Panduan Lengkap Cara Factory Reset Smartphone, Dijamin Aman
Sumber Foto: www.canva.com

Panduan Lengkap Cara Factory Reset Smartphone, Dijamin Aman

detribpas.com – Apabila Anda merasa ponsel terasa berat untuk mengakses aplikasi, maka pengguna dapat melakukan factory reset smartphone. Cara ini dirasa sangat efektif untuk mengatasi bug maupun lag pada ponsel pintar, khususnya bagi Anda yang jarang menghapus cache aplikasi.

Memang, cache atau sampah dari aplikasi yang didownload oleh pengguna ini membuat kapasitas smartphone penuh. Sehingga, untuk ponsel yang memiliki RAM dan memori internal terbatas kerap mengalami bug maupun lag ketika digunakan.

Maka dari itu, factory reset adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Memang, pengguna smartphone pemula kerap kesulitan untuk melakukan factory reset. Akibatnya, ponsel pintar miliknya bisa saja mengalami kerusakan karena kesalahan saat melakukan factory reset.

Tak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap ara melakukan factory reset untuk semua tipe smartphone. Dengan begitu, maka ponsel Anda kembali ke setelan pabrik dengan mudah dan aman.

Cara Factory Reset Smartphone untuk Semua Tipe

Panduan Lengkap Cara Factory Reset Smartphone, Dijamin Aman
Sumber Foto: www.canva.com

Perlu Anda ketahui bahwa factory reset adalah mengembalikan sistem smartphone ke setelan pabrik. Artinya, semua data-data yang tersimpan pada smartphone akan hilang secara permanen. Alhasil, ponsel Anda pun terasa seperti baru kembali.

BACA JUGA:  Membeli Laptop Baru, ini Hal yang Harus Anda Perhatikan

Factory reset ini menjadi satu-satunya cara agar ponsel pintar dapat normal kembali. Oleh karena itu, ini dia panduan lengkap cara factory reset smartphone untuk semua tipe. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Reset Ulang via Pengaturan Ponsel

Cara pertama, silahkan masuk ke menu pengaturan ponsel. Setelah itu, cari menu “general management”. Setelah itu, cari menu “reset”. Kemudian, pilih menu “factory reset”. Tunggu beberapa saat hingga proses reset data selesai.

Apabila proses factory reset berhasil, maka ponsel Anda akan kembali ke menu utama. Segera atur waktu, tanggal, dan lokasi smartphone.

  1. Reset Ulang via Panggilan

Cara kedua, Anda bisa melakukan factory reset smartphone melalui panggilan. Cara ini cukup mudah. Silahkan menuju ke menu panggilan. Kemudian, tekan *2767*855#. Secara otomatis, ponsel akan melakukan factory reset.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu

Anda tidak boleh menekan tombol apapun selama proses factory reset. Apabila menyentuh tombol smartphone, maka proses factory reset bisa saja mengalami kegagalan sistem.

  1. Reset Ulang via Tombol Smartphone

Dan cara ketiga adalah melakukan factory reset smartphone menggunakan tombol tertentu. Cara ini berlaku untuk semua tipe smartphone. Pertama-tama, tekan tombol volume atas dan power secara bersamaan.

Pada tampilan layar smartphone, terdapat pilihan untuk melakukan hapus cache atau factory reset. Silahkan pilih menu factory reset. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga ponsel Anda kembali menyala secara otomatis.

Tips-Tips Sebelum Melakukan Factory Reset Smartphone

Panduan Lengkap Cara Factory Reset Smartphone, Dijamin Aman
Sumber Foto: www.canva.com

Sebagai pemilik ponsel pintar, tentu Anda merasa kesal karena kinerja smartphone terasa melambat. Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses aplikasi dengan cepat. Tentu saja, melambatnya kinerja ponsel pintar ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Untuk itu, Anda harus tahu betul cara mengatasi masalah penurunan kinerja smartphone. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka ponsel Anda bisa saja mengalami kerusakan fatal. Salah satu cara mengatasi kendala tersebut adalah melakukan setelah ulang.

Cara ini dipilih untuk mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Namun, resiko dari factory reset adalah kehilangan seluruh data-data yang tersipan pada smartphone milik Anda. Maka dari itu, ada berbagai tips yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pengulangan data ponsel.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy Tab A8, Spesifikasi Lengkapnya

Tips yang pertama, lakukan backup data-data pada ponsel yang menurut Anda sangat penting. Anda bisa memindahkan data tersebut pada PC dekstop, laptop, maupun flashdisk. Tujuannya agar data-data tidak hilang secara permanen ketika melakukan setelan ulang ponsel.

Jika Anda tidak melakukan backup data, maka dapat dipastikan seluruh file foto, video, hingga dokumen yang tersimpan pada memori internal akan terhapus secara otomatis. Tips yang kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Drive untuk menyimpan file pribadi.

Ya, Google Drive adalah aplikasi khusus untuk melakukan penyimpanan data-data secara online. Dengan begitu, maka Anda bisa mengunduh data kembali apabila proses tersebut dinyatakan berhasil.

Ada berbagai macam faktor yang membuat smartphone melambat. Hal tersebut tentu menghambat pemilik ponsel pintar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka ketahui panduan cara melakukan factory reset smartphone. (Red-detribpas.com)