Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya
Sumber Foto: www.canva.com

Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya

detribpas.com – Semua jenis smartphone ini memiliki fitur USB Debugging. USB Debugging ini disediakan oleh produsen ponsel pintar yang berguna untuk membantu pemilik smartphone menjadi pengembang.

Artinya, produsen smartphone mempersilahkan pemilik untuk mengembangkan ponsel pintar atau yang biasa dikenal dengan istilah rooting. Agar ponsel pintar pribadi dapat dilakukan rooting, maka Anda harus mengaktifkan USB Debugging.

Akan tetapi, mengaktifkan fitur tersebut tentu beresiko. Pasalnya, mengembangkan ponsel pintar ini tidak dilindungi dengan garansi resmi dari pabrikan. Oleh karena itu, Anda harus tahu betul cara mengaktifkan mode USB Debugging.

Tujuannya agar ponsel tetap berfungsi setelah USB Debugging berhasil diaktifkan. Sebab, kesalahan saat proses aktivasi mode USB Debugging ini sangat fatal. Salah satu resiko terbesar karena kesalahan proses aktivasi USB Debugging yakni ponsel mengalami mati total.

Tutorial Lengkap Cara Aktivasi Fitur USB Debugging

Untuk menjadi seorang pengembang smartphone, tentu Anda harus mengaktifkan mode USB Debugging. Sebab, fitur ini berguna untuk melakukan sinkronasi antara PC Desktop maupun laptop dengan smartphone pribadi.

BACA JUGA:  Berbagai Cara mengatasi laptop lemot yang Bisa Anda Ikuti

Apabila Anda belum melakukan aktivasi USB Debugging, maka proses instalasi file aplikasi dari sumber tak dikenal bisa saja gagal. Maka dari itu, ini dia panduan lengkap cara aktivasi fitur USB Debugging. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Masuk ke Menu Pengaturan Smartphone

Langkah pertama, silahkan masuk ke menu pengaturan smartphone. Anda harus mencari tombol dengan logo “gear” pada smartphone pribadi. Kemudian, tekan menu “system update”. Setelah itu, masuk ke menu versi smartphone.

  1. Ketuk Versi Smartphone untuk Masuk ke Mode Pengembang

Langkah kedua, ketuk sebanyak 7 kali pada tulisan “versi smartphone”. Setelah muncul tulisan “Anda sudah menjadi pengembang”, maka fitur USB Debugging berhasil diaktifkan. Untuk melakukan pengecekan, silahkan masuk ke menu pengaturan.

Lalu, scroll menu pengaturan. Cek menu “opsi pengembang”. Kemudian, cek status ponsel Anda apakah USB Debugging aktif atau tidak. Setelah itu, lakukan sinkronasi antara smartphone dengan device lain.

  1. Melakukan Sinkronasi Smartphone dengan Device Lain

Langkah ketiga, segera sinkronkan ponsel pintar yang mana fitur USB Debugging telah diaktifkan oleh pemiliknya. Dan kemudian, Anda dapat melakukan eksplorasi fitur yang tersedia pada USB Debugging untuk kepentingan masing-masing.

BACA JUGA:  Smartphone 1 Jutaan Infinix Hot 10 dengan Spek Tergacor

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua file aplikasi dari sumber tak dikenal ini aman untuk proses instalasi pada smartphone. Sebab, bisa saja file aplikasi tersebut tersisipi dengan virus seperti trojan atau malware berbahaya.

Untuk itu, Anda harus selektif dalam mendownload dan menginstall aplikasi yang berasal dari sumber tak terpercaya.

Fungsi Fitur USB Debugging Untuk Mengembangkan Sistem Smartphone

Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya
Sumber Foto: www.canva.com

Sebelum melakukan aktivasi USB Debugging, maka ketahui terlebih dahulu apa fungsi dan efeknya pada smartphone pribadi. USB Debugging ini sama halnya dengan memberi akses untuk menginstall aplikasi dari sumber tak terkenal dari PC desktop maupun laptop.

Umumnya, fitur ini digunakan untuk melakukan rooting pada smartphone. Sehingga, pemilik ponsel dapat dengan leluasa mengembangkan ponsel pintar untuk keperluan masing-masing. Selain itu, ada beberapa fungsi dari fitur USB Debugging.

Fungsi pertama, USB Debugging ini berfungsi untuk membantu pemilik smartphone untuk mengganti sistem operasi Android ponsel pintar. Memang, tampilan sistem operasi bawaan dari pabrikan terkesan kurang menarik.

BACA JUGA:  Tips Jitu Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Sehingga, pengguna dapat mengganti sistem operasi bawaan dengan sistem operasi custom. Alhasil, tampilan layar pada smartphone pun berubah. Oleh karena itu, penggantian sistem operasi smartphone ini harus mengaktifkan fitur USB Debugging.

Fungsi kedua, USB Debugging juga berguna untuk mensinkronkan smartphone dengan perangkat device seperti PC Desktop maupun laptop. Sehingga, Anda dapat mengontrol file-file pada ponsel ke device yang telah tersambung menggunakan USB Debugging.

Jadi, USB Debugging ini membantu para developer yang ingin mengaktifkan opsi pengembang. Sebab, tanpa mengaktifkan USB Debugging, maka proses pengembangan ponsel pintar akan terbentur dengan aturan yang dibuat oleh produsen smartphone.

Dengan begitu, Anda bisa langsung melakukan instalasi aplikasi dari sumber tak dikenal ke smartphone pribadi. Maka dari itu, ketahui panduan cara mengaktifkan USB Debugging untuk semua tipe smartphone.

Untuk melakukan sinkronasi antara smartphone dengan device lain, maka Anda harus mengaktifkan USB Debugging. USB Debugging adalah salah satu fitur untuk menyambungkan ponsel dengan device lain. Maka dari itu, ketahui cara aktivasi fitur USB Debugging untuk semua tipe smartphone. (Red-detribpas.com)