Olahraga Bersama Keluarga yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

Olahraga Bersama Keluarga yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

detribpas.com – Kegiatan olahraga bersama keluarga keluarga merupakan hal yang menyenangkan dan sebaiknya rutin dilakukan, terutama jika memiliki waktu senggang. Bukan hanya dapat bantu meningkatkan kesehatan tubuh, tapi juga bisa memperkuat jalinan hubungan.

Bukan hanya berolahraga dengan pasangan, tapi juga dapat dilakukan bersama orang tua, saudara, atau anak. Semua orang yang Anda sayangi dapat diajak melakukan kegiatan berolahraga bersama.

Lalu apa saja olahraga yang dilakukan bersama orang-orang tersayang Anda? Ada banyak kegiatan dapat dilakukan, baik di rumah atau di luar rumah. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi pilihannya untuk Anda.

Manfaat Olahraga Bersama Keluarga

Sebelum masuk ke rekomendasi olahraga bersama dengan keluarga, Anda perlu tahu dahulu apa saja manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga. Terutama untuk memperkuat hubungan, dan manfaat lainnya adalah:

  1. Menciptakan Kehidupan Sehat

Mungkin Anda sudah tahu kalau manfaat berolahraga bagi diri sendiri adalah membuat tubuh lebih sehat. Dengan melakukannya bersama orang terdekat, bukan Anda saja yang sehat, tapi juga seluruh anggota keluarga.

  1. Menjalin Komunikasi

Olahraga bersama keluarga juga bantu menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga, apalagi jika kesibukan pekerjaan memakan waktu cukup banyak dan mengurangi intensitas kebersamaan.

BACA JUGA:  3 Teknik Dasar Renang Yang Harus Dipelajari Pemula

Lewat melakukan olahraga bersama, komunikasi dapat terjalin. Saat berolahraga juga sekalian mengobrol atau saling bercerita tentang kegiatan masing-masing. Dengan demikian, hubungan dan komunikasi berjalan semakin baik.

  1. Menghilangkan Kejenuhan

Bekerja setiap hari dari 8 pagi hingga 5 sore merupakan hal menjenuhkan. Begitu juga bagi ibu rumah tangga dengan seabrek kesibukan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, anak-anak juga bisa bosan dengan sekolahnya.

Jadi, kegiatan berolahraga bersama dapat menjadi alternatif kegiatan yang menghilangkan jenuh juga menyehatkan tubuh.

  1. Rekreasi Murah

Berolahraga ke luar rumah, misalnya ke lapangan olahraga atau tempat umum lainnya juga bisa jadi cara rekreasi murah meriah. Tidak perlu keluar banyak biaya dan badan sehat.

  1. Menjalin Kebersamaan

Kegiatan yang dilakukan bersama akan menjalin kebersamaan sehingga hubungan dalam keluarga menjadi lebih harmonis. Dengan demikian, rumah benar-benar akan menjadi tempat pulang yang menyenangkan.

Olahraga Bersama Keluarga yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

Olahraga Bersama Keluarga yang Dilakukan di Rumah

Setelah tahu manfaatnya, sekarang Anda perlu pilihan olahraga bersama dengan keluarga yang dilakukan di rumah. Apa saja kegiatan olah tubuh mudah dan menyenangkan untuk keluarga? Silakan cek rekomendasi berikut ini:

  1. Senam

Jika Anda tidak ingin olahraga bersama keluarga ke luar rumah karena kondisi kurang memungkinkan, dapat melakukan kegiatan ini di rumah. Kegiatan yang bagus dilakukan bersama adalah senam, bisa pagi atau sore hari.

Senam merupakan olahraga ringan dan mudah, Anda juga bisa sekalian mengajarkan anak melakukannya. Bisa mengikuti senam-senam dari tutorial Youtube atau melakukan senam kesehatan jasmani alias SKJ.

  1. Badminton

Kalau punya halaman luas yang cukup untuk membuat lapangan badminton mini, Anda bisa melakukan kegiatan olahraga ini bersama keluarga. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak sulit didapatkan selain itu bisa istirahat kapan saja.

BACA JUGA:  Inilah Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berenang

Badminton juga sangat mudah dimainkan dan bisa dimainkan siapa saja, dari yang masih kecil hingga dewasa. Badminton juga seru dan menyenangkan sehingga menimbulkan rasa kebersamaan yang kuat.

  1. Basket

Olahraga bersama keluarga lain yang bisa dimainkan di halaman rumah adalah basket. Jika Anda punya anak laki-laki biasanya sangat suka memainkan basket. Selain menyehatkan, bagi sebagian anak olahraga satu ini dianggap sangat keren.

Jika ayah ingin mendekatkan hubungan dengan anak laki-lakinya, maka bisa memanfaatkan waktu bermain basket. Selain itu, juga bisa mengakrabkan hubungan antar saudara.

  1. Melakukan Permainan

Selain jenis olahraga-olahraga tertentu, Anda juga bisa menggunakan permainan sebagai kegiatan olah tubuh. Bermain mengharuskan tubuh bergerak sehingga akan sangat baik juga untuk menjaga kesehatan.

Bermain juga akan menceriakan suasana sehingga membuat anggota keluarga merasa senang. Permainan yang bisa dipilih seperti petak umpet, perlombaan mengisi air dalam botol, atau berbagai jenis permainan remeh tapi menyenangkan lainnya.

Olahraga Bersama Keluarga yang Dilakukan di Luar Rumah

Tidak hanya olahraga bersama dengan keluarga di rumah, Anda juga bisa mengajak anggota keluarga ke luar. Sembari berolahraga bisa sekalian rekreasi murah meriah, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

Olahraga Bersama Keluarga yang Bisa Dilakukan Kapan Saja

  1. Lari Pagi

Lari pagi menjadi olahraga bersama keluarga sangat murah dan bisa dilakukan kapan saja. Anda bisa mengajak keluarga melakukan lari pagi mengelilingi komplek atau kampung sebagai kegiatan rutin di hari minggu.

BACA JUGA:  Mengenal Atlet Legendaris Indonesia Yang Bisa Jadi Role Model

Kegiatan ini dapat bantu merefresh pikiran, terutama jika wilayah tempat tinggal Anda merupakan kawasan asri. Ini bisa jadi kegiatan mingguan menyenangkan bersama keluarga Anda.

  1. Bersepeda

Pilihan jenis olahraga bersama keluarga lainnya adalah bersepeda. Kegiatan ini dapat dilakukan pagi atau sore hari dan dalam jarak tempuh yang dekat. Anda bisa sekalian mengajarkan si kecil bersepeda, terutama jika mereka baru belajar.

Bersepeda akan melatih otot kaki, sistem motorik anak, dan membantunya lebih fokus. Untuk orang tua bersepeda bantu menjaga berat badan, kesehatan otot juga sendi, dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Berenang

Bagi yang punya kolam renang di rumah bisa memanfaatkannya untuk berkegiatan bersama keluarga. Namun, untuk yang tidak punya, bisa pergi ke kolam renang umum bersama-sama.

Jika Anda memilih untuk bermain di kolam renang umum, carilah tempat seperti waterpark yang punya berbagai wahana menarik. Bukan hanya berolahraga tapi juga bisa bersenang-senang juga.

Tempat seperti waterpark bukan hanya cocok bagi anak-anak, tapi juga orang tua. Tempat ini menyenangkan, tapi tidak membutuhkan waktu lama untuk mendatanginya dan bisa memberikan banyak keceriaan.

Selain menyehatkan, berenang juga bantu menjaga kesehatan mental dan menghilangkan stres. Jadi, jangan ragu untuk menyediakan waktu bersama keluarga untuk pergi ke waterpark.

Bagaimana, sudah menentukan olahraga mana yang hendak dilakukan bersama orang terdekat? Melakukan olahraga bersama keluarga baik di rumah maupun di luar sama-sama menyenangkan dan menyehatkan. (Red-detribpas.com)