Membeli Laptop Baru, ini Hal yang Harus Anda Perhatikan
Sumber Foto: www.canva.com

Membeli Laptop Baru, ini Hal yang Harus Anda Perhatikan

detribpas.com – Membeli laptop baru tentu bukan hal yang mengherankan sekarang ini. Untuk pelajar serta pekerja kantoran, sekarang ini laptop sudah berubah menjadi sebuah kebutuhan utama. Lebih-lebih di masa work from home seperti sekarang.

Gadget ini telah menjadi perangkat yang mempunyai fungsi lengkap, entah untuk belajar, bekerja hingga mencari hiburan. Sampai saat ini ada begitu banyak tersedia di pasaran, tentu saja dengan model dan harga beragam.

Bila Anda ingin membeli laptop, ada beragam hal yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan, sehingga dapat memilih laptop yang paling tepat.

Tips Membeli Laptop Baru dengan Tepat

Berikut berbagai hal yang harus Anda jadikan perhatian ketika ingin melakukan pembelian laptop baru, seperti:

Membeli Laptop Baru, ini Hal yang Harus Anda Perhatikan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Ukuran laptop

Sebelum melakukan pembelian, ukuran laptop menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Ukuran layar nantinya akan berpengaruh pada ukuran laptop Anda.

Lebih baik, pilih laptop yang paling sesuai untuk Anda. Contohnya saja, bila Anda memerlukan portabilitas tinggi, Anda bisa memilih laptop yang mempunyai ukuran kecil, sehingga Anda bisa mengerjakan tugas dengan mudah kemana saja.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy Tab A8, Spesifikasi Lengkapnya

Biasanya, laptop yang memiliki ukuran layar kecil, mempunyai ukuran sebesar 12,5 inci sampai 13,3 inci. Laptop seperti ini biasanya mempunyai bobot 1 hingga 1,5 kg. namun, jarang laptop dengan ukuran kecil namun memiliki spesifikasi kencang.

Bila Anda ingin membeli laptop baru yang memiliki tenaga tinggi untuk bermain game serta mendesain gambar, Anda harus memilih laptop yang berukuran besar, karena bodi tebal diperlukan untuk menyimpan komponennya.

  1. Lihat spesifikasi internal

Ada 4 hal yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu RAM, tipe prosesor, VGA hingga kapasitas penyimpanan. Terdapat 2 vendor prosesor yang banyak digunakan sekarang ini yaitu AMD dan Intel.

Vendor prosesor ini memiliki berbagai macam varian produk yang memiliki harga satu jutaan sampai belasan juta.

Contohnya saja seperti Anda ingin membeli laptop baru yang digunakan untuk mengetik serta browsing, Anda bisa menggunakan Core i3, sedangkan jika ingin mengedit video 4K, Anda memerlukan Core i7.

Bukan hanya itu, RAM juga menjadi hal yang harus diperhatikan, karena sangat mempengaruhi kinerja laptop. Jika semakin besar RAM tentu kinerja yang dimiliki untuk kebutuhan multitasking menjadi semakin besar.

BACA JUGA:  Spesifikasi Realme 5i Terbaik yang Cocok untuk Anak Remaja

Sekarang ini untuk Windows 10 saja memerlukan RAM sebesar 8 GB.

Kebanyakan laptop tidak memiliki VGA tambahan. Kebanyakan prosesor memang sudah memiliki chip gratis yang bagus, namun bila akan menggunakannya untuk bermain game, akan lebih baik memilih laptop yang memiliki VGA tambahan.

Saat membeli laptop baru, hal lain yang harus Anda perhatikan ialah kapasitas media penyimpanan. Bila semakin besar kapasitasnya, akan semakin banyak file yang nantinya bisa Anda simpan.

Membeli Laptop Baru, ini Hal yang Harus Anda Perhatikan
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Desain laptop

Dengan majunya perkembangan teknologi, laptop memang mempunyai berbagai macam inovasi. Lebih-lebih dari segi desain. Ketika akan membeli laptop baru, dulunya mungkin Anda banyak melihat laptop yang berukuran tebal.

Namun, sekarang Anda bisa menemukan laptop yang sangat tipis. Bila dulu layar keyboard menyatu, sekarang layarnya sudah menggunakan model 2 in 1 sehingga memungkinkan layar dapat dilepas pasang bahkan bisa dengan mudah dilipat.

Desain futuristik yang dimiliki memang membuat orang-orang melirik, meskipun demikian, hal yang harus diperhatikan adalah ketahanannya, lebih-lebih di bagian engsel, apakah mempunyai desain yang solid serta tahan banting.

BACA JUGA:  Berbagai Cara mengatasi laptop lemot yang Bisa Anda Ikuti

Selain itu Anda juga harus memastikan jenis layar yang dipergunakan, sudut pandang dan resolusinya pula.

Contohnya, Anda memerlukan laptop yang akan digunakan untuk mengerjakan grafis, Anda dapat memilih laptop yang menggunakan panel display dengan jenis IPS dengan ketajaman serta akurasi warna tinggi.

Salah satu hal yang tidak dapat kita pungkiri ialah, laptop yang di banderol dengan harga mahal mempunyai kualitas layar yang sangat mumpuni.

  1. Memiliki fitur tambahan yang lengkap

Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan WiFi sudah pasti menjadi hal yang utama, oleh sebab itu ketika akan membeli laptop baru, pastikan memperhatikannya dengan baik.

Bukan hanya dibekali dengan konektivitas WiFi, namun laptop juga harus memiliki 3 port USB serta LAN dan HDMI/VGA. Namun, konektivitas ini mulai menghilang karena laptop yang didesain semakin tipis. Solusinya, Anda bisa menggunakan dongle untuk ekstensi port.

Berbagai hal di atas wajib diperhatikan ketika membeli laptop baru, selain itu jangan lupa memperhatikan masalah garansi. (Red-detribpas.com)