Mengenal Atlet Legendaris Indonesia yang Bisa Jadi Role Model

Mengenal Atlet Legendaris Indonesia Yang Bisa Jadi Role Model

detribpas.com – Para atlet legendaris Indonesia bisa dikatakan sebagai orang-orang yang memiliki pengaruh besar bagi negara. Bukan hanya membanggakan negara, tapi juga menginspirasi generasi muda untuk berkarya dan memiliki mimpi menjadi olahragawan sukses.

Bagi Anda yang punya cita-cita berkarier di dunia olahraga apapun cabang olahraganya, memiliki idola sebagai motivator merupakan hal penting. Sebab dari idola tersebut Anda belajar bagaimana berjuang untuk meraih mimpi.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari idola, sebab di dalam negeri sendiri ada banyak nama-nama berprestasi di bidang olahraga. Bukan hanya para pria, tapi juga wanita yang memiliki kesuksesan dan pencapaian tinggi.

Apakah Anda mengenal nama Rudy Hartono, Yayuk Basuki, Ellyas Pical? Mereka merupakan beberapa nama atlet yang sangat berprestasi dari Indonesia. Mau tahu apa saja prestasi mereka dan siapa lagi yang memiliki prestasi olahraga gemilang, mari simak paparan berikut.

Para Atlet Wanita Indonesia yang Berprestasi

Atlet legendaris Indonesia dari kalangan perempuan tidak kalah banyak jumlahnya dari pria. Ini memperlihatkan bahwa para wanita juga bisa berprestasi bukan hanya menjadi istri dan ibu saja. Berikut beberapa nama atlet wanita membanggakan:

Mengenal Atlet Legendaris Indonesia yang Bisa Jadi Role Model

  1. Yayuk Basuki

Pada tahun 1991 Indonesia pertama kali meraih gelar tunggal pertandingan tenis profesional internasional, lewat nama Yayuk Basuki. Wanita tangguh satu ini sudah mengoleksi 6 gelar tunggal WTA Tour sepanjang kariernya.

BACA JUGA:  Fakta Unik Pencak Silat yang Semakin Dikenal Dunia

Prestasi ini juga diikuti dengan raihan emas tunggal putri Asian Games di tahun 1998 dan menjadi peraih emas kedua Asian Games cabang tenis setelah Liem Sugiarto (1974).

  1. Dedeh Erawati

Atlet legendaris Indonesia berikutnya adalah Dedeh Erawati seorang pelari sprint. Raihan 4 medali emas di Southeast Asian Games menjadi kebanggaan tersendiri bagi atlet wanita ini.

Ia juga berhasil meraih medali perunggu pada Asian Athletics Championship 2009 dan mencatat rekor terbaiknya pda Taiwan Open 2012. Dedeh juga sempat menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Beijing 2008 di cabang lari gawang 100 m putri.

  1. Susi Susanti

Siapa yang tidak mengenal nama besar Susi Susanti? Peraih emas tunggal putri bulu tangkis di Olimpiade Barcelona 1992 ini merupakan pemain bulu tangkis yang sangat ternama.

Meskipun perawakannya kecil, Susi Susanti memiliki footwork tanpa tanding dan gaya servis yang begitu tersohor. Deretan prestasinya sangat banyak dengan rekor kemenangannya adalah 295 kemenangan dan 52 kalah.

  1. Lisa Rumbewas

Satu lagi nama yang sangat dikenal di Indonesia sebagai ratu cabor angkat besi, yaitu Lisa Rumbewas. Prestasi terbaiknya adalah menyabet 3 medali di 3 olimpiade, perak di 2000, perak di 2004, dan perunggu 2008.

Para Atlet Pria Legendaris Indonesia

Selain atlet legendaris Indonesia perempuan, juga banyak nama atlet peraih prestasi terbaik dari kaum adam. Bahkan nama-nama tersebut jauh lebih banyak dibandingkan atlet wanita. Siapa saja? Simak beberapa nama berikut ini:

  1. Rudy Hartono

Nama olahragawan legendaris satu ini sudah masuk dalam Guinness Book of Records karena punya prestasi luar biasa. Di usia 18 tahun, Rudi hartono sudah berhasil menjadi juara All England dan menjadi pemain termuda meraih gelar tersebut.

BACA JUGA:  Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

Bahkan semenjak tahun 1968 hingga 1974, ia telah menjuarai All England berturut-turut. Prestasi ini ditambah berbagai prestasi lainnya membuat Rudy Hartono menjadi pemain bulutangkis terbesar sepanjang sejarah.

  1. Ellyas Pical

Atlet legendaris Indonesia berikutnya adalah Ellyas Pical yang menyabet 3 kali juara kelas super flyweight IBF. Pukulan tangan kiri atlet tinju ini sangat terkenal dan mendapat gelar The Exocet.

Nama Ellyas Pical masih sering disebut hingga saat ini karena prestasinya begitu gemilang dan menjadi salah satu tonggak sejarah olahraga di tanah air.

  1. Richard Sam Bera

Atlet renang Indonesia yang sangat berprestasi adalah Richard Sam Bera dengan raihan 3 mendali olimpiade sejak debutnya tahun 1887. Richard merupakan perenang Indonesia yang sangat berprestasi dan belum ada mampu menyainginya.

Bukan hanya olimpiade, ia juga menorehkan prestasi sebagai peraih emas Asian Games, dan berbagai capaian gemilang lainnya. Richard menjadi satu-satunya perenang tanah air yang mendapatkan penghargaan All-American Division.

  1. Suryo Agung Wibowo

Mungkin nama atlet legendaris Indonesia Suryo Agung Wibowo tidak terlalu dikenal publik. Namun, pada masanya ia pernah menjadi manusia paling cepat di Asia Tenggara lewat prestasinya di SEA Games.

BACA JUGA:  Jenis Olahraga untuk Pekerja Kantoran Agar Badan Selalu Fit

Catatan terbaik Surya adalah menempuh jarak 100 meter dalam 10,17 detik. Meskipun cabang atletik tidak terlalu dijagokan di Indonesia, tapi Suryo menjadi bukti bahwa banyak bibit-bibit atlet cabang ini di tanah air.

Dukungan untuk Para Atlet Legendaris Indonesia

Tidak dapat dipungkiri menjadi olahragawan berprestasi bukan hanya tentang bakat, tapi juga dukungan teknis. Kurangnya perhatian pemerintah akan atlet-atlet berbakat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya olahraga di tanah air.

Bahkan banyak atlet legendaris Indonesia yang hidup kekurangan di masa tuanya. Hal ini membuat banyak orang enggan menjadikan diri sendiri maupun anak mereka olahragawan, sebab merasa hal tersebut bukan karier menjanjikan.

Akan tetapi, satu dekade terakhir pemerintah sudah mengeluarkan banyak peraturan untuk membantu perkembangan olahraga tanah air. Pendirian berbagai pusat pelatihan dan pembinaan menjadi salah satu contoh nyatanya.

Meskipun masih terfokus pada olahraga-olahraga yang populer di tanah air, seperti sepak bola, bulu tangkis, atau angkat besi. Bukan hanya pembinaan bagi generasi mendatang, tapi juga apresiasi kepada atlet legendaris Indonesia.

Salah satunya dengan pemberian tunjangan untuk para atlet yang pernah mengharumkan nama bangsa pada kejuaraan kancah internasional. Pemberian tunjangan diberikan setiap bulan dan disesuaikan dengan prestasi masing-masing atlet.

Bagaimana, apakah Anda mengenal nama-nama olahragawan profesional yang kami sebutkan di atas? Nama-nama tersebut hanyalah sebagian dari banyaknya atlet legendaris Indonesia berprestasi yang bisa Anda jadikan idola dan role model dunia olahraga. (Red-detribpas.com)