Tips Bermain Gadget Agar Tidak Ketergantungan
Sumber Foto: www.canva.com

Tips Bermain Gadget agar Tidak Ketergantungan

detribpas.com- Gadget adalah sebuah kebutuhan karena bisa digunakan untuk apa saja, tetapi Anda harus tahu bagaimana tips bermain gadget agar tidak kecanduan. Khususnya bagi anak Anda yang suka sekali bermain game online, hal tersebut harus diperhatikan dengan benar.

Biasanya tanda anak Anda ketergantungan adalah merasa kesal jika ponselnya diminta, bermain ponsel berlebihan sampai begadang bahkan memaksa untuk dikembalikan. Oleh karena itu cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

Tips Bermain Gadget untuk Anak

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika tidak ingin anak kecanduan bermain gadget. Hal ini harus dilakukan secara rutin agar anak menjadi lebih terbiasa. Apa saja hal yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

Tips Bermain Gadget Agar Tidak Ketergantungan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Menentukan Kapan Waktu Menggunakan Ponsel

Tips bermain gadget yang pertama adalah dengan menentukan kapan waktu untuk menggunakan ponsel. Misalnya jika pagi hari ingin bermain ponsel berapa lama, Anda harus tegas menetapkan waktu agar anak menurut.

BACA JUGA:  Smartphone 1 Jutaan Infinix Hot 10 dengan Spek Tergacor

Pasanglah alarm sebagai pengingat jika ingin menggunakan ponsel. Ketika alarmnya sudah berbunyi maka tugas Anda berikutnya adalah dengan meminta ponsel untuk dikembalikan. Kemudian berikan kembali ponsel ke anak untuk waktu berikutnya.

Apabila hal ini rutin dilakukan maka anak Anda akan terbiasa dengan jam bermain ponsel. Belajarnya menjadi tidak terganggu dan tidurnya juga tidak larut malam. Anda juga bisa membatasi anak yang ingin bermain sosial media.

  1. Mengatur Aplikasi Agar Tidak Ketagihan

Ternyata ada tips bermain gadget yang bisa Anda lakukan agar tidak terus-terusan membuka sebuah sosial media. Misalnya adalah Anda bisa membuka Flipd, Offtime dan Freedom untuk melindungi membuka aplikasi lain yang sekiranya bisa menyita banyak waktu.

Aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengatur agar tidak menjalankan aplikasi yang tidak diinginkan. Anda juga dapat mengatur waktu agar tidak terlalu lama bermain sosial media. Hal ini berfungsi sekali apabila dipraktekan untuk orang yang sedang belajar.

  1. Menghapus Sosial Media yang Tidak Perlu

Tips berikutnya agar tidak terlalu kecanduan menggunakan gadget adalah dengan menghapus sosial media tidak perlu. Memang membuka sosial media yang sering digunakan akan menyita banyak waktu. Sebaiknya jika tidak terlalu penting, Anda bisa menghapusnya saja.

BACA JUGA:  Cara agar Baterai Iphone Awet Digunakan Sehari-Hari

Hal ini dikarenakan tips bermain gadget yang satu ini ampuh untuk mengurangi ketergantungan. Tidak baik lebih banyak bermain di dunia maya karena kehidupan Anda ada di dunia nyata. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan waktu bermain sosial media.

  1. Melakukan Hal yang Belum Dilakukan

Cara lain yang juga dapat Anda lakukan agar tidak terlalu kecanduan bermain ponsel adalah dengan melakukan banyak hal. Anda bisa menggantinya dengan kegiatan yang belum pernah sama sekali dilakukan misalnya dengan membaca buku.

Atau Anda bisa mencoba hal baru lainnya yang membuat Anda bisa istirahat sebentar dari bermain ponsel. Anda bisa memasak menu baru, belajar menjahit, belajar bahasa asing dan belajar menyulam.

Apabila sudah sibuk dengan kegiatan maka Anda akan lupa dengan ponsel. Akan lebih banyak untuk berada di kehidupan nyata adalah hal baik yang harus dipertahankan.

Tips Bermain Gadget Agar Tidak Ketergantungan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Ingat Tujuan atau Goals

Ada juga tips bermain gadget yang lain yaitu dengan ingat pada tujuan atau goals. Anda pasti memiliki mimpi yang haru diraih, agar tidak bermain gadget terus maka kembali buat rencana untuk meraih mimpi. Rencana-rencana tersebut bisa Anda buat lalu fokus mengerjakannya.

  1. Membuat Pengingat Diri

Tips berikutnya yang juga dapat dilakukan adalah dengan membuat pengingat diri. Pengingat diri sangat penting agar tidak terlalu fokus untuk bermain ponsel. Anda juga bisa melatih diri untuk disiplin terhadap waktu yang telah ditentukan.

BACA JUGA:  Cara Membersihkan HP agar Bebas dari Virus

Pengingat diri juga bisa menggunakan alarm, atau catatan yang ditempel di beberapa tempat strategis seperti meja belajar. Lama kelamaan Anda akan menjadi terbiasa untuk tidak terlalu sering bermain ponsel.

  1. Mengalihkan Perhatian

Tips bermain gadget yang berikutnya adalah dengan mengalihkan perhatian anak. Anak Anda agar tidak terlalu sering bermain ponsel maka bisa diajak untuk melakukan kegiatan lainnya. Misalnya dengan belajar bersama atau bermain bersama.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecanduan gadget atau sosmed. Cara ini agar efektif harus dilakukan secara rutin.

Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan perhatian anak dari gadget. Ada juga beberapa tips bermain gadget lainnya yang dapat dipraktekan. (Red-detribpas.com)