Hindari Tidur Dekat Hp, Jika Tidak Ingin Alami Ini

Hindari Tidur Dekat Hp, Jika Tidak Ingin Alami Ini

detribpas.com – Banyak orang yang menganggap sepele persoalan tidur dekat HP. Nyatanya, ada banyak hal negatif yang bisa ditimbulkan apabila rutinitas ini dilakukan terus-menerus.

Terlebih bagi anak yang sudah dipegangi smartphone dengan berbagai alasan. Misalnya dibutuhkan untuk kepentingan belajar, terlebih sekarang belajar melalui daring.

Jika anak sudah diberi kepercayaan menggunakan ponsel, maka para orang tua wajib melakukan himbauan agar anak tidak meletakkan smartphone dalam jarak dekat pada saat tidur.

Himbauan ini tidak hanya berlaku pada anak saja, karena hal ini tidak hanya berbahaya bagi anak. Namun bagi semua kalangan. Maka dari itu orang dewasa sekalipun wajib menghindari menaruh smartphone didekat ketika tidur.

Bahaya Tidur Dekat HP Bagi Kesehatan

Tidur dekat HP memiliki dampak negatif yang penting diketahui. Ada banyak bahaya yang tidak baik untuk kesehatan apabila aktivitas ini dilakukan setiap hari.

Kadang kala beberapa orang lupa meletakkan HP diatas meja, lalu tertidur. Atau ada pula orang yang sengaja menaruh ponsel didekatnya karena sudah terlalu candu dengan ponsel.

BACA JUGA:  Smartphone Terbaik Vivo V21 5G Cocok untuk Segala Kebutuhan

Kejadian tersebut sering terjadi, padahal aktivitas tersebut bisa mengancam kesehatan. Berikut uraian mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan ketika tidur berdekatan dengan ponsel.

Hindari Tidur Dekat Hp, Jika Tidak Ingin Alami Ini

  1. Dapat Mengurangi Kemampuan Konsentrasi

Bahaya tidur dekat HP pertama yakni bisa mengurangi kemampuan konsentrasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Terutama ketika ponsel diletakkan didekat kepala saat tidur bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa setiap jenis ponsel, didalamnya mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Dampaknya bisa sangat serius pada otak manusia.

Gelombang radiasi tersebut dapat menganggu aliran darah tubuh manusia, karena mengarah pada otot. Tidak menutup kemungkinan hal itumenjadi pengaruh menurunnya tingkat konsentrasi pada saat pagi hari.

  1. Dapat Menyebabkan Kebakaran

Bahaya lain juga bisa menyebabkan kebakaran. Kadang kala seseorang meninggalkan ponselnya dalam keadaan sedang terhubung dengan listrik dibiarkan selama semalaman.

Tahukah anda, jika hal tersebut bisa membuat pemicu terjadinya kebakaran. Hal ini dikarenakan posisi ponsel yang panas kemudian diletakkan di atas kasur sehingga resiko kebakaran menjadi semakin tinggi.

  1. Dapat Menyebabkan Insomnia

Bahaya tidur dekat HP lainnya yakni bisa menyebabkan insomnia. Insomnia atau gangguan tidur bisa terjadi pada seseorang yang gemar menaruh ponsel miliknya dalam jarak dekat saat terlelap.

BACA JUGA:  Smartphone Xiaomi Poco X3 Pro Terbukti Gacor untuk Gaming

Padahal cahaya biru tersebut tidak baik jika terkena oleh tubuh manusia, karena berdampak pada kesehatan. Apalagi jika ditaruh dekat kepala saat tidur tentu ini sangat buruk bagi kesehatan.

Berdasarkan penelitian, cahaya biru yang berasal dari ponsel bisa membuat produksi dari hormone melatonin terhambat. Padahal produksi tersebut memiliki fungsi sebagai penghantar tidur.

Jika dilakukan secara terus menerus tentunya sangat tidak dianjurkan. Karena istirahat terganggu bisa menciptakan daya tahan tubuh berkurang dan aktivitaspun akan terganggu.

Hindari Tidur Dekat Hp, Jika Tidak Ingin Alami Ini

  1. Dapat Menyebabkan Gangguan Otak

Dampak lain dari tidur dekat HP adalah bisa menyebabkan gangguan otak. Efek ini tentu sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Efek satu ini tentu tidak main-main karena sangat mengganggu bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel otak manusia. Sehingga resiko terkena berbagai jenis penyakit menjadi tinggi.

BACA JUGA:  Berbagai Cara mengatasi laptop lemot yang Bisa Anda Ikuti

Ada banyak jenis penyakit yang bisa dipicu akibat kerusakan sel otak. Diantaranya yakni penyakit kanker, kemudian tumor dan gangguan lain. Karena otak merupakan pusat dari seluruh organ yang ada pada tubuh.

Orang dewasa saja sangat mungkin terkena dampak penyakit ini, apalagi anak-anak. Karena anak-anak memiliki daya tahan tubuh lebih rendah jika dibandingkan oleh orang dewasa.

  1. Dapat Merusak Kualitas Tidur

Dampak terakhir jika meletakkan ponsel dekat saat tidur yakni dapat merusak kualitas tidur. Ini bisa terjadi karena cahaya biru bisa menyebabkan ritme untuk tidur menjadi terganggu.

Maka dari itu sebaiknya tidak menaruh ponsel didekat saat tidur. Karena dampak atau bahaya yang diberikan juga sangat banyak dan tentu tidak baik bagi kesehatan.

Jika hal ini terus dilakukan dalam setiap harinya, bisa membuat kualitas daya tahan tubuh menurun. Mulailah membiasakan diri menaruh ponsel pada tempatnya misalnya diatas meja.

Dengan begitu HP Anda tidak akan mengalami panas berlebih, peluang terjadinya kebakaran akan menurun. Begitupun berbagai bahaya bagi kesehatan juga bisa teratasi jika terbiasa tidak tidur dekat HP. (Red-detribpas.com)