Ini Dia Tutorial Lengkap Cara Cek Bootloader Xiaomi Terbaru
Sumber Foto: www.canva.com

Ini Dia Tutorial Lengkap Cara Cek Bootloader Xiaomi Terbaru

detribpas.com – Sebelum melakukan rooting, maka pemilik ponsel pintar harus tahu betul bagaimana cara cek bootloader Xiaomi terbaru. Sebab, smartphone dari pabrikan Xiaomi ini tidak dapat dilakukan rooting apabila smartphone belum dilakukan open bootloader.

Pasalnya, semua ponsel baru yang diproduksi oleh pabrikan Xiaomi ini masih dalam keadaan terkunci pada bootloader. Hal ini tentu saja menjadi salah satu fitur keamanan yang diberikan oleh pabrikan. Alhasil, Anda tidak dapat melakukan rooting jika bootloader dalam keadaan “locked”.

Memang, tidak ada pemberitahuan khusus apabila proses bootloader ponsel Xiaomi dinyatakan berhasil. Untuk itu, Anda harus tahu betul cara melakukan pengecekan apakah proses bootloader dinyatakan berhasil atau tidak.

Cara melakukan pengecekan status bootloader ini sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan. Maka dari itu, ketahui cara mudah mengecek status bootloader Xiaomi sebelum melakukan rooting ponsel.

Panduan Cara Cek Bootloader Xiaomi Tanpa Bantuan PC Desktop dan Laptop

Sebelum melakukan rooting smartphone Xiaomi, maka developer disarankan untuk melakukan pengecekan. Sebab, salah satu syarat agar proses rooting berjalan sukses adalah bootloader dalam keadaan unlocked.

BACA JUGA:  Langkah Menggunakan Smartwatch serta Berbagai Fiturnya

Jika bootloader masih terkunci, maka proses rooting kemungkinan besar mengalami kegagalan. Bahkan, ponsel Xiaomi akan mengalami kerusakan total karena bootloader dalam keadaan terkunci ketika dilakukan rooting.

Oleh karena itu, ketahui tata cara cek bootloader Xiaomi tanpa menggunakan bantuan PC Desktop dan laptop. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Ini Dia Tutorial Lengkap Cara Cek Bootloader Xiaomi Terbaru
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Mengecek Status UBL Bootloader via Booting Smartphone

Cara mengecek status bootloader smartphone paling mudah dengan cara booting. Untuk melakukan booting smartphone, maka restart ponsel dengan menekan tombol power dan cari menu restart. Kemudian, akan muncul tulisan “unlocked”.

Artinya, proses UBL Bootloader dinyatakan berhasil jika muncul tulisan tersebut. Apabila muncul tulisan “locked” saat booting, maka proses buka UBL dinyatakan gagal. Anda harus mengulang kembali proses unlocked bootloader.

  1. Melakukan Pengecekan via Menu Developer Option

Cara cek bootloader Xiaomi yang kedua ini melalui menu developer option pada smartphone. Cara ini juga cukup mudah dan lebih akurat dalam melakukan pengecekan status UBL bootloader.

BACA JUGA:  Kartu Provider Tidak Terbaca, ini Solusi Mengatasinya

Langkah pertama, masuk ke menu opsi pengembang dengan masuk ke setelan lalu pilih menu MIUI. Ketuk menu tersebut sebanyak 7 kali. Lalu, kembali ke menu setelan dan cari pilihan “opsi pengembang”.

Langkah kedua, masuk ke menu status mi unlock. Apabila muncul tulisan “the device is unlocked”, maka smartphone Xiaomi milik Anda dalam keadaan UBL bootloader terbuka. Jika UBL bootloader telah terbuka, maka pengguna dapat melakukan rooting smartphone.

Keuntungan Mengetahui Tata Cara Cek Bootloader Xiaomi

Ini Dia Tutorial Lengkap Cara Cek Bootloader Xiaomi Terbaru
Sumber Foto: www.canva.com

Memang, setiap pengguna smartphone Xiaomi ini memiliki hak untuk tetap melakukan penguncian atau membuka bootloader. Sebab, Ada beberapa keuntungan yang dirasakan oleh pengguna Xiaomi apabila melakukan unlock bootloader smartphone.

Jadi, Anda tidak hanya belajar bagaimana cara cek bootloader Xiaomi saja. Melainkan juga mengetahui betul fungsi dari melakukan unlock bootloader pada ponsel Xiaomi. Dengan begitu, maka pengguna tidak menyesal telah melakukan unlock bootloader.

Keuntungan yang pertama, unlock bootloader ini sangat membantu para teknisi yang sedang memperbaiki smartphone Xiaomi dengan kerusakan mati total. Sebab, untuk melakukan “ping” ini harus dalam keadaan bootloader terbuka.

BACA JUGA:  Tips Sederhana Memilih Laptop Gaming Terbaik untuk 2022

Sebab, ponsel Xiaomi dengan jenis kerusakan mati total ini cukup sulit untuk diperbaiki. Teknisi harus melakukan pembongkaran unit untuk melakukan “ping”. Sehingga, ponsel Anda harus dalam keadaan unlock bootloader agar dapat diperbaiki kembali.

Sebelum melakukan “ping”, maka teknisi harus menguasai cara cek bootloader Xiaomi terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui proses unlocking bootloader berhasil atau tidak. Keuntungan kedua, Anda dapat memasang aplikasi recovery smartphone.

Memang, setiap ponsel Xiaomi telah disediakan aplikasi untuk melakukan recovery data. Hanya saja, aplikasi recovery bawaan dari Xiaomi tidak terlalu lengkap. Sehingga, pengembang dapat memasang aplikasi recovery tambahan, salah satunya adalah TWRP atau Orange Recovery Fox.

Untuk memasang aplikasi recovery custom, maka pastikan bootloader Xiaomi telah terbuka. Jika tidak, maka proses instalasi aplikasi recovery custom ini dinyatakan gagal. Dan Anda tidak dapat melakukan rooting smartphone.

Untuk melakukan instalasi aplikasi dari sumber tak dikenal, maka Anda harus melakukan unlock bootloader (UBL). Hanya saja, beberapa pemilik device tidak mengetahui apakah ponselnya berhasil diunlock atau tidak. Maka dari itu, ketahui cara cek bootloader Xiaomi tanpa bantuan PC desktop atau laptop. (Red-detribpas.com)