Tips Jitu Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Tips Jitu Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

detribpas.com – Orang tua wajib mengetahui cara mengatasi anak kecanduan gadget terutama ponsel pintar. Seorang anak yang sudah mengenal ponsel umumnya akan minta untuk melihatnya kembali.

Membiarkan anak terlalu lama memandang handphone tentu bisa memberikan efek buruk pada kesehatan anak. Tidak hanya itu handphone juga akan mempengaruhi kebiasaan anak.

Jika terus dibiarkan dan tidak segera diberikan perhatian lebih dari orang tua maka anak akan terus kecanduan. Jika tidak diberi biasanya anak akan menangis hingga marah atau tantrum pada orang tua.

Masalah kesehatan juga sudah pasti akan menyerang buah hati, terutama pada mata. Matanya yang terlalu lama terpapar sinar dari ponsel bisa menyebabkan mata iritasi hingga gangguan lainnya.

Selain itu anak yang sudah mengenal ponsel akan lebih cenderung ingin menatap ponsel dari pada permainan lainnya. ia akan mulai terbiasa tidak berkomunikasi dengan orang lain dilingkungannya.

Hal tersebut tentu bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak hingga mempengaruhi banyak hal dalam dirinya. Sebagai orang tua wajib mengetahui cara mengatasi anak kecanduan gadget sebelum terlambat.

5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget Dijamin Ampuh

Jika buah hati sudah terlanjur mengenal ponsel dan sulit dipisahkan dari ponselnya maka orang tua harus segera bertindak. Kecanduan gadget pada si kecil kini menjadi momok tersendiri bagi orang tua.

BACA JUGA:  Smartphone Terbaik Vivo V21 5G Cocok untuk Segala Kebutuhan

Tips Jitu Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Namun tidak sedikit orang tua yang cuek, bahkan dengan sengaja selalu menyediakan kuota internet untuk anaknya. Ada beberapa alasan yang sering dipakai orang tua untuk memberikan ponsel.

Alasan umum tersebut diantaranya adalah agar si kecil lebih tenang dan tidak terlalu aktif. Alasan lain orang tua mengatakan ponsel sebagai hiburan atau permainan untuknya.

Bahkan ada yang beralasan agar ia bisa bermain sambil belajar dari video yang mereka tonton pada ponsel pintar tersebut. Padahal masih banyak cara lain agar ia bisa belajar sambil bermain.

Sebelum terlambat dan memberikan efek buruk untuk sang buah hati, tips mengatasi anak kecanduan gadget bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut.

  1. Perbanyak Waktu Bermain (Tanpa Gadget)

Cara paling ampuh menjaukan si kecil dari gadget adalah menggantinya dengan benda atau permainan lain. Habiskan banyak waktu untuk bermain bersamanya tanpa gadget.

BACA JUGA:  Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya

Ajak ia untuk mulai melupakan soal gadget, lalu habiskan waktu bersamanya. Gunakan permainan kesukaan sang buah hati, jika perlu permainan yang menghabiskan waktu.

Cari tahu hobi dan kesukaannya dengan menanyakan langsung padanya, kemudian usahakan menyediakan itu. Sebagai contoh si kecil suka dengan slime maka ajak ia membuat slime bersama.

Jika ia suka mewarnai, siapkan alat-alat hingga buku-buku mewarnai untuk menemani hari-harinya. Pancing terus kreativitasnya agar ia menghabiskan waktu untuk hobinya.

  1. Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Cara lain mengatasi anak kecanduan gadget adalah dengan menjadi contoh yang baik untuk sang buah hati. Usahakan sebagai orang tua jangan pakai gadget di depan si kecil dalam waktu lama.

Gunakan ponsel jika memang penting dan jelaskan padanya bahwa ada hal penting untuk Anda lakukan bersama ponsel tersebut. Beri pengertian dengan spesifik dan mudah dipahami.

Lakukan ini dengan konsisten maka ia akan mencontoh orang tuanya untuk tidak bermain ponsel. Orang tua adalah guru pertama bagi buah hati, maka jadilah contoh yang baik.

  1. Hindari Sembarag Meletakkan Gadget

Hal lain yang perlu orang tua lakukan jika tidak ingin si kecil bermain ponsel, hindari menaruh ponsel sembarangan. Letakkan ditempat yang sulit dijangkau oleh ia atau tidak terlihat.

BACA JUGA:  Daftar Laptop dengan Pen Terbaik

Jika ia bertanya mengenai dimana ponsel Anda maka jawab bahwa tidak tahu atau jawab bahwa Anda pun tidak menggunakannya. Cara ini bisa mengatasi anak kecanduan gadget.

Tips Jitu Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

  1. Bersikap Tegas pada Anak

Jika ia masih keras kepala dan terus mempertanyakan gadget maka bersikaplah tegas padanya. Katakan tidak dan jangan memberikan ponsel padanya meski ia meminta sambil menangis.

Alihkan perhatian si kecil dengan cara pertama, jika ia mulai bosan carilah kebiasaan lain yang disukainya. Bila masih kesulitan juga maka Anda butuh bantuan tenaga profesional.

  1. Meminta Bantuan Tenaga Profesional

Jika orang tua sudah mulai merasa kesulitan mengatasi kecanduan buah hati terhadap gadget maka jangan ragu meminta bantuan tenaga profesional. Cara ini paling ampuh saat orang tua tidak bisa mengatasi.

Apabila terjadi sesuatu atau kondisi anak semakin parah sebaiknya datangi dokter anak atau tenaga profesioanal untuk mengatasi anak kecanduan gadget. (Red-detribpas.com)