Kartu Provider Tidak Terbaca, Ini Solusi Mengatasinya

Kartu Provider Tidak Terbaca, ini Solusi Mengatasinya

detribpas.com – Anda pasti pernah ketika menghidupkan ponsel ternyata kartu provider tidak terbaca, sehingga penggunanya tidak tersambung ke internet atau data. Tentu masalah seperti ini cukup merepotkan karena kartu tersebut besar perannya.

Pada zaman sekarang, hampir seluruh masyarakat menggunakan ponsel android atau smartphone untuk kebutuhannya sehari-hari. Banyak hal bisa dilakukan ketika memiliki perangkat tersebut secara pribadi, bahkan untuk melakukan pekerjaan.

Sebelumnya alat untuk berkomunikasi jarak jauh hanya menggunakan pesan melalui surat akan tetapi butuh waktu lama agar sampai pada si penerima. Sampai akhirnya muncul telpon sederhana untuk digunakan oleh masyarakat.

Akan tetapi untuk menggunakan telpon rumah atau sewa, lokasi terdapatnya telepon tersebut perlu dipasang kabel telepon terlebih dahulu. Dengan begitu, baru telepon tersebut bisa digunakan oleh masyarakat.

Semakin berkembangnya zaman baru muncul telepon genggam sederhana, lalu disusul dengan smartphone yang bisa tersambung ke internet. Kini masyarakat dapat menggunakan ponsel tersebut untuk banyak hal.

Tidak hanya digunakan untuk komunikasi jarak jauh saja, melainkan masyarakat dapat memanfaatkan ponsel itu yaitu, membuat video, mendengarkan musik, bermain game, fotografi, media sosial, dan sebagainya dapat dilakukan masyarakat.

Akan tetapi, untuk mengoperasikan smartphone, Anda membutuhkan sim card atau provider. Sedangkan saat kartu provider tidak terbaca, maka hal tersebut menjadi sumber masalah, sehingga komunikasi atau menggunakan internet tidak dapat dilakukan.

BACA JUGA:  Cara Membersihkan HP agar Bebas dari Virus

Perlu diketahui alasan mengapa kartu provider tersebut tidak terbaca, sehingga Anda tidak terburu-buru memutuskan membeli sim card baru. Sedangkan banyak nomor penting tersimpan pada sim card tersebut.

Mengatasi Kartu Provider Tidak Terbaca

Apabila kebetulan Anda mengalami masalah seperti kartu provider tidak terbaca, tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal harus dilakukan terlebih dahulu. Akhirnya kartu tersebut dapat digunakan kembali seperti sebelumnya.

Kartu Provider Tidak Terbaca, Ini Solusi Mengatasinya

  1. Bersihkan Lempengan Tembaga Provider

Pertama untuk mengatasi apabila kartu provider tidak terbaca adalah dengan cara membersihkannya lempengan tembaga pada sim card tersebut. Bisa jadi, masalah terjadi karena provider card sudah dipenuhi dengan kotoran atau debu.

Cara untuk membersihkannya sangat mudah, yaitu membersihkannya menggunakan penghapus atau karet lunak. Setelah cara ini dilakukan, maka pengguna dapat kembali memasangnya ke ponsel agar dapat diuji.

  1. Letakan di Dudukan Berbeda

Apabila masalah belum jug dapat teratasi setelah membersihkan sim, bisa jadi dikarenakan perangkat ponsel sudah mengalami kerusakan. Apalagi kalau hp itu sudah digunakan selama bertahun-tahun, tentu kemungkinannya sangat besar.

BACA JUGA:  Spesifikasi iPhone 13 Pro Max, Tangguh untuk Segala Kebutuhan

Supaya dapat mengujinya, maka Anda perlu memindahkan sim card tersebut dari duduk satu ke dudukan dua atau sebaliknya. Lalu, hidupkan kembali apakah kartu provider tidak terbaca atau dapat digunakan kembali.

  1. Ganti dengan Kartu yang Baru

Apabila masalah tersebut masih saja belum dapat diatasi, kemungkinan besar kartu tersebut yang sedang mengalami kerusakan. Apalagi jika kartu digunakan dalam waktu lama, pasti kerusakan pasti terjadi.

Jika ternyata kartu masih baru, maka pengguna langsung saja menukarkannya kembali ke tempat belinya. Tetapi, jangan sampai hilang bungkusnya agar pihak celluler mengetahui bahwa Anda tidak menipunya.

Ketahui Alasan Sinyal Kartu SIM Kurang Baik

Selain mengetahui bagaimana caranya mengatasi kartu provider tidak terbaca, sebaiknya pengguna juga perlu mengetahui beberapa alasan apabila sinyal hp kurang lancar. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi karena sim card tersebut.

Kartu Provider Tidak Terbaca, Ini Solusi Mengatasinya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sim card memiliki peran penting bagi smartphone, sehingga sulitnya sinyal juga bisa terjadi karena masalah dari card tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebab-penyebabnya

BACA JUGA:  Tips Membeli HP agar Tidak Menyesal

Penyebab yang kerap terjadi mengapa sinyal kurang bagi di dalam ponsel dapat terjadi karena apn dari provider kurang mendukung. Para pengguna harus mencari sambungan apn terlebih untuk memperbaiki sinyal ponselnya.

Beberapa pengisian apn dapat dilihat di internet, sehingga Anda perlu mengubahnya ke apn lainnya. Apabila sudah dilakukan cara ini, coba langsung saja uji sinyal apakah sudah membaik atau belum.

Apabila masalah sinyal masih belum juga membaik, maka kemungkinan besar masalah tersebut terjadi dikarenakan lokasi tempat tinggal pengguna memang tidak terjangkau. Meskipun, pengguna tinggal di tengah kota.

Kebanyakan orang terkadang masih bingung dengan masalah seperti ini. Alasan yang mendukungnya yaitu dikarenakan lokasi tempat Anda tinggal banyak gedung-gedung berdiri, sehingga besi dari bangunan tersebut mengganggu kelancaran sinyal tersebut.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa masalah terjadi tidak hanya dikarenakan apn kurang cocok atau tempat kurang mendukung sinyal. Bisa jadi karena perangkat dalam ponsel memang sedang mengalami kerusakan.

Untuk mengetahuinya sangat mudah, Anda dapat meminjam perangkat lain untuk menguji apakah kartu baik-baik saja atau sebaliknya. Jadi, saat kartu provider tidak terbaca pada saat itu, pengguna perlu membawa ponselnya ke tempat service. (Red-detribpas.com)