain yang melibat gerakan seluruh tubuh adalah futsal. Sepak bola mini ini dapat bantu Anda menjaga kesehatan juga menghilangkan stres. Olahraga ini sangat cocok dilakukan berkelompok bersama teman maupun rekan.

Selain untuk diri sendiri, futsal juga kegiatan yang dapat memperbaiki hubungan dengan rekan maupun teman. Bahkan bisa dijadikan sebagai kegiatan kelompok kantor untuk menjalin relasi antar sesama rekan kerja maupun atasan dan bawahan.

  1. Yoga

Olahraga untuk pekerja kantoran dengan efek menenangkan adalah yoga. Jenis kegiatan ini Anda bisa membantu melakukan relaksasi sehingga dapat mengurangi stres akibat pekerjaan.

Yoga dapat dilakukan di rumah atau dengan mengikuti kelas yoga di pusat kebugaran. Selain menghilangkan stres dan menjaga kebugaran, melakukan yoga juga bantu memberikan efek tenang sehingga menghilangkan kejenuhan dalam bekerja.

  1. Bela Diri

Mempelajari bela diri juga bisa menjadi pilihan kegiatan olah tubuh yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya mampu menjaga kondisi tetap prima, Anda juga punya kemampuan dalam melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan.

Tips Berolahraga Bagi Pekerja Kantoran

Banyak pekerja kantoran yang beralasan tidak bisa berolahraga karena terhalang waktu dan kesibukan. Sebenarnya, olahraga untuk pekerja kantoran bukannya tidak bisa dilakukan. Sesibuk apapun bisa tetap melakukannya jika:

BACA JUGA:  3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

  1. Mulailah dari Gerakan yang Mudah Dilakukan

Pertama-tama cobalah melakukan kegiatan olah tubuh ini dari kegiatan yang ringan, seperti melakukan gerakan-gerakan simpel di rumah atau memilih jenis kegiatan menyenangkan.

Contohnya, Anda menyukai renang, maka lakukan kegiatan renang. Atau suka olahraga kelompok seperti sepak bola, maka pergilah ke lapangan dan cari teman bermain.

  1. Jadikan Kebiasaan

Anda perlu menjadikan berolahraga sebagai kebiasaan, mulailah dengan melakukannya setiap pagi selama lima menit dalam satu bulan. Kemudian perlahan-lahan kebiasaan akan terbentuk dan Anda tidak akan bisa jika tidak melakukannya.

  1. Ajak Teman

Olahraga untuk pekerja kantoran bisa dilakukan bersama teman apabila malas melakukannya sendiri. Biasanya, jika ada kawan akan terasa lebih bersemangat ketika berolahraga.

  1. Siapkan Waktu

Paling penting adalah sisihkan waktu berolahraga di antara kesibukan sehari-hari. Jangan beralasan sibuk dengan pekerjaan dan hanya berolahraga jika ada waktu, tapi sediakan waktu untuk melakukannya.

Apabila tidak bisa melakukan setiap hari, atur waktu agar dapat berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu. Khusus untuk jenis gerakan ringan, sebaiknya dijadikan sebagai kebiasaan harian.

Bagi pekerja kantoran, tumpukan pekerjaan dan deadline memang seringkali membuat kehabisan waktu. Namun, pastikan menjaga kesehatan tetap dilakukan setiap waktu, melalui pola hidup sehat dibarengi dengan berolahraga.

Sisihkan waktu untuk berolahraga rutin agar tubuh selalu fit sehingga nyaman beraktivitas. Banyak jenis olahraga untuk pekerja kantoran, seperti lari, yoga, renang, futsal, dan bela diri, selamat mencoba. (Red-detribpas.com)